Sponsors Link

5 Manfaat Minyak Kemiri untuk Bayi saat Masa Pertumbuhannya

Sponsors Link

Minyak kemiri berasal dari tumbuhan dengan nama latin aleurites moluccana atau lebih dikenal dengan tanaman kemiri. Banyak manfaat dari kemiri, selain digunakan sebagai bumbu masakan, kemiri juga dapat digunakan untuk keperluan lainnya. Biasanya kemiri diolah untuk diambil minyaknya. Ternyata, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa kandungan vitamin dan zat gizi yang yang menjadi sumber manfaat minyak kemiri untuk bayi saat masa pertumbuhannya. Beberapa kandungan minyak kemiri tersebut adalah:

ads
  • Protein – merupakan nutrisi yang paling dibutuhkan tubuh, sehingga terhindar dari penyakit akibat kekurangan protein pada anak
  • Vitamin B1 untuk anak
  • Miristat – merupakan asam lemak tak jenuh yang merupakan kandungan minyak kemiri yang banyak manfaatnya
  • Asam linoleic – merupakan asam lemak tak jenuh omega-6 yang bersifat anti radang dan melembabkan
  • Asam linolenic – asam lemak omega-3 yang diperlukan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan

Manfaat Minyak Kemiri untuk Bayi

Secara turun temurun, kemiri dipercaya memiliki banyak manfaat. Oleh karena itu, meskipun berbau tajam, minyak kemiri tetap menjadi pilihan bahan alami yang memberikan khasiat, termasuk bagi bayi. berikut ini adalah beberapa khasiat minyak kemiri untuk bayi saat masa pertumbuhannya.

  1. Baik bagi kelembaban kulit

Salah satu kelebihan minyak kemiri adalah tidak meninggalkan bekas minyak pada kulit. Karena setelah pemberian, minyak kemiri dapat masuk dan meresap ke pori-pori kulit. Sehingga kandungan asam lemak dari kemiri, yang telah diekstrak menjadi minyak kemiri, dapat membantu menjaga kelembaban kulit dari dalam dan mencegah kulit menjadi kering. Sehingga manfaat minyak kemiri untuk bayi dapat menghindarkan bayi terhindar dari macam-macam infeksi kulit pada anak.

  1. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Seperti halnya manfaat lidah buaya untuk bayi yang memiliki banyak kandungan vitamin. Minyak kemiri hasil ekstraksi dari kemiri, mengandung vitamin yang berfungsi sebagai antioksidan. yaitu vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Sehingga melindungi kulit dari radikal bebas yang bersumber dari udara, debu, dan partikel lainnya dari lingkungan. Termasuk saat melakukan manfaat menjemur bayi dan anak serta saat si kecil memperoleh manfaat sinar matahari untuk bayi.

  1. Membantu menyembuhkan luka dan masalah kulit lainnya

Jenis-jenis penyakit kulit pada anak dan cara mengatasi kulit kering dan bersisik pada bayi dapat dirawat dengan manfaat minyak kemiri untuk bayi. Karena adanya kandungan asam lemak dan antioksidan yang berfungsi memberikan nutrisi pada kulit dan membantu mengatasi masalah tersebut. Selain itu, minyak kemiri juga dapat digunakan untuk penanganan luka, bekas luka, iritasi ringan pada kulit dan eksim pada bayi.

  1. Baik untuk pertumbuhan rambut

Salah satu manfaat minyak kemiri untuk bayi yang telah umum diketahui masyarakat adalah pengunaanya sebagai salah satu cara melebatkan rambut bayi paling ampuh. Sifat minyak kemiri yang mudah meresap kedalam kulit, menyebabkan kandungan protein dan mineral dari minyak kemiri, dapat masuk kedalam akar rambut dan menguatkan akar rambut. Selain itu, minyak kemiri yang telah meresap kedalam kulit kepala, membantu mempercepat pertumbuhan rambut baru bayi. Sehingga rambut bayi menjadi lebih lebat.

  1. Menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut

Agar sehat dan terhindar dari penyakit kulit pada bayi yang sering terjadi, kulit kepala butuh asupan nutrisi yang cukup. Minyak kemiri dapat membantu mencukupi kebutuhan asam amino dan asam lemak bagi kulit kepala dan rambut. Sehingga bayi terhindar dari masalah kulit kepala gatal dan ketombe, yang dapat membuat bayi rewel dan mudah menangis. Pemberian rutin minyak kemiri juga dapat membuat rambut anak lebih tebal dan lembut, serta tampak lebih sehat.

Orang tua sebaiknya mengunakan minyak kemiri yang diektraksi langsung dari kemiri. Namun, bila tidak memungkinkan dan untuk lebih praktis, orang tua dapat mengunakan kemasan minyak kemiri yang telah tersedia di pasaran. Gunakan rutin, untuk memperoleh manfaat minyak kemiri untuk bayi yang lebih optimal.

Sponsors Link
, , , , , , , , , ,
Post Date: Sunday 13th, May 2018 / 05:01 Oleh :