Sponsors Link

5 Penyebab Anak Susah Bersosialisasi yang Penting Diketahui

Sponsors Link

Setiap anak memang memiliki karakter yang berbeda-beda, untuk itulah orang tua seharusnya mengetahui cara mengenali karakter anak agar lebih mudah membentuk karakter baik dalam dirinya. Pentingnya pendidikan karakter untuk anak akan bermanfaat hingga ia dewasa, salah satu karakter yang diperlukan adalah kemampuan bersosialisasi. Sayangnya, banyak anak terutama di usia balita yang masih memiliki sifat pemalu bahkan kesulitan untuk bersosialisasi dengan lingkungannya. Hal ini dapat menjadi penyebab anak sering dibully sehingga sangat dibutuhkan cara mengatasi anak yang susah bersosialisasi. Sebagai langkah awal dari cara mengatasi anak yang sulit bergaul dan bersosialisasi, sangat penting untuk memahami apa saja yang menjadi penyebab anak susah bersosialisasi seperti berikut ini.

ads

1. Kepribadian Introvert

Introvert merupakan kepribadian yang tertutup dan membuat anak sulit membuka diri dengan orang lain, artinya hal ini memang sudah ada dalam diri anak. Meski begitu tetap ada cara yang dapat dilakukan untuk meminimalisir efek dari sifat introvert anak. Salah satu yang perlu dilakukan adalah dengan memberikan anak terapi dengan bantuan therapist. Memang adakalanya sifat ini dapat hilang sendiri seiring bertambahnya usia, namun ada pula yang terbawa hingga dewasa. Dengan pemberian terapi sifat ini akan hilang lebih cepat dan anak bisa segera belajar untuk bersosialisasi.

2. Anak Mengalami Fobia Sosial

Fobia sosial merupakan kondisi psikis anak yang merasa takut dengan lingkungan dan orang-orang di sekitarnya. Hal ini bisa muncul dalam diri anak karena adanya trauma yang dialami di masa lalu, seperti sering dibully dan mendapat hinaan dari teman-temannya. Akibat dari sikap orang lain yang sering kali buruk terhadapnya, akhirnya anak menjadi takut untuk bersosialisasi untuk menghindari kondisi yang sama.

3. Anak Kurang Percaya Diri

Rasa kurang percaya diri yang dimiliki anak umumnya dikarenakan dukungan orang tua yang minim, sering dibanding-bandingkan dan kurang dihargai. Hal ini dapat memicu anak menjadi sulit bersosialisasi karena ia sudah merasa minder duluan sebelum menyapa teman-temannya. Untuk mengatasinya, tentu saja peran orang tua sangat penting dalam mencari tahu penyebab anak kurang percaya diri. Jika sudah tahu penyebabnya, lakukan cara meningkatkan rasa percaya diri anak dan cara mengatasi anak yang pemalu dan minder agar bisa lebih berani.

4. Sering Sendirian

Bagaimana anak bisa bersosialisasi jika orang tua lebih banyak membiarkan anak menghabiskan waktu sendirian? Kebiasaan bermain gadget dan membatasi anak bermain di luar dapat membuat anak akhirnya lebih menikmati waktu sendirian dan jarang berinteraksi dengan orang lain. Jika ingin anak mudah bersosialisasi, sering-seringlah mengajak anak ke taman dan bermain bersama temannya. Hindari pula anak bermain gadget, karena selain membuatnya duduk terlalu lama dan mengganggu kesehatannya, anak jadi malas untuk berinteraksi dengan orang lain.

5. Mengalami Gangguan Emosional

Anak yang cenderung mengalami gangguan emosional dan tidak mampu mengontrol perasaannya juga cenderung lebih sulit untuk bersosialisasi. Hal ini dikarenakan saat ia bermain bersama teman dan emosinya meluap-luap, teman-temannya akan menjauhinya sehingga anak menjadi tidak punya teman. Dukungan orang tua sangat dibutuhkan untuk membantu anak lebih mudah mengendalikan emosinya dan membantunya untuk menjalin hubungan baik dengan orang lain.

Itulah penyebab anak sulit bersosialisasi yang sebaiknya diketahui orang tua. Dengan pemahaman yang benar dan cepat diatasi, sikap tersebut dapat diubah dan secara perlahan anak akan belajar untuk bisa lebih terbuka pada orang lain. Mengajarkan anak untuk mudah bersosialisasi memang tidak mudah, namun dengan kesabaran dan konsisten, anak akan mampu menghilangkan kesulitannya untuk bergaul dengan orang lain.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , , , , ,
Post Date: Friday 04th, May 2018 / 05:28 Oleh :
Kategori : Karakter