Sponsors Link

7 Penyebab Anak Melawan Orang Tua

Sponsors Link

Anak yang suka melawan orang tua termasuk anak durhaka dan biasanya akan dihukum ketika ia meninggalkan dunia. Mengapa? Karena pada dasarnya orang tua itu untuk disayangi, bukan untuk dilawan. Jika diteliti lebih dalam, ada sebab-sebab mengapa si anak suka melawan orang tua dan menjadi pembangkang. Apa saja penyebabnya dan bagaimana cara mendidik anak yang suka membantah? Simak poin-poinnya di bawah ini.

ads
  1. Anak Terlalu Dimanjakan

Anak yang terlalu dimanjakan akan tumbuh menjadi anak yang keras dan suka melawan. Kebiasaan selalu menuruti kemauan anak akan membuatnya membangkang dan mudah marah, apalagi saat keinginannya tidak dipenuhi. Kemarahannya akan diluapkan dengan kata-kata kasar, perbuatan tidak sopan, dan bentuk protes. Kalau sudah seperti ini, maka ajarkan pentingnya sopan santun pada anak.

  1. Orang Tua yang Otoriter

Anak memang butuh dibimbing oleh orang tua. Namun, cara mengajarkan disiplin pada anak secara berlebihan malah membuat si anak suka melawan. Apalagi orang tua memaksakan kehendaknya untuk dipatuhi dan dituruti oleh anaknya. Adanya keinginan yang bertentangan membuat si anak jelas marah. Sebagai orang tua, sebaiknya beri kebebasan kepada anak. Biarkan dia memilih apa yang terbaik dalam hidupnya. Namun, masih berada di dalam jangkauan. Sebisa mungkin orang tua juga mengawasi dan mengamati perilaku si anak agar tidak menyimpang.

  1. Lingkungan yang Tidak Baik

Seiring berjalannya waktu, anak akan tumbuh menjadi dewasa sesuai dengan tahapan perkembangan bermain anak. Ada fase dalam hidup ketika si anak mulai mencoba untuk menemukan jati dirinya. Pada situasi ini, si anak juga cenderung memilih untuk bergaul dengan siapa saja yang dianggapnya asik. Namun, jangan sampai si anak masuk ke lingkungan pergaulan yang salah. Jika ternyata lingkungan tempat tinggal Anda tidak baik, lebih baik mengisi waktu luang si anak dengan kegiatan positif. Seperti, ekstrakurikuler, les musik, les Bahasa Inggris, dan lain-lain yang bermanfaat bagi masa depannya.

  1. Orang Tua Kurang Pengertian

Orang tua yang tidak pengertian kepada anak akan menimbulkan malapetaka. Kurangnya perhatian ini bisa ditunjukkan saat orang tua memberikan uang jajan kepada anak. Ketika si anak meminta uang jajan lebih untuk membeli kebutuhannya, orang tua malah marah dan curigaan. Sikap ini tidak disukai anak dan membuatnya akan protes, marah, dan melawan. Lagipula siap yang suka jika perkataan jujur dinilai bohongan? Baca : manfaat makan bersama keluarga – cara mengajarkan anak tentang uang

  1. Timing yang Tidak Tepat

Ada saja saat dimana orang tua membutuhkan bantuan anak untuk mengerjakan sesuatu. Misalnya, menyuruh anak membeli gula di warung. Namun, menyuruh anak untuk mengerjakan ini dan itu harus dilakukan pada waktu yang tepat. Artinya suruhlah dia ketika ia sedang tidak ada kerjaan atau sedang santai. Apabila Anda menyuruh anak pergi ke warung saat ia lelah atau mengerjakan PR, otomatis si anak akan marah. Baca : efek positif dan negatif televisi bagi pertumbuhan anak – dampak negatif bermain game untuk anak – bahaya bermain game untuk anak

  1. Kurangnya Bimbingan Orang Tua

Terbukti sudah kalau anak yang kurang bimbingan akan tumbuh menjadi anak yang pembangkang. Kurangnya bimbingan ini biasanya disebabkan karena orang tua yang terlalu sibuk bekerja. Sehingga anak menjadi kurang terdidik dan tidak sopan. Kalau sudah seperti ini, si anak akan tumbuh menjadi anak yang egois, keras kepala, dan suka melawan. Baca : cara membuat anak lebih terbuka kepada orang tua – cara jitu mengatasi anak yang cengeng dan manja – manfaat liburan untuk anak

  1. Hubungan yang Tidak Harmonis

Hubungan yang tidak harmonis terjadi karena adanya cekcok di dalam sebuah keluarga. Misalnya, orang tua yang bercerai. Kasus perceraian orang tua akan membuat anak merasa terpukul. Apalagi jika anak seringkali mendengar kedua orang tuanya bertengkar. Bahkan mengeluarkan kata-kata yang tidak boleh diucapkan orang tua kepada anak. Maka si anak akan tumbuh menjadi anak yang suka melawan.

Pentingnya pendidikan anak usia dini merupakan suatu keharusan. Agar anak tumbuh menjadi anak yang baik dan santun, didiklah dengan cara yang benar. Juga hindari 7 poin penyebab anak suka melawan orang tua di atas.

Sponsors Link
, , , , , , , , , ,
Post Date: Thursday 26th, October 2017 / 04:01 Oleh :
Kategori : Parenting
Doctors Talk

Bolehkah susu kental manis dikonsumsi anak anak ? Simak penjelasan dr. Retno Kuntarti, Sp.GK, spesialis gizi berikut ini.