Sponsors Link

Pentingnya Pendidikan Agama untuk Anak Usia Dini

Sponsors Link

Masalah pendidikan bagi anak memang sudah menjadi kewajiban orang tua untuk memperhatikannya, bukan hanya mengenai pendidikan yang didapatkan anak di sekolah namun pendidikan agama pun tak boleh dikesampingkan. Pentingnya pendidikan agama untuk anak harus menjadi yang utama barulah diikuti pentingnya pendidikan moral untuk anak dan pentingnya pendidikan karakter untuk anak. Saat ini memang anak-anak mudah sekali terjerumus ke dalam pergaulan bebas atau perbuatan jahat, padahal terkadang mereka belum sepenuhnya mengetahui bahwa apa yang mereka lakukan tidaklah benar.

ads

Hal tersebut dikarenakan kurangnya peran orang tua dalam membentengi anak dan memberikan pendidikan baik agama maupun moral sehingga anak tidak tahu mana yang benar dan salah. Karena itu pendidikan agama sangat penting diberikan terutama saat anak masih berusia dini atau balita. Pentingnya pendidikan anak usia dini akan membentuk karakter yang kuat serta menjadikan anak berbudi pekerti baik. Adapun pentingnya pendidikan agama untuk anak yaitu sebagai berikut.

1. Anak Akan Mengenal dan Dekat dengan Tuhannya

Bagaimana jadinya jika anak tidak mengenal Tuhannya, tentu sikapnya akan melenceng jauh dari apa yang telah dianjurkan dalam ajaran agamanya. Jika anak mendapat pendidikan agama sejak usia dini, tentu ia akan belajar bahwa di dunia ini ada yang ia sembah, ada yang mengatur alam semesta, dan mengawasi setiap perbuatan makhluk di bumi. Jadi dengan perasaan yang selalu diawasi, ia akan lebih berhati-hati dalam bertingkah laku. Ia akan belajar untuk melakukan perbuatan baik dan takut berbuat jahat karena yakin ada yang melihat perbuatannya yaitu Tuhannya.

2. Membentuk Karakter yang Baik

Agama itu mencakup segala aspek dalam kehidupan. Pendidikan moral, karakter dan sebagainya pada anak pada dasarnya ada dalam ajaran agama yang ia yakini. Dengan menanamkan nilai agama pada anak, tentu ia akan memiliki sikap yang lebih bijak, selalu berbuat baik, bertanggung jawab, peduli dengan orang lain dan suka menolong. Bahkan anak akan merasa sungkan untuk berbohong atau berbuat nakal dengan temannya karena sesuai dengan ajaran yang ia dapatkan bahwa berbuat baik akan membuatnya mendapatkan pahala. Sebaliknya, dengan berbuat jahat ia akan tahu dosa akan menantinya yang tentu saja jika manusia banyak dosa akan mendapat hukuman dari Tuhan.

3. Sebagai Benteng untuk Melindungi Anak

Pelajaran agama baik yang didapat anak dari rumah maupun sekolah sangatlah berguna untuk membatasi pergaulan anak. Dalam agama pasti diajarkan mana perbuatan yang baik dan mana yang buruk, sehingga ia akan belajar bahwa tidak semua yang ada di lingkungannya pantas untuk dicontoh. Jika ada teman atau orang lain yang ingin mempengaruhinya dalam pergaulan bebas, anak pun tidak akan langsung ikut karena ia mengetahui apa dampak dari tindakan tersebut dan jika ia mengikutinya akan ada konsekuensi yang harus ia terima. Jadi ia tidak mudah dibujuk atau terjerumus dalam pergaulan bebas tersebut. Hal ini juga bisa tercapai dengan melakukan cara membuat anak lebih terbuka kepada orang tua.

Itulah pentingnya pendidikan agama untuk anak, yang seharusnya menjadi titik fokus para orang tua. Selain nilai agama, juga diperlukan cara menanamkan nilai moral pada anak agar pembentukan karakter anak semakin kuat. Tentunya orang tua harus tahu cara menegenali karakter anak agar lebih mudah menerapkan cara bijak menasehati anak balita. Dengan begitu orang tua akan lebih mudah menanamkan pendidikan agama pada anak sejak ia masih kecil.

Sponsors Link
, , , , , ,
Post Date: Saturday 14th, April 2018 / 15:52 Oleh :
Kategori : Pendidikan