Sponsors Link

6 Manfaat dan Tips Mengenal Kepribadian Anak Sejak Dini

Sponsors Link

Kepribadian setiap anak pasti berbeda-beda, bahkan anak yang memiliki saudara kandung hingga saudara kembar juga akan berkepribadian berbeda. Karena itu, penting sekali bagi orang tua untuk mengenal kepribadian anak sejak dini agar dapat memahami bagaimana karakter anak sehingga lebih mudah mengarahkannya ke hal yang positif. Cara mengenali karakter anak memang tidak mudah, dan orang tua perlu banyak belajar agar dapat memahami bagaimana sifat dan karakter anak yang sesungguhnya. Jika orang tua tidak mengenal kepribadian anak, maka kesalahan dalam mendidik anak balita mungkin akan terjadi.

ads

Manfaat Mengenal Kepribadian Anak Sejak Dini

Tentunya akan ada banyak manfaat yang akan orang tua rasakan jika dapat mengenali kepribadian anak sejak usianya yang masih kecil. Manfaat tersebut antara lain sebagai berikut.

  • Orang tua lebih paham bagaimana seharusnya memperlakukan anak-anak mereka, yang disesuaikan dengan kepribadiannya sehingga tumbuh kembang anak menjadi lebih terarah.
  • Pembentukan karakter akan menjadi lebih terarah, juga dapat membantu orang tua dalam memutuskan pentingnya pendidikan anak usia dini dan layanan lainnya demi masa depan anak.
  • Orang tua dapat lebih fokus dalam memberikan fasilitas, program, stimulasi maupun pengalaman bagi anak yang tentunya sesuai dengan kepribadian dan karakternya.
  • Orang tua mampu membimbing dan mendidik anak serta mengarahkannya ke sikap yang lebih positif dengan cara bijak menasehati anak balita, sehingga perkembangannya akan menjadi positif pula.
  • Orang tua juga lebih mudah mengembangkan potensi anak yang belum tergali dengan cara jitu mengenali bakat anak sehingga keterampilan anak akan semakin terasah.
  • Anak lebih mudah dalam melakukan proses belajar mengajar, karena orang tua dapat memenuhi setiap kebutuhan anak dan anak merasa nyaman dengan perhatian orang tua yang tepat.

Tips Mengenal Kepribadian Anak Sejak Dini

Nah, setelah kita mengetahui manfaatnya, tentu perlu juga diketahui bagaimana tips dan cara yang tepat dalam mengenal kepribadian anak sejak usia dini atau balita, untuk menentukan pentingnya pendidikan karakter untuk anak. Tips yang baik adalah sebagai berikut.

  1. Sering-seringlah mengawasi anak saat mereka beraktivitas atau bermain, terutama jika usianya masih di bawah 5 tahun.
  2. Perhatikan apakah anak termasuk tipe pendiam, pemalu, aktif, banyak cerita, ramah atau penakut. Dengan pengamatan yang berulang tentu orang tua akan mampu mengidentifikasi bagimana sifat anak saat ia berinteraksi dengan orang lain.
  3. Jika sudah diketahui bagaimana biasanya anak bersikap dan seperti apa kepribadiannya, maka pilihlah stimulasi dan dorongan dalam bentuk apapun yang dapat membantu membentuk karakter anak ke arah positif.
  4. Berdasarkan sikap anak tersebut, kita dapat memilih permainan aa yang bagus baginya, yang dapat merangsang perkembangan motorik, sensorik sekaligus intelegensinya.
  5. Meski anak memiliki kebebasan untuk beraktivitas, orang tua tetap perlu memberikan batasan mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Hal ini akan menjadi cara mengajarkan disiplin pada anak dan mengatasi penyebab anak menjadi keras kepala.
  6. Jika perlu, ajak anak berinteraksi dengan orang lain sesering mungkin, dengan cara membawanya bermain di taman atau berkunjung ke rumah teman dan saudara. Jika anak termasuk supel, maka ia akan lebih mudah beradaptasi. Namun jika anak pemalu sebaiknya kenalkan secara perlahan hingga anak mulai terbiasa dan akhirnya dapat menyesuaikan diri.

Mengenal kepribadian anak sejak dini memang bukan perkara mudah. Orang tua harus kritis dan keratif agar dapat mengenal anak lebih dekat, sehingga karakter anak akan terbentuk dengan baik. Hal ini juga akan membuat anak lebih dekat dengan orang tua, karena ia merasa orang tuanya selalu perhatian dan memahami seluk beluk dalam dirinya.

Sponsors Link
, , , , , , , ,
Post Date: Monday 11th, June 2018 / 07:53 Oleh :
Kategori : Karakter
Doctors Talk

Kecanduan game & gadget bisa jadi momok bagi ibu, bahkan bisa membuat anak depresi dan bunuh diri, yuk kenali dan jangan lupa subscribe ya.