Sponsors Link

5 Terapi Gagap pada Anak yang Terbukti Berhasil

Sponsors Link

Gagap bicara memang sulit untuk dihindari, terlebih jika seseorang memiliki riwayat keturunan atau gangguan pada bagian kiri otaknya. Gagap pun biasanya lebih banyak dialami oleh anak-anak, dan sekitar 80 persen dari mereka dapat sembuh dengan sendirinya. Namun beberapa dari mereka ada yang terus mengalami gagap selama hidupnya, karena itu kondisi ini juga perlu segera diatasi sebelum menjadi parah. Gagap pada anak memang tidak mengganggu kesehatan, namun lebih kepada mengganggu secara psikis maupun sosial karena kondisi ini dapat membuatnya malu.

Jika anak mengalami gagap dan semakin lama terlihat semakin parah, jangan abaikan kondisi ini dan segeralah mengambil tindakan untuk membantu menghilangkannya. Langkah utama dalam mengatasi gagap pada anak adalah dengan memahami terlebih dahulu gejala dan penyebab gagap pada anak. Gagap juga sering kali menyebabkan anak terlambat bicara, karena itu penyebab anak terlambat bicara pun perlu diatasi. Selanjutnya, orang tua bisa menerapkan cara atau terapi gagap pada anak dengan metode dan langkah sebagai berikut.

1. Terapi Modifikasi Bicara

Terapi ini bisa dilakukan oleh terapis maupun orang tua di rumah. Cobalah untuk memilihkan kata-kata yang mudah diucapkan oleh anak, dan jika menemukan kata yang sulit bagi anak usahakan untuk mengganti kata lain dengan makna sama tetapi lebih mudah dikuasai anak. Cara ini cukup efektif dilakukan karena anak merasa lebih nyaman dan tidak terbebani dalam berbicara.

2. Terapi Membaca dan Bernyanyi

Disadari atau tidak, anak yang gagap ternyata bisa mengucapkan kata dengan baik saat ia bernyanyi. Bernyanyi merupakan kegiatan yang diatur otak kanan, sehingga otak kiri yang lemah dan membuat anak gagap menjadi tertutupi. Selain itu, dengan mengajak anak membaca dengan suara keras juga dapat membantu mengurangi gagap pada anak. Tentunya cara ini dilakukan dengan penuh kesabaran hingga membuahkan hasil.

3. Terapi Bicara Jangka Panjang

Terapi ini dimaksudkan untuk memberikan anak lebih banyak waktu untuk menyelesaikan kata demi kata dengan tenang saat ia berbicara. Seringkali anak semakin gagap saat ia merasa terburu-buru atau tertekan, namun jika diberi waktu yang lebih panjang ia bisa tetap berusaha tenang dan bisa belajar untuk berbicara dengan lancar. Terapi ini sangat cocok untuk mengatasi macam-macam gangguan komunikasi pada anak dan balita.

4. Terapi Fluency Shaping

Terapi ini artinya menggunakan suara yang lebih lunak atau pelan sehingga anak diharapkan dapat mengatasi gagapnya. Karena umumnya anak yang gagap berbicara dengan suara yang melengking dan bernada tinggi, dengan menurunkan nada suaranya kemungkinan untuk mengalami gagap akan semakin kecil. Namun ada kekurangan dari terapi ini yaitu bicara anak menjadi terpotong-potong seperti robot.

5. Bersabar dan Selalu Motivasi Anak

Terapi untuk mengatasi anak yang terlambat bicara dan gagap sebenarnya sangat membutuhkan kesabaran yang tinggi. Karena itu, orang tua harus terus berusaha dan sabar dalam menjalani terapi tersebut pada anak. Jangan lupa untuk selalu memotivasi atau memberi dukungan agar anak juga bersemangat untuk bisa bicara dengan lancar. Dengan begitu cara mengatasi gangguan komunikasi pada anak di atas bisa berlangsung dengan sukses dan membuahkan hasil. Cobalah untuk selalu berbicara tenang pada anak dan jangan memotong sampai anak menyelesaikan bicaranya agar ia tidak merasa tertekan. Dan jangan lupa pula untuk mengajak anggota keluarga yang lain untuk ikut berpartisipasi dalam mengatasi gagap pada anak tersebut.

Gagap yang menjadi gangguan psikosomatis pada anak ini perlu diatasi untuk menghindari stres pada anak karena merasa minder dengan cara bicaranya. Dengan menerapkan terapi gagap pada anak yang tepat dan konsisten maka kebiasaan tersebut akan hilang secara permanen.

Sponsors Link
, , , , , , , , ,
Post Date: Monday 27th, August 2018 / 01:15 Oleh :
Kategori : Tumbuh Kembang