Sponsors Link

5 Manfaat Mendengarkan Keluhan Anak yang Wajib Dipahami

Sponsors Link

Saat ini banyak sekali orang tua yang sangat sibuk hingga waktunya untuk bersama si kecil menjadi berkurang. Dampak yang ditimbulkan tentu sangat besar, salah satunya minimnya komunikasi orang tua dan anak sehingga hubungan keduanya kurang dekat. Padahal kehadiran orang tua sangat penting untuk pembentukan karakter anak, terutama jika orang tua mau mendengar keluhan anak sebagai cara mengenali karakter anak. Orang tua memang sebaiknya lebih dekat dengan anak dan berusaha menerapkan cara membuat anak lebih terbuka kepada orang tua. Dengan mendengarkan curhatan dan keluhan anak, orang tua akan tahu apa yang anak pikir dan rasakan sehingga kita mampu memberinya ketenangan dan kenyamanan. Selain itu, ada banyak manfaat mendengarkan keluhan anak, beberapa di antaranya sebagai berikut.

ads

1. Mengurangi Tantrum pada Anak

Anak yang kurang mendapat perhatian orang tuanya dan tidak memiliki kebebasan untuk berbicara biasanya akan melampiaskan rasa kesalnya dengan menjadi tantrum. Tantrum memang kerap terjadi pada anak, namun jika kita mau mendengarkannya dan memberikan perhatian lebih, tantrum dapat diminimalisir. Mendengarkan keluhan anak juga bisa menjadi cara mendidik anak yang suka membantah agar mau menurut pada orang tuanya.

2. Membuat Anak Merasa Aman

Kehadiran orang tua dalam kehidupan anak merupakan hal yang sangat dibutuhkan, mengingat dalam setiap kegiatannya anak bisa saja menghadapi masalah yang membuatnya tertekan. Dengan bercerita pada orang tua, anak akan merasa lebih aman karena hanya orang tualah yang paling mengerti apa yang dirasakannya. Apalagi jika orang tua membantu mengarahkan anak untuk mendapatkan solusi dari masalahnya tentu anak akan semakin merasa terlindungi karena adanya orang tua yang setia mendengarkan keluh kesahnya.

3. Memahami Kelebihan dan Kekurangan Anak

Orang tua yang lebih sering meluangkan waktu untuk mendengar cerita dan keluhan anak biasanya akan lebih memahami kelebihan dan kekurangan anak. Hal ini dikarenakan saat bercerita, orang tua dapat menangkap bagaimana kepribadian anak yang sebenarnya, jadi orang tua dapat mengambil keputusan untuk mendidik anak menjadi lebih baik. Hal ini tentu menjadi penting dalam menentukan cara mengasah bakat anak dan cara meningkatkan rasa percaya diri anak karena orang tua telah memahami karakter anak.

4. Anak Lebih Percaya dengan Orang Tuanya

Tidak sedikit anak yang merasa ragu dan tidak nyaman dengan orang tuanya karena mereka tidak didengarkan. Padahal, hal ini bisa membuat anak menjadi tidak percaya pada orang tua dan akhirnya saat menemui masalah justru mencari solusi ke tempat lain yang belum tentu tepat. Hasilnya, anak bisa terpengaruh hal-hal negatif karena tidak percaya untuk menceritakan keluhannya pada orang tua. Bila ini terjadi, cobalah untuk melakukan cara mengatasi anak yang suka berbohong agar anak mau lebih terbuka.

5. Perkembangan Anak Mudah Terpantau

Saat anak menceritakan keluhan dalam hidupnya, saat itulah orang tua memiliki kesempatan yang besar untuk dapat mengarahkan anak menemukan solusi yang tepat. Dalam keluhan dan curhatan anak, pasti akan ada kondisi yang membuatnya merasa buntu. Dengan kehadiran orang tua yang mendengarkan keluhannya, anak bisa mendapat nasihat yang baik sehingga ia tidak salah dalam memutuskan solusi untuk masalahnya. Cara mengajarkan disiplin pada anak dan cara mengatasi rasa takut pada anak juga bisa mendukung dalam mendapatkan manfaat tersebut.

Itulah beberapa manfaat mendengarkan keluhan anak yang sebaiknya dipahami orang tua. Orang tua memang memiliki peranan yang penting untuk mendidik anak dan membentuk karakternya sebaik mungkin. Jika orang tua mau mendengarkan anak, maka akan tercipta hubungan yang hangat di antara keduanya.

Sponsors Link
, , , , , ,
Post Date: Tuesday 01st, May 2018 / 16:05 Oleh :
Kategori : Parenting
Doctors Talk

Kecanduan game & gadget bisa jadi momok bagi ibu, bahkan bisa membuat anak depresi dan bunuh diri, yuk kenali dan jangan lupa subscribe ya.