Sponsors Link

6 Penyebab Anak Sering Berbohong Kepada Orang Tua

Sponsors Link

Adakalanya anak-anak tidak jujur terhadap orang tua. Kadang mereka seakan menyembunyikan sesuatu. Tentu saja menjadi suatu pertanyaan, apa yang menjadi penyebab anak sering berbohong. Bisa jadi masalah psikologis, bisa jadi karena tuntutan, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, hal ini menjadi perhatian penting para orang tua agar anak selalu jujur kepada siapa saja. Sehingga, sebaiknya cukup perlu untuk memahami anak. Berikut ini penyebab anak sering berbohong kepada orang tua:

1. Karakter Dasar

Beberapa anak terlahir dengan karakter yang kurang baik. Biasanya karena didikan orang tua yang juga demikian. Oleh sebab itu pentingnya pendidikan karakter untuk anak termasuk untuk membiasakan anak memiliki karakter yang baik. Selanjutnya yang terpenting juga cara membuat anak lebih terbuka kepada orang tua. Sehingga anak akan terbiasa jujur dan memahami mana karakter yang baik dan yang tidak. Peranan orang tua, guru dan keluarga disini tentu sangat penting. Karena pendidikan dini pastinya dimulai dari sekitar anak.

2. Ketakutan

Anak bisa jadi berbohong karena ada rasa ketakutan. Terutama umumnya karena merasa takut dimarahi jika melakukan suatu kesalahan. Oleh sebab itu berikan beberapa cara mengatasi rasa takut pada anak. Misalnya dengan menanamkan keberanian pada diri anak. Termasuk keberanian untuk berkata jujur. Apabila ada trauma yang terjadi, segera cari cara efektif mengatasi trauma pada anak. Supaya di kemudian hari anak enggan untuk berbohong lagi dan berusaha jujur pada orang tuanya.

3. Pengaruh Lingkungan

Penyebab anak sering berbohong bisa jadi karena faktor lingkungan. Misalnya karena melihat temannya yang sering berbohong. Atau bahkan yang paling buruk karena orang tua yang secara tidak langsung mengajarkan anak untuk berbohong. Oleh sebab itu beritahu anak untuk memilih teman yang sesuai. Termasuk teman yang baik dan jujur. Bila berkawan dengan anak yang jujur, umumnya karakter anak juga dapat berubah lebih baik dan tidak suka berbohong lagi.

4. Sering Disalahkan

Anak bisa jadi berbohong karena sering disalahkan. Akibatnya anak berbohong daripada menjadi bahan untuk disalahkan. Oleh sebab itu sebaiknya jangan membentak anak, karena efek pada mental anak yang sering dibentak bisa membuat anak cemas dan akhirnya memilih untuk berbohong agar tidak dimarahi. Pahami beberapa cara mengatasi anak yang suka berbohong supaya anak lebih mudah untuk berkata jujur.

5. Kebiasaan

Anak yang berbohong bisa karena kebiasaan. Oleh sebab itu jangan sampai terjadi penyebab anak menjadi keras kepala dan penyebab anak melawan orang tua. Karena demikian dapat membuat anak susah diatur atau menurut. Contohkan kebiasaan yang baik supaya anak meniru melakukan apa yang baik. Contohnya dalam hal kejujuran. Sehingga anak mau untuk taat dan jujur pada orang tua di kemudian hari.

6. Rasa Iri

Bisa jadi anak bohong karena iri entah pada saudara maupun temannya yang terlihat lebih baik dari dirinya. Akibatnya anak sering membual dan berbohong tentang keadaannya. Sebaiknya beritahu anak untuk selalu jujur apa adanya. Pahami cara meingkatkan rasa percaya diri anak. Karena jika demikian anak tidak akan merasa perlu untuk berbohong.

Demikian beberapa penyebab anak sering berbohong kepada orang tua. Sebaiknya pahami karakter anak dengan baik. Dengan demikian akan mudah mencari penyebabnya. Apabila telah memahami dengan benar maka hubungan antara anak dengan orang tua akan lebih harmonis.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , , ,
Post Date: Sunday 17th, December 2017 / 08:15 Oleh :
Kategori : Karakter