Sponsors Link

7 Tips agar Anak Tidak Mabuk Perjalanan – Super Ampuh!

Sponsors Link

Bertamasya atau liburan bersama anak-anak adalah hal yang paling dinanti dan menyenangkan. Kegiatan ini penting mengingat beberapa manfaat liburan untuk anak. Daripada hanya bermain game saja selama liburan, akan lebih bermanfaat jika melakukan kegiatan liburan bersama. Dengan begitu dampak negatif bermain game untuk anak dapat dihindarkan. Perjalanan yang ditempuh biasa menggunakan transportasi darat, laut. atau udara. Tapi bagaimana jika selama perjalanan anak-anak justru tidak dapat menikmati perjalanan karena mabuk. Pada akhirnya anak hanya akan terduduk lemas dan tidak bersemangat. Mabuk perjalanan diakibatkan karena adanya ketidakseimbangan pada bagian telinga dalam. Ketidakseimbangan ini kemudian merangsang produksi zat histamin yang dapat menimbulkan rangsangan pada otak berupa reaksi mual dan muntah pada anak.

ads

Mabuk perjalanan lebih sering terjadi pada anak yang berusia dua tahun ke atas. Bayi dan anak yang berusia kurang dari 2 tahun terbukti lebih jarang terkena mabuk perjalanan. Ketika anak mulai merasakan mabuk perjalanan, ia akan terlihat resah, muncul keringat dingin, merasakan mual, kepala pusing, hingga muntah. Jika tidak ada penanganan yang tepat, akan akan terus-terusan muntah dan badan menjadi lemas. Bahkan dapat juga anak mengalami dehidrasi.

Berikut ada beberapa tips agar anak tidak mabuk perjalanan:

1. Kontrol Asupan Makanan dan Minuman

Sebaiknya jangan memberi anak banyak makanan sebelum dan selama perjalanan. Memberi anak makanan yang terlalu banyak justru akan cepat merangsang muntah pada anak. Akan tetapi jangan juga biarkan perut anak kosong. Perut anak yang kosong juga dapat merangsang produksi asam lambung dalam jumlah berlebih. Kondisi ini juga akan memicu mual dan muntah pada anak. Selama perjalanan, asupan makan anak juga harus dikontrol. Untuk lapar pada anak, dapat membawa buah-buahan yang kaya serat dan terasa segar. Misalkan saja buah jeruk. Aroma dan kesegaran jeruk dapat membantu menyegarkan tubuh ketika anak mulai merasakan mual. Makanan pedas dan berminyak juga tidak disarankan untuk anak konsumsi selama perjalanan. Baca : Jenis Makanan yang Berbahaya untuk AnakJenis Makanan yang Tidak Boleh Diberikan pada Bayi 6 BulanMakanan Terbaik Untuk Bayi

2. Perhatikan Tempat dan Cara Duduk Anak

Tempat duduk anak juga berpengaruh terhadap kondisi anak selama perjalanan. Misalnya saja jika anak bepergian menggunakan mobil, dudukkan dia di deret depan. Jika bepergian menggunakan bus, ia dapat duduk di belakang sopir atau jangan duduk persis di atas kedudukan ban. Duduk di atas ban akan membuat anak terlalu merasakan goncangan dan hal ini memperbesar kemungkinan anak mudah mual. Selain tempat duduk, cara duduk anak juga dapat berpengaruh pada kondisi anak selama perjalanan. Usahakan anak duduk santai dan bersandar. Posisi bersandar ini akan memungkinkan kepala anak tidak banyak bergoyang, sehingga kepala anak tidak cepat pusing.

3. Pilih Waktu Perjalanan yang Tepat

Pemilihan waktu perjalanan juga akan berpengaruh pada kondisi anak. Usahakan untuk memilih waktu perjalanan pada jam tidur anak. Mempertimbangkan waktu tidur yang baik untuk anak selama perjalanan akan membuat anak tertidur selama perjalanan. Dan potensi anak untuk mabuk perjalanan akan berkurang. Jika memilih waktu perjalanan pada waktu tidur anak, harus juga diperhatikan perlengkapan tidur anak. Buat tempat senyaman mungkin untuk anak tidur. Jika memang diperlukan bawa beberapa barang yang membuat tidurnya nyaman dan terlelap. Misalkan saja memilih waktu perjalanan pada siang hari. Selain mendapatkan manfaat tidur siang untuk tumbuh kembang anak, anak juga nyaman selama perjalanan.

