Sponsors Link

4 Tahap Porsi Makan Bayi Sesuai Usianya yang Ideal

Sponsors Link

Menentukan sebanyak apa porsi makan bayi setiap kali kita memberinya makan sering kali menjadi suatu hal yang menantang. Sulit untuk menentukan seberapa banyak kita harus memberi takaran makan bayi, sebab ia belum bisa mengatakan bahwa dirinya masih lapar ataukah porsi makanan yang diberikan sudah cukup membuatnya kenyang. Bayi yang kenyang atau masih lapar memang akan menunjukkan tanda-tanda tertentu, namun tetap saja kita tidak mungkin mengetahui apakah makanan yang diberikan sudah melebihi kapasitas lambungnya atau tidak. Salah satu patokan ketika kita mulai memberikan bayi makanan padat adalah bahwa kita harus memastikan bahwa bayi masih tercukupi dengan asupan ASI atau susu formula. Sebab, makanan padat yang diberikan sebetulnya baru berupa latihan atau ajang belajar makan bagi si bayi, dan kebutuhan nutrisi utama tetap berasal dari air susu ibu atau susu formula.

Rentang Usia Bayi dan Porsi Makanannya

Perlambatan pertumbuhan secara alami akan terjadi pada para bayi yang juga akan dipengaruhi oleh seberapa banyak mereka makan. Mungkin saja bayi-bayi akan tampak makan dengan lahap selama beberapa hari atau minggu, lalu mendadak mereka tampak kehilangan nafsu makan. Porsi makan bayi sesuai usianya yang bisa dijadikan patokan untuk memberi makan bayi adalah:

  1. Bayi Usia 1-3 Bulan

Pada usia antara 1 hingga 3 bulan, selera makan bayi akan meningkat dan ia akan mulai lebih aktif untuk memberi tahu Anda kapan ia merasa lapar. Ketika berusia 3 bulan, porsi makan bayi sesuai usianya berkisar antara lima ons susu, sebanyak 6-8 kali sehari. Jika Anda menyusui, maka produksi air susu ibu akan naik atau turun sesuai dengan kebutuhan bayi.

  1. Bayi Usia 4-6 Bulan

Bayi pada rentang usia ini akan mulai belajar duduk dan mengambil benda-benda dengan tangannya sendiri. Ketika bayi sudah pintar menggenggam benda, Anda bisa mulai memberi menu sereal ke menu makanannya ketika ia sudah memasuki masa MPASI. Bayi yang berusia enam bulan mengonsumsi porsi makan bayi sesuai usianya sekitar 2-3 kali makan setiap harinya dengan porsi rata-rata sekitar 5-10 sendok teh sekali makan. Berikan makanan padat ketika sudah terlihat tanda-tanda bayi sudah siap menerima MPASI dengan memperhatikan cara mengatur pola makan bayi usia 0-12 bulan.

  1. Bayi Usia 6-9 Bulan

Pada usia enam bulan, bayi biasanya mengonsumsi sekitar 6-8 ons susu formula atau ASI setiap kali makan atau menyusu selain mengonsumsi sereal dan makanan padat lainnya. Bayi akan memberi tanda apabila ia sudah kenyang. Sebaiknya tidak memberi bayi porsi makan melebihi 32 ons susu dalam kurun waktu 24 jam. Porsi makanan bayi berusia 6-9 bulan sebanyak 3 kali makan dalam sehari dan 2-4 sendok makan sekali makan. Pastikan untuk memberikan protein nabati untuk MPASI kepada bayi serta amati kondisinya apabila menunjukkan tanda-tanda bayi alergi terhadap MPASI.

  1. Bayi Usia 9-12 Bulan

Ketika berusia antara 8 hingga 12 bulan, bayi akan mulai banyak mengonsumsi makanan padat. Karena itu pula, ketergantungan bayi terhadap susu sebagai sumber makanan utamanya akan semakin berkurang. Walaupun demikian, pasokan susu masih sangat penting untuk tubuh bayi. Porsi makan bayi berkisar antara 4-6 ons susu setiap kalinya, dan 6-8 ons sebelum tidur malam. Sedangkan porsi makanan padatnya sebanyak 4-6 sendok makan, tiga kali sehari ditambah 2-3 kali cemilan. Untuk menunjang tumbuh kembangnya, berikan jenis makanan pendamping ASI terbaik bagi bayi. Perhatikan asupannya, seperti sumber makanan yang mengandung zat besi untuk anak, atau makanan yang kaya protein seperti manfaat telur puyuh untuk bayi dan anak dan manfaat kacang merah untuk bayi.

Umunya bayi yang sehat akan mengkonsumsi makanan sebanyak yang mereka butuhkan. Sebaiknya tidak melakukan kebiasaan untuk menawarkan makan sedikit lagi ketika bayi sudah tampak kenyang. Sangat penting untuk memberi perhatian yang teliti pada petunjuk yang diberikan bayi karena pola makan bayi bisa saja berubah setiap hari dan bisa dipengaruhi oleh kejadian-kejadian di lingkungan sekitarnya juga. Menyusun menu yang seimbang untuk bayi akan memastikan ia mengonsumsi jumlah makanan bernutrisi yang tepat, dan pastikan bahwa Anda memberi makan bayi pada waktunya yaitu ketika ia memasuki usia enam bulan.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , , ,
Post Date: Thursday 14th, June 2018 / 06:24 Oleh :