Sponsors Link

4 Tahapan Perkembangan Psikologi Anak Usia Dini

Sponsors Link

Dalam proses tumbuh kembang anak, banyak sekali momen dan tahapan yang akan dilalui, dan hal tersebut sangat sayang jika dilewatkan. Pada usia emasnya anak akan belajar banyak hal sehingga terkadang kondisi psikologisnya ikut terpengaruh. Sangat penting bagi orang tua untuk mengetahui cara memahami psikologi anak usia dini sebagai cara mengenali karakter anak agar lebih mudah dalam mendidiknya. Seiring bertambahnya usia, psikologi anak akan terus berkembang dan akan mempengaruhi pola pikirnya. Karena itu, sebaiknya orang tua mulai memahami tahapan perkembangan psikologi anak usia dini seperti berikut ini.

1. Tahapan Tumbuh Kembang Fisik

Tahapan perkembangan ini dapat dilihat dengan jelas karena terlihat pada tampilan fisik anak. Tentunya anak akan terus tumbuh dengan tinggi dan berat badan yang terus bertambah, seiring dengan bertambahnya usia anak. Selain itu sensor motorik halus dan sensor motorik kasar juga turut berkembang sehingga anak cenderung semakin berani mengambil resiko dan selalu ingin mencoba sesuatu yang baru. Untuk mendukung perkembangan ini orang tua perlu memberikan makanan yang bergizi dan manfaat pentingnya sarapan buat anak setiap hari. Dengan begitu, kesehatan anak terjaga, tumbuh kembang berjalan optimal dan koordinasi saraf dengan anggota gerak tubuh berfungsi dengan baik.

2. Tahapan Perkembangan Kognitif

Perkembangan kognitif ini terbagi lagi dalam 4 tahapan yaitu:

  • sensorimotor, terjadi pada anak usia 0-2 tahun dimana anak cenderung melakukan gerak refleks dan berusaha menciptakan suasana yang baru dan menarik
  • pra-operasional, terjadi pada anak usia 2-7 tahun dimana anak sudah mulai dapat berpikir statis, mampu menerima stimulus atau rangsangan dan perkembangan bahasanya cukup pesat
  • konkret operasional, terjadi pada anak usia 7-11 tahun, dimana anak sudah mulai berpikir rasional, menyelesaikan tugas sederhana seperti merapikan tempat tidur, dan lebih terorganisir dalam setiap aktivitas
  • formal operasional, terjadi pada anak usia 11-15 tahun, dimana tahap ini bukan lagi terjadi pada anak usia dini melainkan usia remaja, ditunjukkan dengan kemampuan anak yang lebih baik dalam memecahkan suatu masalah, pola pikir yang semakin maju sehingga memudahkan dalam menerima banyak pelajaran.

3. Tahapan Perkembangan Bahasa

Tahapan perkembangan bahasa anak usia dini memang berbeda sesuai usianya. Saat baru mengenal kata-kata dan belajar bicara, anak akan terus merekam kata-kata yang didengarnya dari sekitar lalu berusaha untuk mengucapkannya kembali. Semakin besar, anak akan belajar banyak kata baru, ditambah belajar membaca dan menulis saat masuk sekolah sehingga kosakata bertambah dan kemampuan berkomunikasi semakin baik. Pemilihan lingkungan sekolah dan bermain sangat menentukan tahapan perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun, karena itu orang tua perlu turut serta dalam memilihkan sekolah yang baik begitu pula dengan teman-temannya.

4. Tahapan Perkembangan Sosial Emosional

Tahapan ini terjadi dalam perkembangan sosial maupun emosional anak, yang terlihat dari perubahan emosi maupun kemampuannya dalam berinteraksi dengan orang lain. Perkembangan sosial emosional anak-anak dan perkembangan sosial emosional anak remaja memang tidak sama, namun saling keterkaitan. Anak akan belajar bagaimana menumbuhkan rasa empati, saling berbagi, tolong menolong dan berbuat baik pada sesama. Ia juga akan belajar bagaimana mengendalikan emosi agar dapat terkontrol dan tidak menyebabkan anak berbuat sesuka hati. Semuanya butuh proses dan untuk mensukseskannya tentu dibutuhkan kehadiran orang tua dalam hidup anak.

Nah, itulah tahapan perkembangan psikologi anak usia dini yang perlu dipahami orang tua. Dengan mengetahui tahapan tersebut kita dapat lebih mudah menentukan dan mengarahkan anak agar menjadi orang yang hebat, percaya diri, berguna untuk orang lain, sukses dan memiliki hidup yang bahagia sehingga menjadi cara jitu mengenali bakat anak.

Sponsors Link
, , , , , ,
Post Date: Monday 25th, June 2018 / 14:43 Oleh :
Kategori : Karakter