Sponsors Link

7 Langkah Perawatan Sindrom Reye pada Anak Paling Tepat

Sponsors Link

Banyak orang tua mungkin kurang memahami langkah perawatan sindrom reye pada anak. Bahkan tidak banyak orang tua yang paham apa itu bahaya sindrom reye pada anak. Adapun ini merupakan salah satu sindrom yang diderita anak-anak dan dapat mengakibatkan bahaya berupa membengkaknya organ hati dan otak anak. Hal ini tentunya langka dan jarang terjadi. Namun jika tiba-tiba mengalami hal tersebut, sebagai orang tua tentu bingung apa cara pengobatan dan pemulihan terbaik. Termasuk bagaimana langkah merawat anak yang terdiagnosa terkena sindrom reye ini. Oleh sebab itu untuk lebih jelasnya, simak berikut ini beberapa langkah perawatan sindrom reye pada anak yang paling efektif.

ads

1. Pemberian Minum Secukupnya

Anak dengan sindrom reye membutuhkan asupan cairan yang cukup, tidak kurang dan tidak lebih. Batasan kebutuhan air adalah sekitar delapan gelas sehari. Oleh sebab itu hindari bahaya anak kurang minum air putih termasuk salah satunya mengalami gejala sindrom reye.

2. Penurun Panas

Perhatikan jika suhu tubuh anak terus meningkat. Sebaiknya segera berikan obat penurun panas badan untuk mencegah demam tinggi. Karena tentu demam yang makin tinggi dapat menyebabkan timbul bahaya kejang saat demam pada anak. Sehingga membuat anak mengigau dan tidak sadarkan diri. Segera berikan kompres di dahi anak, baik dengan handuk dingin maupun memakai kompres instan.

3. Cairan Garam Gula

Langkah perawatan sindrom reye pada anak berikutnya yang tak kalah penting yaitu memastikan kecukupan cairan garam dan gula untuk anak. Oleh sebab itu sebaiknya berikan larutan air gula dan garam secukupnya untuk mencegah resiko tanda-tanda dehidrasi pada anak. Jika terpaksa bawalah anak ke rumah sakit untuk mendapatkan infus.

4. Istirahat Cukup

Pastikan bahwa penderita sindrom reye mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Karena istirahat dan tidur lebih lama akan membantu proses pemulihan tubuh dari penyakit yang jauh lebih cepat. Oleh sebab itu sebaiknya kurangi aktifitas fisik anak dan usahakan cara mengatasi gangguan tidur pada anak supaya anak tidur lebih awal dan istirahat lebih banyak.

5. Posisi Tidur Nyaman

Supaya anak cukup nyaman saat beristirahat, pastikan posisi tidur yang baik untuk bayi dan anak supaya cukup nyaman. Misalnya periksa kasur dan selimut yang ada di kamar anak. Ganti secara berkala supaya tetap bersih dan membuat anak cukup nyaman untuk beristirahat. Karena jika anak tidak nyaman tentu tidurnya tidak dapat lebih optimal.

6. Suhu Udara Cukup

Untuk mempercepat pemulihan, jangan lupa untuk selalu melihat apakah suhu ruangan yang nyaman untuk tidur bayi dan anak sudah terpenuhi. Jangan terlalu dingin untuk menghindari anak menggigil dan jangan terlalu panas agar anak tidak mudah berkeringat. Sebaiknya pastikan suhu kamar dalam kondisi yang cukup nyaman untuk membuat anak tidur terlelap.

7. Makanan Bernutrisi

Berikan anak berbagai macam menu makanan yang kaya akan nutrisi. Seperti misalnya berbagai macam buah yang mengandung vitamin C paling tinggi untuk anak maupun sayuran. Dengan demikian maka kesehatan anak akan cepat pulih dan segera sembuh dari efek sindrom reye.

Itulah langkah-langkah perawatan sindrom reye pada anak yang efektif dan tepat. Jika memang keadaan anak tidak kunjung membaik, segera hubungi rumah sakit terdekat untuk menghindari kemungkinan yang tidak diinginkan. Terutama jika sampai terjadi gejala demam tinggi dan kejang-kejang. Sebaiknya jangan menunda membawa anak ke rumah sakit terdekat.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , ,
Post Date: Thursday 10th, May 2018 / 09:18 Oleh :
Kategori : Sindrom Reye
Doctors Talk

Kecanduan game & gadget bisa jadi momok bagi ibu, bahkan bisa membuat anak depresi dan bunuh diri, yuk kenali dan jangan lupa subscribe ya.