Sponsors Link

6 Penyebab Anoreksia pada Anak yang Sebaiknya Dihindari

Sponsors Link

Kondisi psikologis seperti misalnya penyebab anoreksia pada anak merupakan salah satu hal yang membutuhkan perhatian orang tua. Kondisi ini tidak hanya merusak pola pikir anak, tetapi juga menimbulkan efek pada kesehatan fisik anak. Oleh sebab itu hal demikian sebaiknya tidak disepelekan. Namun banyak orang tua masih tidak mengira bahwa bahaya anoreksia pada anak bisa terjadi pada semua anak-anak. Ini adalah suatu kondisi yang jarang terjadi. Walaupun demikian, tetap informasi tentang hal ini cukup penting untuk selalu diketahui. Bagi orang tua, sebagai informasi pelengkap, berikut in beberapa penyebab anoreksia pada anak yang sebisa mungkin harus dihindari.

ads

1. Obesitas

Anoreksia dapat terjadi pada anak dengan permasalahan bahaya obesitas pada anak. Kegemukan akan menyebabkan dokter menyarankan anak membatasi makanan. Namun di kemudian hari bisa jadi hal ini membuat anak memilih makanan tertentu dan takut menjadi gemuk kembali. Oleh sebab itu butuh penjelasan yang tepat tentang pola diet anak yang baik dan benar untuk menghindari resiko kondisi psikologis seperti anoreksia tersebut.

2. Diabetes Anak

Anak dengan kondisi diabetes melitus pada anak juga memiliki permasalahan yang sama dengan obesitas. Sehingga kebanyakan dokter akan menyarankan diet glukosa. Akibatnya anak terbiasa memiliki pola makan tertentu untuk mencegah masalah tersebut datang kembali. Namun pada prakteknya jika dibiarkan dapat membuat kondisi psikologis anak berubah menuju arah penyebab anoreksia pada anak. Karena itu diet pada anak-anak harus di bawah pengawasan ketat orang tua untuk memastikan kesehatan anak tetap optimal.

3. Masalah Pencernaan

Penyebab selanjutnya dapat terjadi karena gangguan dan masalah pada pencernaan. Misalnya anak yang mudah mengalami penyebab maag pada anak atau sakit perut. Akhirnya enggan untuk makan bermacam makanan dan pilih-pilih makanan. Tanpa disadari gizi yang diterima menjadi berkurang dan dapat beresiko mengalami anoreksia. Karena itu sebaiknya sembuhkan terlebih dahulu penyakitnya supaya kondisi anoreksia dapat dihindari lebih lanjut.

4. Kesehatan Mulut

Anak dengan kesehatan gusi dan mulut yang tidak maksimal bisa jadi akan malas untuk makan hingga badannya mengalami penurunan berat yang ekstrim. Oleh karena itu sebaiknya beritahukan cara mengajari anak menyikat gigi sejak dini. Selain itu selalu kontrol ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Jika masalah dengan kesehatan mulut sudah tidak ada, pastinya anak dapat makan segala jenis makanan dengan leluasa. Namun pastikan bahwa makanan yang dimakan sesuai batas porsi normal harian.

5. Gangguan Mental

Anak dengan jenis-jenis gangguan mental pada anak akan cenderung memiliki kebiasaan yang berbeda. Oleh karena itu jika mengalami gangguan mental maka kemungkinan terserang anoreksia kan lebih besar juga. Tindakan anak yang introvert dan autis bisa jadi membuat mereka membatasi aktifitas fisik termasuk dalam menerima asupan makanan ke dalam tubuh mereka.

6. Stres Pada Anak

Penyebab lainnya bisa karena anak mengalami stres. Bisa saja akibat beban dan tekanan pelajaran sekolah atau tekanan psikologis lainnya dari lingkungan. Oleh sebab itu sebaiknya usahakan anak untuk terhindar dari resiko stres pada anak supaya tidak timbul dampak lainnya.

Itulah beberapa penyebab anoreksia pada anak yang mungkin terjadi. Dengan memahami apa penyebabnya maka orang tua dapat memikirkan langkah berikutnya untuk mencegah kondisi tersebut semakin buruk. Sehingga kesehatan anak secara fisik tidak mengalami gangguan yang lebih parah, dan pertumbuhan anak tetap berjalan dengan optimal.

Sponsors Link
, , , , , , , , , ,
Post Date: Saturday 12th, May 2018 / 23:58 Oleh :
Kategori : Anoreksia
Doctors Talk

Kecanduan game & gadget bisa jadi momok bagi ibu, bahkan bisa membuat anak depresi dan bunuh diri, yuk kenali dan jangan lupa subscribe ya.