Sponsors Link

Mengajarkan Manfaat Menabung untuk Anak Sejak Dini

Sponsors Link

Mengajarkan anak menabung sejak dini merupakan kebiasaan baik yang sangat perlu untuk ditanamkan. Menabung tidak hanya membuat anak dapat memiliki uang simpanan sendiri namun ada beberapa manfaat lainnya yang dapat dirasakan dengan membiasakan anak menabung. Cara mengajarkan anak menabung termasuk salah satu pentingnya pendidikan karakter untuk anak, dan hal ini dapat mencegah dampak buruk memanjakan anak. Di samping membiasakan anak menabung, orang tua juga perlu menerapkan cara mengajarkan anak tentang uang, bagaimana sebaiknya uang digunakan dan apa manfaatnya jika anak rajin menabungnya sedikit demi sedikit. Nah, berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa diajarkan oleh orang tua sehingga kebiasaan menabung dapat tertanam dalam diri anak.

ads

1. Belajar Merencanakan Keuangan

Jika anak meminta dibelikan sesuatu, cobalah untuk memintanya mengumpulkan uang terlebih dahulu sebelum membelinya. Ajarkan anak agar mereka menyisihkan sebagian uang jajan harian mereka, agar saat terkumpul nanti mereka dapat membeli apa yang mereka inginkan. Dengan kondisi seperti itu, anak akan belajar bagaimana menentukan besarnya uang yang harus disisihkan setiap hari dan memperkirakan kapan uang tersebut akan terkumpul. Dengan begitu anak akan lebih giat menabung agar bisa segera mendapatkan barang yang diinginkannya.

2. Membiasakan Anak untuk Disiplin

Salah satu cara mengajarkan disiplin pada anak adalah dengan mengajarinya untuk mulai menabung. Hal ini akan lebih cepat tercapai jika orang tua memberikan aturan berapa nominal uang yang harus ditabung setiap harinya. Agar anak selalu ingat menabung, berilah reward jika ia berhasil mencapai target yang telah ditentukan seperti menambah uang sakunya. Namun bila anak malas menyisihkan uangnya untuk ditabung, Anda dapat memberikannya sanksi ringan seperti mengurangi jatah uang saku atau mengurangi waktu bermainnya.

3. Belajar Mengatur Keuangan Sendiri

Saat anak mulai diajari untuk menabung, maka anak akan belajar bagaimana mengatur keuangannya sendiri. Anak akan mulai berpikir bagaimana dan seberapa besar uang yang harus disisihkan dan berapa banyak yang boleh digunakan untuk jajan. Kebiasaan tersebut bisa diterapkan baik saat anak mendapat uang saku harian maupun mingguan. Dengan begitu anak akan lebih bertanggung jawab dan mampu membagi keuangannya sehingga di saat dewasa anak akan mampu mengatur keuangannya dalam jumlah yang lebih besar.

4. Anak Belajar Hidup Hemat

Mengajarkan anak menabung berarti mengajarkannya untuk dapat hidup hemat. Anak akan belajar untuk bisa lebih memilah mana kebutuhannya dan membeli seperlunya saja. Kebiasaan hemat ini akan menjadikan anak tidak suka boros dan berlebihan dalam membelanjakan uang. Dengan menabung anak juga belajar untuk menyimpan uang cadangan yang mungkin akan sangat berguna di saat terdesak, sehingga akan yang belajar menabung sejak kecil akan terbiasa hemat hingga dewasa.

5. Terbiasa Hidup Sederhana

Hampir sama dengan hidup hemat, manfaat menabung lainnya yaitu menjadikan anak terbiasa untuk hidup sederhana. Karena ia harus menyisihkan uang sakunya, maka ia akan membeli barang seperlunya dan yang lebih terjangkau harganya. Dengan begitu anak tidak akan membeli barang yang mungkin tidak begitu diperlukan dan anak dapat terhindar dari sifat mubazir. Tentunya sikap kesederhanaan ini akan terus terbawa hingga anak dewasa.

6. Anak dapat Menghargai Uang

Dengan membiasakan anak menabung, maka secara tidak langsung Anda telah mengajarkannya untuk bisa lebih menghargai uang. Mereka akan belajar bahwa untuk mencari uang tidaklah mudah dan sangat sulit untuk mengumpulkan uang dari uang saku sendiri. Hal ini akan lebih dirasakan saat anak dapat melakukan usaha kecil-kecilan, dimana uang didapat ditabung agar dapat terkumpul dan dapat digunakan untuk sesuatu yang lebih bermanfaat di masa depan.

Menabung juga dapat menjadi cara meningkatkan rasa percaya diri anak, karena dengan uang hasil tabungannya anak dapat membeli sesuatu dengan usahanya sendiri. Tentunya anak akan menjadi lebih bangga bahkan lebih bersemangat lagi untuk menabung sehingga uang simpanannya cepat terkumpul untuk digunakan saat ada kepentingan mendesak.

Sponsors Link
, , , , , , , , , ,
Post Date: Friday 09th, March 2018 / 15:40 Oleh :
Kategori : Pendidikan
Doctors Talk

Kecanduan game & gadget bisa jadi momok bagi ibu, bahkan bisa membuat anak depresi dan bunuh diri, yuk kenali dan jangan lupa subscribe ya.