Sponsors Link

6 Penyebab Skorbut pada Anak yang Umum Terjadi

Sponsors Link

Banyak orang yang kurang paham apa itu skorbut dan apa yang menjadi penyebab skorbut pada anak. Jangan khawatir jika tidak mengetahui hal tersebut. Karena sangat jarang yang mengetahui tentang penyakit skorbut atau kekurangan sumber manfaat vitamin C untuk tumbuh kembang anak tersebut. Apalagi tidak banyak informasi yang tersedia mengenai penyakit ini. Bahkan tidak banyak penjelasan yang diberikan oleh tenaga medis karena kasus dan kejadiannya yang jarang terjadi pada anak-anak. Oleh sebab itu paragraf berikut akan menjelaskan beberapa informasi yang tepat mengenai penyebab skorbut pada anak. Simak untuk lebih jelasnya.

1. Kurang Vitamin C

Penyakit skorbut merupakan suatu gejala penyakit akibat kekurangan sejumlah makanan sumber vitamin C untuk anak dalam tubuh. Dimana disini merupakan kekurangan yang cukup banyak sehingga timbul reaksi tubuh akibat defisiensi vitamin C. Oleh sebab itu penyakit ini dialami oleh anak yang kurang asupan gizi dengan latar belakang keluarga yang umumnya kurang mampu. Dimana nutrisi yang diterima bisa jadi tidak maksimal dan tidak mengandung beberapa vitamin yang diperlukan untuk tubuh.

2. Kurang Nutrisi

Penyabab berikutnya sudah tentu karena kekurangan nutrisi untuk anak tumbuh lebih tinggi terutama vitamin C pada anak. Oleh sebab itu sangat penting mengatur menu makanan anak supaya dapat dipastikan penuh dengan nutrisi berupa kandungan vitamin maupun mineral yang baik untuk membantu tumbuh kembang anak. Jika tidak maka anak akan beresiko mengalami gejala kekurangan vitamin C seperti pada penyakit skorbut, dimana anak akan sangat sering mengalami gusi berdarah dan penyebab sariawan pada bayi.

3. Kurang Buah

Penyebab skorbut pada anak dapat pula akibat kekurangan asupan buah harian. Karena buah merupakan sumber alami utama untuk pasokan vitamin C. Oleh sebab itu jangan lupa untuk memberikan manfaat buah untuk anak setiap hari. Pilih yang kaya akan vitamin C atau buah untuk mengatasi sariawan pada anak seperti strawberry, jeruk maupun jambu biji.

4. Gangguan Mental Kompleks

Penyebab lain yang tidak diduga dapat berupa ciri-ciri anak mengalami gangguan mental yang cukup kompleks. Anak bisa jadi stress dan mengalami defisiensi kesehatan pada tubuhnya. Salah satunya yaitu ciri penyakit skorbut dimana anak menjadi lebih mudah sakit, sering cemas dan sering mengalami gangguan pencernaan maupun gusi berdarah.

5. Diet Obesitas

Anak dengan ciri-ciri obesitas pada anak akan cenderung diminta melakukan diet. Namun hati-hati, karena diet yang kurang tepat akan membuat tubuh anak kekurangan vitamin yang diperlukan. Karena itu selalu tanyakan menu diet anak yang baik pada dokter anak yang lebih paham. Supaya nutrisi anak tetap maksimal namun dapat mencegah dan mengatasi bahaya obesitas pada anak.

6. Terapi Pengobatan

Penyakit skorbut juga dapat disebabkan oleh terapi pengobatan medis tertentu. Yang membuat penyerapan vitamin C pada tubuh anak menjadi tidak maksimal. Akibatnya anak menjadi lebih mudah sakit dan mengalami gejala kekurangan vitamin C akut seperti skorbut. Untuk mengatasinya, sebaiknya seimbangkan dengan pola makan yang tinggi dan kaya vitamin C bagi tubuh anak.

Demikian beberapa penyebab skorbut pada anak. Dengan melakukan penanganan yang tepat, maka penyakit ini dapat disembuhkan secara cepat dan efektif. Salah satunya dengan memastikan pasokan zat gizi penting untuk tumbuh kemabang anak. Supaya anak tumbuh dengan kecukupan vitamin C dan dapat terhindar dari berbagai efek kekurangan vitamin C yang kurang baik bagi tumbuh kembang anak.

Sponsors Link
, , , , , , , , ,
Post Date: Saturday 10th, March 2018 / 06:00 Oleh :
Kategori : Skorbut