Sponsors Link

7 Tips Menyusui Bayi Kembar Supaya Sukses

Sponsors Link

Memiliki anak kembar memang menyenangkan, tetapi sebaiknya ketahui juga tips menyusui bayi kembar. Karena kebutuhan bayi kembar tentunya berbeda dengan hanya memiliki satu bayi. Dengan jumlah bayi yang lebih banyak otomatis kebutuhan pentingnya ASI untuk bayi baru lahir juga akan meningkat tajam. Apalagi jika bayi senang dan kuat menyusu. Tanpa manajemen menyusui yang baik dan handal, bisa jadi ibu akan kekurangan pasokan ASI dan terpaksa menggunakan susu formula. Namun sekarang tidak perlu khawatir lagi mengalami hal tersebut. Jika ingin tahu lebih lanjut, berikut ini beberapa tips menyusui bayi kembar yang mudah dilakukan oleh sang ibu:

1. Perbanyak Asupan Nutrisi

Sebaiknya pastikan ibu menyusui memiliki nutrisi untuk anak tumbuh lebih tinggi yang cukup. Tidak perlu diet atau membatasi makanan demi memperbanyak dan memperlancar ASI. Pastikan untuk mengkonsumsi lebih banyak sayuran hijau yang berkuah. Dengan demikian maka persediaan ASI untuk bayi akan tercukupi dan tidak kekurangan.

2. Sering Berikan ASI

Selanjutnya jangan tunda pemberian ASI agar produksi ASI makin melimpah. Sebaiknya menyusui saja sesering mungkin karena ini akan terus menstimulasi payudara ibu untuk terus memproduksi ASI secara optimal. Sehingga dengan demikian bayi akan menerima kecukupan jumlah ASI dan tidak kelaparan akibat manfaat ASI eksklusif untuk bayi kurang memenuhi.

3. Pompa ASI

Trik berikut ini biasanya dapat menjadi tips menyusui bayi kembar yang paling efektif. Cobalah untuk tetap memompa ASI setelah menyusui. Walau ASI yang keluar sedikit tetap stimulasi ASI supaya tetap berproduksi walaupun belum waktu minum untuk bayi. Dengan demikian maka persediaan ASI akan terus tercukupi dan tidak perlu khawatir jumlah ASI menurun atau berkurang.

4. Perbanyak Stok ASIP

ASI yang dipompa sebaiknya simpan dalam freezer. Karena ASI segar yang disimpan di freezer bisa bertahan selama kurang lebih 3 bulan. Oleh sebab itu dengan memperbanyak stok ASI maka bayi yang kembar tidak akan kesusahan dan kesulitan mendapat nutrisi yang memenuhi.

5. Menyusui Bersamaan

Sebisa mungkin tentukan posisi yang nyaman untuk tips menyusui bayi agar tidak muntah secara bersamaan. Misalnya dengan meletakkan bayi kembar di posisi yang senyaman mungkin. Sehingga payudara kanan dan kiri secara optimal akan dapat memproduksi ASI untuk kedua bayi dalam porsi yang cukup.

6. Menyusui Bergiliran

Selain menyusui bersamaan bisa juga menggunakan trip menyusui bergiliran. Caranya dengan menyusui satu bayi terlebih dahulu. Lalu menyusui bayi yang berikutnya di payudara yang berbeda. Hal ini akan membantu stimulasi produksi ASI yang lebih maksimal. Dengan demikian bayi tidak akan merasa lapar dan dapat kenyang karena kebutuhan cara menyeduh susu bayi yang benar untuk nutrisi pertumbuhan bayi terpenuhi.

7. Susu Formula

Apabila semua langkah di atas telah dilakukan namun ternyata masih belum dapat berhasil, maka pertimbangkan pemberian manfaat susu formula bagi bayi.  Karena pada dasarnya susu formula yang disesuaikan umur bayi tetap dapat memberikan manfaat dibandingkan bayi kekurangan nutrisi. Dengan demikian maka pertumbuhan bayi akan terjaga tetap optimal.

Itulah beberapa tips menyusui bayi kembar yang pasti berhasil dan sukses. Jika ibu menyusui menjalankan semua tips di atas dengan maksimal, maka cara merawat bayi kembar tidak akan menjadi masalah bagi ibu. Bayi tetap memperoleh nutrisi yang cukup dan tidak kelaparan karena kurang ASI. Yang paling penting yaitu pastikan bayi tumbuh dengan optimal dan tidak mengalami kekurangan dalam pertumbuhan ataupun perkembangannya.

Sponsors Link
, , , , , , , , ,
Post Date: Friday 08th, June 2018 / 04:09 Oleh :
Kategori : Parenting