Sponsors Link

5 Manfaat Vaksin HPV Untuk Anak Paling Penting

Sponsors Link

Manfaat vaksin HPV untuk anak sangatlah penting. Vaksin HPV terdiri dari beberapa jenis. Penggunaan masing-masing jenis vaksin ini dapat disesuaikan dengan jenis virusnya. Adapun jenis vaksin bahaya infeksi HPV untuk anak yang umum adalah jenis Gardasil dan Gardasil9. Vaksin HPV sebenarnya bukanlah vaksin khusus untuk anak perempuan saja melainkan bisa juga diberikan pada anak laki-laki. Vaksin HPV ini disarankan untuk diberikan pada anak perempuan mulai dari usia 10 tahun. Sedangkan anak laki-laki dapat menerima vaksin HPV dengan rentang usia antara 9-15 tahun. Beberapa manfaat vaksin HPV untuk anak yang perlu Anda ketahui antara lain sebagai berikut.

ads

1. Mencegah kanker serviks dan pra kanker serviks.

Kanker serviks merupakan kanker yang muncul di bagian leher rahim wanita. Vaksin HPV berfungsi untuk mencegah infeksi virus HPV yang merupakan penyebab utama adanya kanker serviks dan pra kanker serviks. Vaksin HPV dapat diberikan pada anak perempuan usia 10 tahun ke atas. Selain itu untuk mencegah kanker dan pra kanker serviks juga dapat digunakan imunisasi dasar bagi bayi dan anak jenis Gardasil dan jenis Gardasil 9. Vaksin HPV jenis Gardasil 9 diketahui dapat digunakan untuk mencegah beberapa jenis infeksi HPV.

2. Mencegah kanker vulva.

Kanker vulva ialah kanker yang menyerang daerah kemaluan wanita di bagian permukaan luarnya. Kanker vulva umumnya muncul dalam bentuk benjolan atau luka di daerah vulva. Namun kanker ini umumnya menyerang wanita yang telah mengalami masa menopause. Jenis vaksin HPV yang dapat diberikan untuk mencegah kanker vulva adalah jenis Gardasil. Manfaat imunisasi bagi bayi dan anak ini pun tentunya hanya diberikan pada anak perempuan usia 10 tahun ke atas.

3. Mencegah kanker vagina.

Kanker vagina dapat muncul tanpa adanya gejala atau tanda-tanda. Adapun jenis-jenis imunisasi dan manfaatnya termasuk imunisasi HPV yang dapat diberikan pada anak perempuan untuk mencegah kanker vagina adalah jenis Gardasil. Oleh sebab itu sebaiknya berikan pada saat anak berusia sekolah supaya lebih optimal.

4. Mencegah kanker anus.

Kanker anus merupakan jenis kanker yang terdapat pada bagian anus ataupun saluran anus. Saluran anus sendiri berfungsi untuk melakukan pembuangan feses penyebab infeksi usus pada anak. Kanker anus bisa terjadi saat sel-sel di daerah anus tumbuh tanpa terkontrol. Pada anus juga dapat muncul sejenis tumor jinak ataupun tumor pra-kanker. Tumor pra-kanker ialah tumor yang awalnya jinak namun kemudian bisa berubah menjadi ganas. Vaksin HPV jenis Gardasil dapat diberikan pada anak-anak laki ataupun perempuan untuk mencegah timbulnya kanker anus.

5. Mencegah kutil kelamin.

Kutil kelamin merupakan suatu penyakit yang menular. Kutil kelamin disebabkan oleh macam-macam infeksi kulit pada anak yang ditandai dengan adanya benjolan daging berukuran kecil di sekitar kelamin atau dubur. Penyakit ini sebenarnya tidak membahayakan dan tidak menimbulkan rasa nyeri bagi penderitanya. Namun tetap saja penyakit ini haruslah dicegah. Pada umumnya kutil kelamin berukuran sangat kecil dan berbentuk datar. Sehingga kutil kelamin ini akan sulit terlihat secara kasat mata. Untuk mencegah penyakit ini pada anak-anak dapat digunakan vaksin HPV jenis Gardasil.

Manfaat vaksin HPV untuk anak ternyata begitu banyak sesuai dengan apa yang telah dijabarkan. Oleh karena itu, vaksin HPV ini begitu penting. Sebab vaksin HPV ini berpengaruh pada kesehatan anak di kemudian hari yaitu pada saat anak-anak Anda telah menjadi dewasa.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Tuesday 15th, May 2018 / 23:24 Oleh :
Kategori : Imunisasi