Sponsors Link

6 Tips Memilih Pakaian yang Nyaman untuk Bayi Baru Lahir

Sponsors Link

Berbelanja kebutuhan pakaian untuk bayi baru lahir adalah sesuatu hal yang dinantikan dan ditunggu para calon orang tua baru. Beragam pilihan pakaian untuk bayi yang menakjubkan dengan warna dan model yang lucu, pasti akan menyulitkan Anda untuk memutuskan mana yang harus dipilih. Kebanyakan para calon orang tua akan menemukan bahwa berbelanja pakaian untuk bayi baru lahir adalah sesuatu yang memerlukan biaya dan waktu yang besar untuk dilakukan.

Tidak seperti orang dewasa, bayi akan memerlukan ganti pakaian beberapa kali dalam sehari. Belum lagi pertumbuhan bayi yang pesat membuat ukuran pakaian bayi menjadi cepat mengecil dan harus diganti dengan ukuran baru dalam waktu yang relatif cepat. Karena itulah, perencanaan yang tepat ketika akan membeli pakaian bayi perlu dilakukan dengan teliti agar budget dan waktu yag digunakan untuk berbelanja menjadi lebih efektif.

Memilih Pakaian untuk Bayi

Ketiga faktor utama yang perlu diperhatikan saat memutuskan membeli pakaian untuk bayi adalah keamanan, fungsi dan kenyamanan si bayi. Jika ketiga faktor ini tetap Anda perhatikan saat membeli pakaian si kecil, maka pilihan Anda tidak mungkin salah. Berikut ini adalah beberapa cara memilih pakaian bayi dengan cermat:

1. Ketahui ukuran yang tepat

Pakaian bayi tersedia dalam banyak ukuran yang bisa Anda pilih. Ingatlah bahwa para bayi tumbuh sangat cepat. Dalam waktu beberapa bulan saja, anak Anda akan mulai memerlukan ukuran baju yang lebih besar lagi. Jadi walaupun Anda membeli pakaian yang ukurannya terlalu besar, kelak pasti baju tersebut akan muat dipakai si kecil. Sebaliknya jika ukuran terlalu kecil atau pas, maka dalam waktu dekat Anda pasti akan harus membeli lagi. Tips memilih pakaian yang nyaman untuk bayi adalah jika pakaian tersebut sekiranya akan memudahkan bayi untuk bergerak bebas dan nyaman. Ketahuilah beberapa artikel yang menarik mengenai bayi yaitu penyebab perdarahan otak pada bayi, penyebab sariawan pada bayi, ciri – ciri sesak napas pada bayi.

2. Sesuaikan modelnya

Walaupun masih bayi, anak Anda juga perlu memakai pakaian yang cocok untuk berbagai kesempatan. Tidak mungkin bukan jika si kecil memakai piyama untuk dibawa berjalan – jalan atau memakai baju pesta untuk tidur? Ketahuilah trend apa saja yang sedang berlaku mengenai pakaian anak dan sesuaikan model pakaian terbaru yang ada dengan si kecil. Namun jangan mengikuti trend secara membabi buta, Anda bisa memperkirakan sendiri model apa yang sekiranya cocok dengan anak.

3. Pilih pakaian yang aman dan nyaman

Kedua faktor ini harus menjadi pertimbangan ketika memilih pakaian untuk anak. Pastikan tidak ada bahan yang kasar, tajam atau kancing lepas yang bisa ditelan bayi. Perhatikan apakah ada hiasan yang memungkinkan masuk ke mulut bayi atau melukai kulit halusnya, juga label pakaian yang mungkin membuat gatal atau alergi.

4. Mudah digunakan

Bayi yang masih memakai popok tentu saja memerlukan pakaian yang mudah dilepas dan dipakaikan kembali tanpa menyulitkan Anda ataupun si kecil. Pilih pakaian yang bisa dicuci di mesin cuci untuk menghemat waktu mencuci, karena pakaian anak bayi sangat mudah kotor. Pilih juga bahan yang tidak perlu disetrika. Gerak aktif bayi bisa saja membuat pakaian mudah lepas atau sobek, apalagi jika orang tua tidak memperhatikan tanda-tanda bayi kecapekan setelah bermain terlalu aktif.

5. Tahan lama

Bayi – bayi yang mulai aktif bergerak, merangkan dan bermain akan membuat berantakan dan juga mengotori pakaiannya, jadi pilihlah pakaian yang tahan lama dan bisa dicuci sesering mungkin tanpa rusak atau sobek dan berubah warna. Kegiatan makan bayi juga akan menjadi sesuatu yang membutuhkan pembersihan ketika ada tanda-tanda bayi sudah siap MPASI. Sesudahnya setelah bayi mencoba manfaat telur puyuh, jenis kacang-kacangan yag baik untuk bayi, dan beragam makanan lainnya, baju bayi akan dengan mudah menjadi kotor. Jangan lupa juga untuk memilih bahan yang enak dipakai, cukup menghangatkan dan tidak membuat bayi kepanasan.

Membeli pakaian bayi tentunya harus disesuaikan dengan budget ayah dan ibu. Jangan sampai keinginan melihat bayi memakain pakaian yang indah dan trendi membebani pengeluaran rumah tangga secara keseluruhan. Karena itulah, mencari pakaian untuk bayi memang bukanlah suatu hal yang bisa dilakukan secara terburu-buru. Tips memilih pakaian yang nyaman untuk bayi juga bisa dilakukan dengan memperhatikan anggaran agar ketika berbelanja tidak menyimpang dari keperluan yang tela ditentukan sebelumnya, atau jadi membeli berang – barang yang tidak diperlukan.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , ,
Post Date: Monday 11th, December 2017 / 01:10 Oleh :
Kategori : Parenting