Sponsors Link

11 Cara Melatih Kecerdasan Otak Anak yang Mudah Dilakukan

Sponsors Link

Sebagai orang tua tentu sangat bangga jika sang buah hati menjadi anak yang sehat, pintar, cerdas dan berprestasi di sekolah. Namun untuk mencapai semua itu, orang tua perlu melakukan tindakan sejak anak masih sangat kecil. Kita perlu melatih kecerdasan otak anak bahkan sejak ia dalam kandungan, dan tentunya didukung pula dengan memerikan jenis makanan terbaik untuk otak anak. Beberapa jenis makanan untuk kecerdasan otak anak bisa diberikan sejak anak masih dalam rahim, lalu saa menyusu hingga akhirnya dapat mengkonsumsi makanannya sendiri. Nah, kemampuan otak anak ternyata tidak dapat berkembang optimal jika kita hanya mengandalkan nutrisinya saja.

ads

Otak anak juga perlu dilatih dan dirangsang agar dapat lebih berkembang sehingga dapat berfungsi secara maksimal. Cara meningkatkan daya ingat anak juga bisa dilakukan dengan memberikan jenis mainan yang merangsang otak anak. Orang tua perlu menemani anak bermain dan dibutuhkan kesabaran yang tinggi agar anak akhirnya dapat tumbuh dan kembang sesuai yang kita harapkan. Satu hal yang perlu diingat, kemampuan otak tiap anak berbeda sehingga kita tidak boleh memaksa anak untuk menjadi anak yang cerdas apalagi jika dilakukan dalam waktu singkat, karena justru dapat membuat anak justru semakin tertekan.

Cara Melatih Kecerdasan Otak Anak

Jika ingin melatih kecerdasan otak anak sejak dini, orang tua bisa menerapkan beberapa cara berikut ini yang dianggap cukup ampuh dan efektif untuk diaplikasikan pada anak.

  1. Mengembangkan kecerdasan emosional anak dengan mengarahkannya ke perbuatan yang baik dan saling toleransi dengan orang lain.
  2. Bermain permainan yang mengasah kemampuan otak seperti teka-teki silang, catur, dan mainan lainnya.
  3. Belajar musik bagi anak sejak usia dini dapat merangsang perkembangan otak kanan dan terbukti dapat meningkatkan prestasi anak di masa depannya.
  4. Berikan manfaat ASI eksklusif untuk bayi, dan lanjutkan dengan pemberian mpasi dan susu formula. Jangan berikan susu formula pada bayi di bawah usia 6 bulan karena bahaya susu formula pada bayi sangat beresiko mengganggu kesehatannya.
  5. Ajak anak untuk rutin melakukan olahraga agar tubuhnya bugar dan sirkulasi darah ke otak semakin lancar. Lebih baik lagi jika melakukan olahraga sambil menikmati waktu kebersamaan dengan keluarga seperti berlari di taman, bersepeda bersama dan lain sebagainya.
  6. Penuhi kebutuhan gizi anak dengan memberikan makanan sehat untuk tumbuh kembang anak, agar tidak terjadi tanda-tanda anak kurang gizi. Nutrisi untuk otak yang terpenuhi akan merangsang fungsi otak lebih optimal.
  7. Selalu berikan sarapan pada anak, karena sarapan yang bergizi akan membantu anak lebih semangat dan kuat dalam menjalani aktivitasnya hingga siang hari.
  8. Beri anak waktu tidur yang cukup, anak harus tidur siang setiap hari dan mendapat tidur yang cukup berkualitas di malam hari. Karena saat tidur otak mengalami perkembangan yang jauh lebih pesat sehingga anak harus tidur cukup sesuai dengan usianya.
  9. Galilah rasa ingin tahu anak dan pancing anak dengan pertanyaan atau ide dalam mengatasi sebuah masalah. Anak yang terbiasa bertanya, punya rasa penasaran dan selalu memiliki ide cemerlang biasanya akan jauh lebih cerdas dari anak lainnya.
  10. Orang tua perlu menciptakan suasana keluarga yang hangat dan harmonis, penuh kasih sayang dan selalu memberi perhatian pada anak.
  11. Biasakan anak untuk menjadi anak yang mandiri, penuh tanggung jawab dan disiplin sejak kecil. Selain itu yang terpenting, hindari memaksa anak terlalu keras agar dirinya tidak merasa stres yang justru dapat berakibat buruk pada perkembangan otaknya.

Itulah cara melatih kecerdasan otak anak yang bisa dilakukan orang tua di rumah. Peran orang tua memang sangat penting sehingga orang tua harus bisa meluangkan waktu setiap hari untuk menemani anak bermain atau melakukan hal lainnya di rumah.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , , ,
Post Date: Wednesday 07th, March 2018 / 15:46 Oleh :