Sponsors Link

5 Penyebab Anak Tidak Percaya Diri yang Penting Diketahui Orang Tua

Sponsors Link

Karakter yang dimiliki anak sudah mulai terbentuk sejak usianya masih dini, karena itu jika orang tua ingin anaknya memiliki karakter yang bagus perlu tindakan untuk melatihnya sedari kecil. Salah satu karakter yang seharusnya ditanamkan pada diri anak sejak kecil yaitu rasa percaya diri. Pentingnya pendidikan karakter untuk anak dapat berguna hingga usianya dewasa nanti. Karena itu orang tua perlu memahami bagaimana cara melatih anak agar percaya diri maupun cara meningkatkan rasa percaya diri anak. Kesalahan dalam mendidik anak balita dapat memberikan dampak buruk terhadap pembentukan karakternya, bahkan menjadi penyebab anak tidak percaya diri. Selain itu, terdapat beberapa penyebab anak kurang percaya diri seperti berikut ini yang seharusnya dihindari para orang tua.

1. Anak Sering Dimarahi dan Diremehkan

Wajar bila orang tua memarahi anaknya ketika berbuat salah, namun perhatikan dimana seharusnya Anda boleh marah dan jelaskan pada anak apa yang membuatnya harus dimarahi. Memarahi anak tanpa alasan yang jelas akan membuat anak menjadi penakut sehingga ia tidak anak berani melakukan apapun karena takut dimarahi. Apalagi jika anak sering diremehkan, maka ia akan cenderung menahan diri dan tidak ingin melakukan sesuatu yang mungkin dapat menjatuhkannya.

2. Terlalu Dimanjakan atau Kurang Kasih Sayang

Baik terlalu memanjakan anak atau terlalu cuek dengan anak sama-sama dapat menyebabkan anak menjadi tidak percaya diri. Dampak buruk memanjakan anak, yaitu anak menjadi tidak dapat berusaha sendiri untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. Anak juga tidak pede jika melakukan sesuatu tidak didampingi orang tuanya. Begitu juga jika anak tidak mendapatkan cukup kasih sayang, ia akan merasa diasingkan dan kurangnya dukungan membuatnya tidak berani melakukan suatu kegiatan yang positif.

3. Sering Dilarang dan Mengalami Trauma

Jika anak sering dilarang dalam melakukan sesuatu, maka ia tidak akan dapat mengeksplorasi dan mengenali lingkungannya sehingga akhinrya ia tidak akan berani melakukan apapun. Sebaiknya biarkan anak melakukan apapun yang dapat menjawab rasa ingin tahunya asalkan tetap diawasi. Terlebih lagi jika anak pernah mengalami trauma terhadap suatu kegagalan maka biasanya anak akan menjadi tidak percaya diri di kemudian hari. Jadi sebaiknya terapkan cara mendidik anak agar mandiri sehingga ia bisa tampil lebih percaya diri.

4. Pola Asuh yang Kurang Tepat

Mengasuh anak memang bukan perkara mudah, salah mengambil tindakan dapat menyebabkan kegagalan dalam pembentukan karakter anak. Salah satu pola asuh yang salah adalah selalu menuruti keinginan anak dan membatasi anak bermain dengan temannya di luar rumah. Jika anak jarang bergaul bahkan dengan tetangganya, maka sangat wajar jika anak akhirnya menjadi pemalu dan tidak mampu menunjukkan kemampuan dirinya di depan orang lain.

5. Sifat Introvert pada Anak

Adakalanya sikap pemalu dan menutup diri sudah ada pada diri anak sejak ia lahir. Karakter seperti ini tentu lebih sulit diubah karena telah mengakar dalam dirinya sejak bayi. Namun jika orang tua mau berusaha, sikap introvert masih bisa diatasi dan secara perlahan dihilangkan dari diri anak. Jika orang tua dan keluarga cuek, maka sikap introvert akan terus ada dalam diri anak dan rasa percaya dirinya menjadi sulit untuk dibangkitkan.

Penyebab anak tidak percaya diri memang penting dihindari dari anak sejak kecil. Jika anak bisa dilatih untuk lebih percaya diri, maka ini akan berguna untuk dirinya di masa depan karena akan sangat berpengaruh terhadap prestasi akademik hingga perkembangan karirnya saat dewasa nanti.

Sponsors Link
, , , , , ,
Post Date: Wednesday 11th, April 2018 / 17:17 Oleh :
Kategori : Karakter