Sponsors Link

10 Tanda-Tanda Anak Mengalami Gegar Otak

Sponsors Link

Orang tua harus mengamati kondisi anak, jika diketahui kepalanya terbentur atau terpukul sesuatu, guna mewaspadai jikalau anak mengalami gegar otak. Namun orang tua yang tidak mengetahui bahwa kepala anaknya mengalami benturan atau pukulan, ditambah tidak ada ungkapan dari anak, maka sangat penting untuk mengetahui bagaimana tanda-tanda anak mengalami gegar otak.

Bermain seolah telah menjadi kegiatan pokok bagi anak-anak. Mereka melewati berbagai tahapan perkembangan bermain anak. Dewasa ini banyak orang tua yang telah memahami pentingnya bermain untuk pertumbuhan anak. Berbagai Jenis mainan yang merangsang otak anak begitu mudah didapat. Namun berbagai macam aktivitas anak-anak ketika bermain, terutama diusia balita, sering membuat mereka terjatuh dan membuat kepala mereka terbentur. Padahal bahaya benturan pada kepala bayi dan anak seperti gegar otak, mungkin saja telah mengintai. Berbagai aktivitas anak yang paling sering membuat mereka terjatuh seperti berikut ini :

  • Berlari-lari kemudian tersandung dan jatuh. Berlari karena ketakutan sering membuat anak terjatuh dibanding berlari ketika bermain dengan gembira hal itu menunjukkan bahwa ada efek negatif sering menakut nakuti balita
  • Terjatuh dari tempat tidur
  • Terpeleset baik sedang berlari ataupun berjalan
  • Melompat-lompat
  • Mengguling-gulingkan badan
  • Bergelayutan seperti pada seutas tali atau pada dahan pohon
  • Ataupun hal lain yang tidak diinginkan, seperti dipukul teman dengan benda keras atau tajam, terbentur karena kecelakaan lalu lintas dan lain sebagainya

Dari berbagai aktivitas anak tersebut yang juga perlu diwaspadai yaitu tentang bahaya anak terjatuh terlentang. Sebab posisi terjatuh terlentang akan membuat bagian belakang kepala anak terbentur. Banyak kasus menunjukan akibat fatal dari terbenturnya bagian belakang kepala, dari yang paling umum seperti gegar otak, sampai bisa berujung ke kematian.

Alih-alih anak meghabiskan waktu bermain sepanjang hari,  mengajaknya tidur siang untuk beristirahat dapat menjadi pilihan. Karena banyak manfaat tidur siang untuk tumbuh kembang anak.

Sekilas tetang gegar otak

Gegar otak pada anak bukanlah termasuk jenis-jenis penyakit neurologi pada anak. Kata “gegar” memiliki pengertian guncang; goyang atau gentar. Maka secara etimologi gegar otak dapat diartikan sebagai guncangan otak. Sedangkan secara ilmiah, dalam buku yang berjudul “Neurologi and trauma”  WB saunders Co, 1996. Gegar otak diartikan sebagai “Trauma yang disebabkan benturan dikepala yang cukup kuat yang membuat otak mengalami kehilangan kesadaran atau kebingungan beberapa saat setelah terjadi benturan”.

Trauma atau cedera kepala tertutup terdiri dari dua tipe yaitu gegar otak (commotio cerebri) dan memar otak (contusio cerebri). Dimana kedua tipe ini memiliki potensi berkembang menjadi penyakit berbahaya jika tidak mendapatkan penanganan. Konsultasi dengan dokter saraf dan perhatian lebih terhadap anak yang mengalami trauma dapat menjadi cara efektif mengatasi trauma pada anak.

Tanda-tanda anak mengalami gegar otak

Karena ketidaktahuan orang tua akan tanda-tanda anak mengalami gegar otak atau anak tidak menceritakan bahwa kepalanya telah terbentur atau terpukul, dapat memperlambat penanganan. Sehingga mengakibatkan tanda awal gegar otak meningkat lebih parah. Apa saja tanda-tanda anak mengalami gegar otak, berikut ini daftarnya :

  1. Sakit kepala
  2. Kebingungan
  3. Salah ketika menyebutkan waktu atau tempat
  4. Hilangnya memori
  5. Mual atau muntah
  6. Penglihatan tidak jelas
  7. Pusing
  8. Telinga berdenging. Pada bayi seperti tanda-tanda bayi mengalami infeksi telinga
  9. Kantuk
  10. Kelelahan yang berlebihan

Membatasi gerak anak agar terhindar dari jatuh, terbentur, terguling dan lainnya bukanlah pilihan yang baik. Yang perlu kita lakukan adalah memberikan pertolongan pertama pada anak dikala ada sesuatu yang sangat membahayakan jiwanya dengan mengenali tanda-tandanya.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , , , , ,
Post Date: Tuesday 05th, December 2017 / 08:50 Oleh :