Sponsors Link

4 Penyebab Anak Dikucilkan dalam Pergaulan

Sponsors Link

Kebanyakan orang memandang bullying sebagai konflik tatap muka dan mengabaikan bentuk bully lainnya seperti kekasaran, pemukulan, ejekan dan hinaan serta pengucilan. Tipe bullying pengucilan membuat seorang anak ditolak secara sosial, dikecualikan dari lingkungannya dan diasingkan oleh anak-anak lain. Jenis bullying ini menjadi semakin jelas ketika anak masuk ke sekolah menengah, dan merupakan suatu kondisi yang sangat menantang bagi anak-anak. Dikucilkan menyebabkan banyak perasaan sakit hati, khususnya pada waktu ketika hubungan pertemanan sangat penting bagi seorang anak. Mereka yang dikucilkan tidak hanya menderita secara emosional, melainkan juga menderita secara akademis. Jika seorang anak tumbuh dewasa dengan perasaan tidak berharga, ditolak atau tidak bernilai sebagai manusia, hal itu akan menimbulkan banyak sekali masalah pada kepribadiannya kelak.

Mengapa Anak Mengalami Pengucilan

Pengucilan merupakan salah satu masalah yang masih perlu diatasi dalam lingkup pergaulan anak dan remaja, bahkan orang dewasa. Pada anak-anak, pengucilan akan memberikan efek lebih besar lagi bagi tumbuh kembangnya. Orang tua perlu mengetahui penyebab anak dikucilkan agar dapat menelaah persoalannya dengan lebih seimbang, agar dapat membantu memberikan jalan keluar pada anak yang dikucilkan tersebut. Penyebab anak dikucilkan antara lain:

1. Anak canggung secara sosial

Tidak semua anak memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan mudah pada lingkungan barunya. Beberapa anak membutuhkan waktu lebih lama untuk dapat berbaur dengan lingkungan dan teman-temannya. Hal ini bisa dianggap tidak sesuai bagi anak lain yang sudah lebih dulu bergabung dan bergaul bersama, sehingga anak baru yang masih canggung dalam pergaulan tidak akan dianggap ada. Ketahuilah juga cara berkomunikasi dengan anak remaja, cara mendidik anak usia 5 tahun, cara meningkatkan rasa percaya diri anak dan penyebab anak tidak percaya diri.

2. Perilaku anak negatif

Anak yang berperilaku negatif juga beresiko dikucilkan oleh teman-temannya. Penyebab anak dikucilkan salah satunya karena perilakunya tidak membuat teman-temannya nyaman. Misalnya, ia suka mengejek, tidak mau berbagi, kerap berlaku kasar, dan lain sebagainya sehingga kehilangan simpati dari teman-temannya. Usahakan untuk mengenal perkembangan psikologi anak remaja agar dapat meminimalkan perilaku negatif anak dalam pergaulan, faktor penyebab kenakalan remaja dan juga sebagai cara mengatasi anak remaja yang sering keluyuran.

3. Anak tampak berbeda

Dalam lingkungan pergaulan, perbedaan seringkali tidak disambut dengan baik. Orang lebih nyaman dengan perilaku yang seragam, umum dan biasa daripada perilaku yang berbeda yang membuat seseorang menonjol daripada yang lainnya. Misalnya, jika anak Anda adalah seorang yang unik, selalu mempunyai ide dan pandangan yang berbeda dari semua temannya, kemungkinan ia mengalami pengucilan karena teman-temannya tidak tahu bagaimana harus menghadapinya.

4. Memiliki kekurangan fisik

Mungkin saja penyebab anak dikucilkan karena ia tidak memiliki ciri-ciri fisik yang tidak menonjol atau tidak sama dengan anak lain. Misalnya ia mengalami kegemukan atau obesitas, memakai kacamata, memiliki cacat fisik, tidak cantik, dan lain sebagainya yang bisa dilihat secara kasat mata pada fisik anak. Kekurangan pada fisik anak itu akan membuatnya menjadi berbeda dengan kebanyakan anak lain, dan membuat anak lain tidak ingin bergaul dengannya karena tidak memahami kondisinya.

Apapun penyebab anak dikucilkan, yang bisa berasal dari perilaku negatif anak sendiri atau karena lingkungannya yang tidak mendukung, tidak ada satupun anak yang pantas dikucilkan. Anak-anak berperilaku sebagai hasil didikan orang tuanya. Karena itulah sudah menjadi tugas orang tua untuk memastikan bahwa anak tidak akan kesulitan untuk bergaul secara sosial, dan juga tidak mengucilkan siapapun yang dirasa tidak cocok dengan diri mereka. Apabila ada anak-anak yang dikucilkan atau yang mengucilkan, maka yang pantas ditelaah adalah bagaimana pola asuh yang diterapkan oleh orang tuanya yang dapat membentuk asal muasal penyebab anak dikucilkan.

 

Sponsors Link
, , , , , , , , , , , , ,
Post Date: Saturday 30th, June 2018 / 06:41 Oleh :
Kategori : Parenting