Sponsors Link

Vitamin B1 untuk Anak – Manfaat dan Efek Sampingnya

Sponsors Link

Ada berbagai macam jenis vitamin, termasuk vitamin B1 untuk anak, manfaat dan efek sampingnya. Vitamin B1 diperlukan anak dalam masa pertumbuhan. Supaya tumbuh kembang anak maksimal dan sesuai dengan usia anak. Karena itu sangat penting memperhatikan menu makanan anak sehari-hari supaya dapat dipastikan mengandung vitamin B1. Namun, tidak banyak orang tua familiar dengan jenis vitamin ini. Lain halnya dengan manfaat vitamin C untuk tumbuh kembang anak yang mudah didapat dan banyak yang paham tentangnya. Informasi tentang vitamin B1 kurang memadai dan kurang dipahami sebagian besar orang tua. Karena itu, jika belum paham tentang vitamin ini, sebaiknya simak berikut ini penjelasan vitamin B1 untuk anak, manfaat dan efek sampingnya.

Manfaat Vitamin B1

Vitamin B1 memiliki beberapa manfaat untuk pertumbuhan anak, di antaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Membantu perkembangan otak anak, sehingga dapat menjadi solusi meningkatkan daya pikir dan cara meningkatkan daya ingat anak dalam proses belajar di sekolah. Karena itu pastikan menu makanan anak kaya akan kandungan vitamin ini.
  2. Membantu menjaga pertumbuhan sistem saraf pada anak. Yang mana vitamin B1 akan membantu untuk memaksimalkan cara kerja dan respon saraf anak terhadap sesuatu. Dengan kata lain membantu gerak motorik anak menjadi optimal dan menghindari gangguan saraf pada bayi maupun anak-anak seperti misalnya gejala tremor terlalu dini.
  3. Mencegah penyebab penyakit biri-biri pada anak, yang mana penyakit ini tidak banyak terjadi. Namun tetap harus dihindari supaya proses tumbuh kembang anak tidak mengalami gangguan.
  4. Merubah karbohidrat menjadi sumber energi. Sehingga dengan bantuan vitamin ini makanan sumber energi untuk anak yang dikonsumsi oleh anak dapat diolah maksimal menjadi sumber energi yang baik untuk tubuh. Terutama untuk melakukan aktivitas di pagi hari.
  5. Membantu memperlancar proses metabolisme anak dan sistem pencernaan anak-anak. Sehingga proses metabolisme berjalan tanpa hambatan dan anak tidak perlu mengalami resiko masalah pencernaan seperti misalnya sembelit.

Efek Samping Vitamin B1

Vitamin B1 selain memberikan manfaat juga memiliki beberapa efek samping yang harus diperhatikan. Adapun umumnya efek samping vitamin B1 untuk anak adalah sebagai berikut:

  • Dapat menimbulkan reaksi alergi pada anak seperti misalnya terjadi gatal, kemerahan pada tubuh, pembengkakan, maupun rasa mual dan pusing. Jika hal ini terjadi sebaiknya hentikan pemberian suplemen vitamin B1 pada anak.
  • Dapat menyebabkan gangguan ginjal apabila dikonsumsi setiap hari. Oleh sebab itu untuk mengatasinya selalu berikan air putih yang cukup pada anak-anak. Supaya ginjal dapat bekerja efektif menyaring sejumlah pentingnya vitamin dan mineral untuk bayi maupun anak-anak yang baik bagi anak pada masa pertumbuhannya.
  • Jika berlebihan maka vitamin ini juga dapat menimbulkan resiko berupa rasa sakit pada perut. Karena itu selalu perhatikan dosis yang dikonsumsi oleh anak. Jika tidak yakin dengan dosisnya tanyakan pada dokter anak ataupun apoteker supaya dosis yang diminum oleh anak sesuai dengan jumlah kebutuhan anak menurut usianya.

Demikian penjelasan singkat mengenai vitamin B1 untuk anak, manfaat dan efek sampingnya. Dengan memahami manfaatnya maka orang tua akan berpikir perlunya asupan vitamin ini. Sehingga dapat disediakan melalui makanan sehari-hari. Sehingga imajinasi dan tumbuh kembang anak tetap maksimal dan tidak mengalami hambatan apapun. Hal ini tentunya dapat terjadi jika anak mendapat konsumsi vitamin yang cukup.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , , ,
Post Date: Sunday 11th, March 2018 / 23:06 Oleh :
Kategori : Gizi dan Nutrisi