4. Kontrol Perhatian Anak

Sepanjang perjalanan, usahakan untuk sering menaruh perhatian ke anak. Perhatikan apa yang ia kerjakan. Jangan sampai anak hanya terpaku pada satu hal saja, misalkan hanya fokus bermain gagdet atau membaca. Posisi kepala anak yang terlalu lama menunduk memungkinkan anak untuk mudah pusing dan akhirnya merasa mual. Membuatnya mengobrol hal-hal menarik dapat mengalihkan perhatian anak. Anda juga dapat mengajak anak untuk sesekali melihat pemandangan di luar jendela. Baca : Bahaya Bermain Game untuk AnakEfek Positif dan Negatif Televisi bagi Pertumbuhan Anak

5. Sesekali Istirahat dan Buka Jendela

Biarkan anak merasakan udara segar sesekali selama perjalanan. Atau bila memungkinkan beristirahat di pinggir jalan dan membiarkan anak merasakan udara segar di luar kendaraan. Udara segar ini akan membuat tubuh anak kembali fresh. Kegiatan ini dinilai lebih efektif dilakukan. Akan tetapi tentunya hal ini tidak dapat dilakukan jika perjalanan menggunakan kereta api atau pesawat terbang. Jika Anda bepergian menggunakan kereta api, Anda dapat menggunakan cara lainnya untuk menghilangkan mabuk perjalanan pada anak Anda.

6. Kontrol Bau-bauan di Sekitar Anak

Mabuk perjalanan dapat juga dipengaruhi oleh bau-bauan yang dicium oleh anak. Jika anak merasa tidak nyaman dengan bau-bauan tertentu, jangan sampai ia menciumnya selama perjalanan. Misalnya saja bau parfum, bau pengharum kendaraan, bau makanan, atau bau minyak angin tertentu. Buat suasana fresh selama perjalanan sehingga rasa mual dapat dihindarkan. Intinya adalah anak merasa nyaman selama perjalanan. Jika anak merasa nyaman dengan bau tertentu, misal bau minuman jahe, justru minuman ini dapat meredakan mual pada anak. Ketika jendela dibuka, waspadai juga jika ada bau rokok dari asap rokok pengendara lain. Selain harus mewaspadai bahaya asap rokok pada anak, bau rokok juga dapat merangsang mual anak. Baca : Bahaya Garam untuk AnakBahaya Gula untuk Bayi dan AnakBahaya Makanan Cepat Saji untuk Kesehatan AnakEfek Buruk Telur Bagi Anak-Anak

7. Konsumsi Obat Mabuk Perjalanan

Hal yang penting jika anak mempunyai riwayat mabuk perjalanan atau ada riwayat keturunan mabuk perjalanan adalah mengkonsumsi obat mabuk perjalanan sebelum bepergian. Minum obat mabuk perjalanan sesuai anjuran dokter. Obat-obatan alami seperti minyak kayu putih atau air jahe juga dapat digunakan untuk meredakan rasa mual pada anak. Ingat dan perhatikan bahwa obat mabuk perjalanan harus dikonsumsi beberapa saat sebelum memulai perjalanan, jangan dalam pertengahan perjalanan.

Itulah beberapa tips nyaman bepergian dengan si kecil yang dapat diterapkan agar anak tidak mabuk perjalanan. Dengan begitu perjalanan bersama anak-anak akan terasa menyenangkan tanpa khawatir lagi anak mabuk perjalanan. Selamat berlibur.

Sponsors Link
, , , , , , , , , ,
Post Date: Friday 27th, October 2017 / 08:49 Oleh :
Kategori : Parenting
Doctors Talk

Kecanduan game & gadget bisa jadi momok bagi ibu, bahkan bisa membuat anak depresi dan bunuh diri, yuk kenali dan jangan lupa subscribe ya.