Sponsors Link

8 Penyebab Anak Sering Lupa yang Harus Dihindari

Sponsors Link

Ada beberapa hal yang tanpa disadari dapat menjadi penyebab anak sering lupa. Padahal anak dalam masa pertumbuhan seharusnya memiliki daya ingat yang maksimal. Oleh sebab itu telusuri apa yang menjadi penyebabnya dan atasi sesuai penyebab tersebut. Supaya daya ingat anak dapat kembali optimal dalam belajar memikirkan atau mengingat sesuatu. Hal ini sangat penting terutama bagi anak di usia sekolah. Oleh karena itu sebaiknya segera ketahui apa saja yang menjadi penyebab anak sering lupa berikut ini:

ads

1. Kurang Protein

Salah satu penyebab yang sangat mungkin yaitu anak kurang mendapat asupan protein yang cukup. Oleh karena itu sebaiknya jangan lupa memberikan menu jenis makanan yang mengandung protein tinggi untuk anak. Berikan berbagai macam menu seperti daging dan ikan laut yang mengandung sumber protein terbaik untuk anak. Supaya daya ingat anak lebih meningkat dan anak mudah dalam menghapal sesuatu yang baru diterimanya.

2. Kurang Vitamin

Anak yang gampang lupa bisa jadi karena kurang vitamin. Oleh sebab itu berikan berbagai manfaat buah untuk anak yang kaya akan vitamin secara alami. Jika memungkinkan ikuti pula saran dokter untuk memberikan multivitamin yang tersedia di apotik maupun toko obat. Pilih yang paling sesuai untuk anak dan pilih juga yang mengandung DHA maupun minyak ikan untuk daya ingat anak yang maksimal.

3. Susah Konsentrasi

Penyebab anak sering lupa berikutnya yaitu bisa jadi karena susah konsentrasi. Karena itu ketahui cara meningkatkan konsentrasi anak dengan maksimal. Sehingga dengan demikian anak akan lebih mudah dalam menghapal sesuatu dan mempelajari hal baru. Konsentrasi yang tinggi dibutuhkan terutama dalam proses belajar mengajar anak di sekolah. Hal ini juga memicu anak memiliki prestasi yang lebih baik dan termasuk salah satu cara mengasah bakat anak.

4. Malas

Salah satu penyebab anak yang sering melupakan sesuatu bisa jadi karena malas. Terutama jika lupa akan pelajaran yang diterima di sekolah. Kecerdasan anak otomatis tertutup rasa malas pada anak yang lebih memilih menonton televisi atau main game. Karena itu hindari dampak negatif bermain game untuk anak yang berlebihan. Selain itu segera atasi dengan cara mendidik anak yang malas belajar.

5. Kurang Tidur

Menurunnya daya ingat anak bisa jadi karena kurang tidur. Akibatnya anak mengantuk dan lelah saat di pagi hari. Bisa saja ini juga merupakan efek positif dan negatif televisi bagi pertumbuhan anak. Karena itu jangan biarkan anak menonton televisi hingga larut malam dan berikan waktu tertentu dimana anak harus tidur malam.

6. Stres

Anak bisa jadi mudah lupa karena stres. Oleh sebab itu sebaiknya hindari stres pada anak dengan jalan membiarkan anak bermain sesuai waktunya.

7. Flu

Perhatikan apa anak sedang sakit atau tidak. Karena sakit flu biasanya membuat daya ingat anak menurun. Karena itu jika anak sedang sakit segera berikan minum yang banyak dan makanan sehat untuk tumbuh kembang anak supaya anak segera sembuh dan daya ingatnya meningkat kembali.

8. Anemia

Penyebab anak menjadi pelupa berikutnya bisa karena anemia pada anak. Karena itu pastikan kebutuhan zat besi anak tercukupi untuk menghindari resiko anemia pada anak.

Itulah beberapa penyebab anak sering lupa yang banyak terjadi. Oleh karena ada berbagai macam penyebab sebaiknya ketahui dengan jelas. Sehingga penanganan yang dilakukan juga bisa lebih tepat. Dengan demikian maka daya pikir dan daya ingat anak lebih optimal.

Sponsors Link
, , , , , , , , ,
Post Date: Sunday 15th, April 2018 / 02:13 Oleh :
Doctors Talk

Kecanduan game & gadget bisa jadi momok bagi ibu, bahkan bisa membuat anak depresi dan bunuh diri, yuk kenali dan jangan lupa subscribe ya.