Sponsors Link

6 Tanda Perkembangan Sosial Emosional Anak Remaja Berlangsung Baik

Sponsors Link

Masa remaja merupakan masa dimana anak mulai memasuki usia pencarian jati diri, dan pada usia tersebut anak akan mengalami beberapa tahapan perkembangan baik secara fisik maupun psikis hingga ia dewasa nanti. Jika perkembangan secara fisik dapat dilihat dan dipantau dengan jelas, berbeda dengan perkembangan sosial emosional remaja yang justru sulit terlihat namun sangat penting untuk diperhatikan orang tua seperti halnya mengenal kepribadian anak sejak dini. Perkembangan sosial emosional anak remaja dapat berbeda dan dengan pengaruh dari keluarga dan lingkungan, anak akan mulai dapat membentuk jati dirinya sendiri.

Orang tua perlu mengenal perkembangan psikologi anak remaja dan memahami bagaimana sebenarnya perkembangan sosial emosional yang baik pada anak. Apalagi pada usia remaja masalah tersebut dapat mempengaruhi pembentukan karakter mereka saat dewasa. Karena itu, sangat penting untuk memahami bagaimana dan apa saja tahapan perkembangan yang akan dilalui anak saat remaja sehingga kemampuan sosial emosionalnya dapat berkembang dengan baik.

Perkembangan Sosial Emosional Anak Remaja

Kemampuan sosial anak ditunjukkan dengan kemampuan anak dalam menjalin hubungan dan berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya. Anak yang perkembangan sosialnya berlangsung dengan baik biasanya akan memiliki rasa empati, mudah bergaul, suka menolong dan bisa bekerja sama dengan baik. Sementara itu, kemampuan emosional juga turut mempengaruhi tumbuh kembang anak. Perkembangan emosi anak akan terus berubah terutama saat mereka remaja, yang ditandai dengan bertambahnya kemampuan anak dalam mengontrol emosi, serta mengenal dan memahami apa yang ia rasakan.

Jika kemampuan sosial berhubungan dengan orang lain, kemampuan emosional justru ada dalam diri anak itu sendiri, bagaimana anak dapat mengendalikan emosinya sehingga dapat bersikap dengan baik dimanapun ia berada. Hal ini akan berpengaruh terhadap kemampuan anak dalam menghadapi suatu konflik atau masalah, dan jika perkembangan emosionalnya bagus maka anak akan tetap bersikap tenang dalam mengatasi setiap persoalan. Cara mendidik anak remaja perlu dipahami orang tua agar perkembangan sosial dan emosionalnya sesuai dengan yang diinginkan.

Tanda Perkembangan Sosial Emosional Anak Remaja Berjalan Baik

Ada beberapa indikasi atau tanda yang bisa dilihat para orang tua untuk mengetahui apakah anak remaja mereka memiliki tahapan perkembangan sosial dan emosional yang baik atau tidak, dengan beberapa tanda berikut:

  1. anak mampu mengatur diri sendiri dan dapat mengontrol emosinya dengan baik sehingga dapat terhindar dari berbagai jenis gangguan emosi pada anak
  2. mudah bersosialisasi, mampu menyesuaikan diri baik dalam hal belajar maupun bermain yang juga merupakan bagian dari pentingnya pendidikan anak usia dini
  3. dapat berinteraksi dengan orang lain dan membangun hubungan yang baik dengan lingkungan
  4. mampu menemukan sesuatu yang baru, kreatif dan memiliki inisiatif yang tinggi
  5. mudah fokus dan dapat berkonsentrasi dengan baik terutama dalam memecahkan suatu masalah
  6. dapat bersikap tenang meski sedang menghadapi masalah dan anak tidak mudah marah, dan hal ini dapat diketahui lewat cara mengenali karakter anak.

Peran orang tua memang sangat dibutuhkan selama proses perkembangan sosial emosional anak sedang berlangsung. Karena bagaimanapun orang tua adalah contoh pertama bagi anak, sehingga sikap bijak dari orang tua diperlukan untuk mendidik anak remaja menjadi orang yang baik. Memantau perkembangan ini juga sekaligus menjadi cara mengatasi gangguan emosi pada anak karena itu sangat penting untuk diperhatikan dan dipahami orang tua agar kelak anak tumbuh menjadi orang yang berguna dan disenangi banyak orang.

Sponsors Link
, , , , , , , ,
Post Date: Thursday 21st, June 2018 / 02:05 Oleh :
Kategori : Karakter