Sponsors Link

Pertumbuhan Gigi Tetap pada Anak – Tahapan dan Permasalahannya

Sponsors Link

Pertumbuhan gigi tetap pada anak bias anya mulai terjadi saat si kecil menginjak usia 6 tahun. Saat itu gigi susu anak yang berjumlah 20 buah akan bergantian tanggal, lalu berganti dengan gigi permanen. Selain itu 12 gigi belakang anak juga tumbuh, dan melengkapi gigi dewasa anak berjumlah 32. Momen anak tumbuh gigi sering dinanti oleh para orang tua, meskipun terkadang tanda anak tumbuh gigi menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

Gigi susu memiliki peran penting bagi baiknya pertumbuhan gigi tetap anak. Tak heran apabila cara merawat gigi anak usia 1-5 tahun yang baik, dapat membantu pertumbuhan gigi anak menjadi rapi dan sehat. Lakukanlah cara merawat gigi anak sejak dini, dimulai sejak pertumbuhan gigi-gigi susu anak berikut ini,

  • Gigi seri tengah – 2 gigi seri pada rahang atas dan 2 gigi seri pada rahang bawah mulai tumbuh pada usia 6 hingga 10 bulan
  • Gigi seri samping – masing-masing 1 gigi seri mengapit gigi seri tengah, mulai tumbuh pada usia 10 hingga 16 bulan
  • Gigi taring – 4 gigi taring tumbuh disamping gigi seri samping mulai bayi berusia 17 hingga 23 bulan
  • Gigi geraham kecil pertama – tumbuh disamping gigi taring mulai usia 14 – 18 bulan, berjumlah 4 gigi
  • Gigi geraham kecil belakang – tumbuh disamping gigi geraham pertama, mulai bayi berusia 23 hingga 31 bulan.

Waspadailah faktor penyebab kerusakan gigi pada anak yang sering terjadi selama masa perkembangan gigi susu anak, agar pertumbuhan gigi tetap pada anak tidak bermasalah nantinya. Sebab, gigi susu anak yang rusak, seperti karena penyebab sakit gigi pada anak, atau karena penyebab karies gigi pada anak, menyebabkan ruang untuk gigi tetap anak bertumbuh dan berkembang terganggu.

Pertumbuhan gigi tetap

Setelah periode pertumbuhan gigi susu, pertumbuhan gigi anak memasuki periode gigi campuran. Pada periode ini sebagian gigi susu (sulung) anak mulai tanggal dan mulai bermunculan gigi tetap sebagai pengantinya. Terkadang orang tua bertanya-tanya mengenai umur berapa normalnya gigi susu anak tanggal dan digantikan dengan gigi permenen. Sebab setelah gigi sulung tanggal, tidak langsung tumbuh gigi pengantinya. Sehingga gigi anak ompong pada beberapa bagian giginya.

Normalnya pertumbuhan gigi tetap anak ditandai dengan goyangnya gigi susu anak. Gigi yang goyang ini terjadi karena terdorong oleh gigi tetap yang akan tumbuh. Jika mendapat tanda ini orang tua dapat membantu mencabut gigi anak melalui dokter gigi. Meskipun gigi susu yang goyang sebaiknya dibiarkan saja, karena gigi susu dapat terlepas dengan sendirinya, setelah beberapa hari. Kecuali dikhawatirkan gigi susu yang goyang menghambat pertumbuhan gigi tetap, yang tampak telah mau tumbuh. Berikut ini adalah waktu bergantinya gigi susu anak menjadi gigi tetap.

  • Gigi seri tengah – mulai tanggal pada usia 6 hingga 7 tahun
  • Gigi seri samping – tanggal pada usia 7 hingga 8 tahun
  • Gigi taring – berganti menjadi gigi tetap mulai usia 9 sampai 12 tahun
  • Gigi geraham kecil pertama – mulai berganti menjadi gigi tetap saat usia 9 sampai 11 tahun
  • Gigi geraham kecil belakang – mulai tanggal pada usia 10 hingga 12 tahun.

Selain bergantinya 20 gigi sulung anak menjadi gigi susu. Pertumbuhan gigi tetap pada anak juga ditandai dengan munculnya 12 gigi tetap lainnya, yang mulai tumbuh disamping gigi geraham belakang anak. Keduabelas gigi tetap itu dikenal dengan nama gigi geraham besar. Pertumbuhan 4 gigi geraham besar pertama mulai terjadi mulai usia anak 6 hingga 7 tahun. Berikutnya 4 gigi geraham besar kedua mulai tumbuh saat anak berusia 10 hingga 12 tahun. Dan jika tidak ada masalah kesehatan gigi. Pertumbuhan gigi bungsu pada anak akan terjadi saat anak menginjak usia 17 hingga 21 tahun.

Pertumbuhan gigi tetap hanya sekali, sehingga penting bagi anak untuk terbiasa menjaga kesehatan gigi dan mulutnya. Agar tidak terjadi kerusakan gigi tetap pada masa pertumbuhannya.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , , , , ,
Post Date: Monday 03rd, December 2018 / 03:43 Oleh :
Kategori : Gigi Anak Balita