Sponsors Link

4 Tips Mendidik Anak untuk Single Parent yang Terbukti Efektif

Sponsors Link

Menjadi orang tua tunggal atau disebut single parent bukan perkara mudah. Banyak sekali tantangan dan tanggung jawab yang harus dihadapi, terutama jika berurusan dengan anak. Jika salah bertindak, orang tua tunggal akan salah mendidik anak sehingga perkembangan psikologis dan mentalnya tidak terbentuk sempurna. Memiliki orang tua tunggal terkadang dapat menjadi penyebab stres pada anak, padahal kondisi stres pada anak dapat mempengaruhi tumbuh kembangnya, bahkan hubungannya dengan orang tua.

Karena itu, orang tua yang berstatus single parent harus mengetahui tips mendidik anak termasuk cara mengatasi trauma pada anak, agar kelak anak menjadi pribadi yang lebih cerdas, disiplin, dan memahami kondisi orang tua yang harus berjuang sendirian dalam mengasuh anak-anaknya. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan para orang tua tunggal agar sukses mendidik anak-anaknya.

1. Luangkan Lebih Banyak Waktu

Jika anak hanya memiliki satu orang tua saja, maka secara otomatis anak akan kehilangan waktu berharganya untuk bersama orang tua. Terlebih ibu yang harus bekerja demi menghidupi keluarga, pasti tidak akan sempat menemani anak makan, bermain maupun mendengarkan ceritanya. Agar anak bisa lebih dekat dengan orang tua dan tidak stres, cobalah untuk sebisa mungkin lebih cepat menyelesaikan pekerjaan agar bisa segera pulang dan menghabiskan waktu lebih banyak bersama anak.

Anak butuh tempat untuk curhat, mendapatkan ketenangan bahkan teman yang mau menemaninya bermain. Pentingnya bermain untuk pertumbuhan anak akan memberikan manfaat bermain untuk anak usia dini lebih optimal apalagi jika dilakukan bersama orang tua. Pilihlah jenis mainan yang merangsang otak anak agar anak bisa menjadi lebih cerdas. Bila perlu, sesekali berikan manfaat liburan untuk anak agar anak merasa lebih dekat dengan orang tua dan terhindar dari stres.

2. Libatkan Keluarga atau Orang Terdekat

Tidak dapat dipungkiri seorang single parent tidak akan bisa mengawasi anaknya setiap waktu, karena itu tidak ada salahnya untuk meminta bantuan anggota keluarga yang lain atau mungkin orang terdekat untuk membantu menjaga anak selama Anda bekerja. Kehadiran orang lain tentu akan menghilangkan rasa kesepian anak, dan tentu saja anak lebih terawasi selama di rumah meski orang tua sedang mencari nafkah. Bila perlu, carilah pengasuh yang berpengalaman, berdedikasi dalam mendidik anak dan dapat dipercaya. Mereka dapat membantu anak dalam mengurus, mendidik, dan mengawasi anak setiap hari dan Anda dapat bekerja lebih tenang.

3. Tetapkan Batas yang Jelas

Seringkali orang tua tunggal tidak dapat bersikap tegas di depan anaknya, karena merasa anaknya akan semakin sedih dan kesepian jika mereka terlalu banyak diatur. Padahal batasan juga penting untuk diberitahu pada anak, sehingga anak tahu mana yang boleh dan tidak boleh ia lakukan, serta menjadi cara mendidik anak agar mandiri. Dengan begitu anak akan belajar disiplin, dan memiliki tanggung jawab dengan semua aktivitasnya. Namun usahakan untuk tidak mudah marah pada anak, tetapi lakukan cara membuat anak lebih terbuka kepada orang tua agar mereka lebih memahami apa yang diinginkan orang tuanya.

4. Ikut Komunitas dan Urus Diri Sendiri

Menjadi single parent memang cukup berat, karena itu mereka sangat luar biasa karena mampu menghadapi tekanan hidup yang cukup sulit. Untuk mengatasi hal tersebut sekaligus mempertahankan semangat, cobalah untuk mengikuti komunitas para single parent atau single mom sehingga Anda tidak merasa sendiri. Selain itu, jangan lupa untuk mengurus diri sendiri, makan dengan teratur, tidur yang cukup dan hindari stres agar Anda tetap dapat menjalani peran orang tua yang dapat mensejahterakan anak.

Nah, tips mendidik anak untuk single parent yang telah dipaparkan di atas bisa Anda coba untuk diterapkan. Pada awalnya memang berat jika harus menjadi orang tua tunggal, dan kebanyakan anak akan melakukan reaksi penolakan karena hanya tinggal dengan satu orang tua saja. Namun dengan komunikasi yang baik, hubungan antara orang tua dan anak akan semakin erat sehingga semuanya akan berjalan lancar.

Sponsors Link
, , , , , , , , ,
Post Date: Thursday 07th, June 2018 / 15:59 Oleh :
Kategori : Parenting