Sponsors Link

4 Pertolongan Pertama saat Anak Terluka yang Harus diPahami Orangtua

Sponsors Link

Para orangtua pasti akan melakukan apapun untuk mencegah buah hatinya dari terluka. Bagi orang tua, rasanya menyedihkan apabila melihat anak terluka terutama jika luka tersebut tidak bisa disembuhkan hanya dengan pelukan dan ciuman sayang kepada anak. Sayangnya justru anak kecil mempunyai potensi untuk sering mengalami luka atau kecelakaan, mulai dari goresan kecil sampai kepada cedera. Terutama pada anak berusia empat tahun kebawah.

ads

Hal ini disebabkan karena anak kecil yang masih antusias untuk menjelajahi dunia mereka seringkali mengabaikan resiko yang mungkin terjadi dan apa bahayanya dari setiap tindakan mereka. Selain itu, kemampuan motorik mereka yang masih kurang baik juga menjadi gabungan yang berbahaya dan pada akhirnya akan membawa resiko kecelakaan pada anak.

Pertolongan Pertama Untuk Kecelakaan Pada Anak

Apa yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk memastikan anaknya aman dari segala jenis cedera atau luka adalah dengan mengetahui bagaimana memberi pertolongan pertama saat anak terluka, yaitu:

1. Luka Memar dan Gores

Jika anak mengalami luka tergores dan memar, bersihkan area luka dengan sabun atau cairan antiseptik dan berikan obat anti bakteri yang bisa disemprot atau dioleskan. Setelah itu tutup atau balut luka menggunakan perban atau plester, tergantung kepada kondisi luka tersebut. Waspadailah apabila luka anak tampak dalam dan perlu dijahit, maka Anda memerlukan pertolongan ahli medis. Waspadai juga apabila darah dari luka tidak juga berhenti mengalir, juga bahaya anak jatuh terduduk. Sedangkan untuk luka memar, bersihkan luka tersebut dengan air dan sabun juga lalu kompres dengan es untuk mengurangi lebamnya.

2. Luka Bakar

Pertolongan pertama luka bakar pada anak untuk menangani luka bakar ringan pada anak adalah dengan mendinginkan area kulit yang terluka tersebut. Anda perlu membasuh luka bakar tersebut dengan air mengalir atau merendamnya dengan air dingin yang juga bisa dilakukan sebagai tips pertolongan pertama pada anak saat tersiram air panas.  Namun jangan sampai menggunakan air yang terlalu dingin atau air es yang justru akan memperburuk rasa sakitnya. Oleskan salep antiseptik di atas luka bakar dan tutup lukanya dengan perban atau kasa steril. Segera bawa anak ke rumah sakit jika luka bakar yang diderita termasuk besar untuk menghindari resiko kerusakan jaringan.

3. Gigitan Serangga

Gigitan serangga atau kutu biasanya tidak menimbulkan akibat yang serius, dan bisa diatasi dengan mengoleskan salep atau obat gosok untuk gatal – gatal. Untuk gigitan lebah memerlukan perawatan yang lebih teliti untuk menghindari resiko alergi. Oleskan calamine, baking soda atau salep hidrokortison ke area gigitan lebah di kulit, tentu saja dengan bertanya kepada dokter lebih dulu.

4. Benturan di Kepala

Ketika kepala anak mengalami benturan maka ada resiko terjadinya cedera kepala pada anak. Pertolongan pertama saat anak terluka atau pertolongan pertama saat kepala anak terbentur yang bisa dilakukan orang tua adalah untuk memeriksa kondisi anak. Jika anak masih bisa merespons pertanyaan, membuka mata atau bereaksi dengan cara biasanya maka kondisinya bisa dikatakan baik – baik saja. Namun apabila ada bahaya anak terjatuh telentang dan bahaya anak jatuh tengkurap anak bernapas dengan mendengkur ketika terjaga, ada cedera leher,muntah dan mual atau pusing, mengantuk dan kebingungan, maka segeralah bawa anak ke dokter.

Kunci untuk memberi pertolongan pertama saat anak terluka adalah dengan reaksi yang cepat. Terkadang walaupun kita sudah menjaga anak dengan baik, tetap saja ia tidak akan terhindar dari cedera. Usahakan untuk tetap tenang dan terkendali, jangan ikut panik ketika anak sedang merasa kesakitan. Diperlukan kecepatan berpikir untuk menganalisa situasi dan mengendalikan diri agar Anda dapat memberi pertolongan pada anak dengan baik, misalnya memberi pertolongan pertama pada bayi saat terjatuh. Lebih baik lagi, usahakan agar lingkungan di sekitar anak menjadi lingkungan yang aman dari resiko – resiko cedera tersebut.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , ,
Post Date: Tuesday 09th, January 2018 / 01:01 Oleh :
Kategori : Parenting