Sponsors Link

5 Penyebab Anak Introvert dalam Pergaulan

Sponsors Link

Setiap anak dilahirkan dengan kepribadian unik mereka sendiri dan sebagai orang tua, kita memiliki tugas untuk mengawasi pertumbuhan mereka, berkembang, dan mengasuh anak. Akan tetapi kepribadian anak yang berbeda memerlukan tipe pengasuhan yang berbeda pula, dan apabila Anda memiliki anak yang introvert, maka pengasuhan tersebut juga mungkin akan menjadi sedikit kompleks. Dalam dunia dimana orang yang ekstrovert hanya sedikit, akan  sulit untuk mengasuh seorang anak.

Tentunya setiap orang tua melakukan yang terbaik untuk mempersiapkan anak agar dapat menghadapi kehidupan dengan sukses. Walaupun demikian, terkadang teknik-teknik parenting tidak dapat mengubah pembawaan dasar seorang anak. Jika anak pada dasarnya merupakan seorang yang introvert, tips pengasuhan seperti apapun tidak akan mengubahnya. Anak yang introvert seringkali disalah artikan sebagai anak yang pemalu, namun kedua hal itu tidak sama. Orang tua mungkin melihat bahwa anak terlihat tidak bersosialisasi sebanyak anak lain, dan mereka harus mengetahui cara mengenali karakter anak untuk dapat mengetahui penyebabnya.

Mengapa Anak Introvert

Anak mungkin memilih untuk menghabiskan waktu sendiri dengan membaca atau melakukan aktivitas individual lainnya daripada tertarik untuk berteman dengan anak lainnya. Beberapa penyebab anak introvert sehingga tampak pemalu adalah sebagai berikut:

1. Anak memiliki pola pikir yang berbeda

Ini adalah penyebab anak introvert paling sederhana. Ketika orang lain dapat mengungkapkan pikirannya dengan sederhana, anak introvert akan berpikir seribu kali untuk mengeluarkan pendapatnya. Mereka tidak ingin melakukan kesalahan, mencemaskan reaksi orang lain terhadap pendapat mereka dan bagaimana resikonya.

2. Anak bersifat merendah

Penyebab anak introvert lainnya adalah karena ia sebenarnya memiliki sifat merendah. Mereka tidak ingin menunjukkan kelebihan diri mereka dan lebih suka berada di belakang layar. Hal ini juga bisa menunjukkan bahwa anak mungkin kekurangan rasa percaya diri dan orang tua perlu mencari penyebab anak tidak percaya diri tersebut.

3. Sifat turunan

Sifat-sifat orang tua sedikit banyak dapat diturunkan kepada anak, termasuk sifat introvert. Faktor keturunan bisa membuat penyebab anak introvert. Mungkin saja salah satu orang tuanya memiliki sifat introvert dan anak juga dapat memiliki ciri-ciri anak introvert tersebut karena gen yang diturunkan dari orang tuanya. Sifat introvert yang didapatkan karena keturunan inilah yang sulit diubah oleh orang tua, dan hanya bisa melakukan bimbingan agar sifat ini tidak merugikan anak serta orang lain.

4. Pengaruh lingkungan

Lingkungan juga berperan penting dalam pembentukan karakter dan sifat seseorang, termasuk anak yang introvert. Lingkungan dapat menjadi penyebab anak susah bersosialisasi. Misalnya lingkungan keluarga yang tidak harmonis, teman-teman yang selalu membully, orang tua yang selalu mengkritik apapun yang dilakukan anak,guru yang tidak pernah memberi penghargaan,  dan lain sebagainya.

5. Trauma

Penyebab anak introvert bisa juga karena ia mengalami trauma terhadap lingkungannya sehingga menutup diri. Trauma tersebut bisa berupa tindak kekerasan, bullying, pelecehan dan lain sebagainya. Anak menjadi introvert untuk melindungi dirinya dari trauma tersebut. Ini adalah penyebab yang paling perlu untuk ditindak lanjuti oleh orang tua dan orang dewasa lain di sekitar anak, bahkan jika perlu melibatkan pihak berwajib. Ketahuilah bagaimana cara mengatasi anak sensitif, cara mengatasi anak yang pemalu dan minder, juga cara mengatasi anak yang sulit bergaul.

Sifat introvert yang terjadi karena faktor genetik bukanlah hal yang buruk, namun jika anak yang tadinya periang berubah menjadi introvert, itulah hal yang harus Anda waspadai. Hal yang terpenting untuk menangani penyebab anak introvert adalah jika orang tua dapat berperan untuk mendukung kepribadian introvert anak. Jangan pernah memaksa anak untuk menjadi orang lain yang lebih terbuka, jika hal itu memang tidak mungkin. Orang tua perlu berperan aktif untuk meningkatkan rasa percaya diri anak introvert agar mereka dapat merasa lebih nyaman dengan lingkungannya.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , ,
Post Date: Friday 10th, August 2018 / 03:53 Oleh :
Kategori : Karakter