Sponsors Link

7 Manfaat Lidah Buaya untuk Bayi saat Masa Pertumbuhannya

Sponsors Link

Beberapa bahan alami memiliki khasiat yang baik bagi si kecil. Manfaat lidah buaya untuk bayi atau manfaat minyak kemiri untuk bayi misalnya, dapat digunakan sebagai metode alternatif untuk mengatasi beberapa permasalahan yang terjadi pada bayi, saat masa pertumbuhannya. Lidah buaya atau aloe vera  merupakan tanaman yang mudah tumbuh dan ditanam di sekitar rumah. Tanaman ini tidak membutuhkan banyak perawatan, namun khasiatnya bisa digunakan mulai dari bayi hingga orang dewasa. Pengunaan lidah buaya sebagai penyembuh alami atau pengobatan alternatif, biasa dilakukan dengan mengolah lidah buaya menjadi jus ataupun gel. Namun, orang tua perlu melakukan pencegahan berikut ini agar bayi tidak terdampak bahaya lidah buaya untuk bayi.

  • Sebaiknya konsultasikan dengan dokter, apabila hendak menggunakan gel lidah buaya saat bayi juga sedang dalam proses pengobatan lainnya.
  • Hindari memberikan jus lidah buaya untuk bayi.
  • Hindari konsumsi jus lidah buaya pada ibu menyusui dan si kecil yang sedang memperoleh manfaat asi ekslusif untuk bayi.

Manfaat Lidah Buaya untuk Bayi

Umumnya, pengunaan lidah buaya pada bayi adalah dalam bentuk gel lidah buaya segar. Terdapat macam-macam kandungan enzim yang membantu mengurangi peradangan, dan mineral seperti tembaga, kalsium, kromium, potasium, mangnesium, seng, serta kandungan gula dari lidah buaya. Bahan-bahan aktif tersebut membantu memberikan manfaat lidah buaya untuk bayi berikut ini.

  1. Melembabkan Kulit Bayi yang Kering dan Iritasi

Vitamin E  baik bagi kulit, sebab membantu mengatasi masalah kulit kering dan gatal karena iritasi. Memberikan gel dari daun lidah buaya merupakan solusi mudah, untuk memberikan asupan vitamin E bagi kulit bayi. Hebatnya lagi, lidah buaya juga kaya dengan kandungan vitamin A, C dan antioksidan. Sehingga dapat menghindarkan bayi dari terkena macam-macam infeksi kulit pada anak.

  1. Membantu mengobati eksim bayi

Eksim pada bayi merupakan salah satu dari jenis penyakit kulit pada bayi yang sering terjadi. Eksim ditandai dengan kemunculan ruam kemerahan pada kulit bayi. terkadang muncul bintik berisi cairan sehingga membuat bayi rewel. Orang tua dapat mengusapkan gel lidah buaya pada bagian kulit yang terkena eksim. Kandungan air dan enzim lidah buaya dapat membantu meringankan gejala eksim. Selain itu, manfaat lidah buaya untuk bayi, juga dapat digunakan  untuk cara mengobati cacar api pada anak dan cara menghilangkan bekas cacar air pada anak.

  1. Meredakan gejala ruam popok

Selain itu, lidah buaya juga memiliki kandungan air yang tinggi, hingga mencapai 96%. Sehingga pemberian gel pada kulit bayi dapat membantu mengatasi dan meringankan gejala akibat masalah ruam popok, seperti halnya manfaat minyak zaitun untuk bayi dan anak. Hal ini karena lidah buaya memiliki kandungan komponen anti peradangan (B-sistosterol) dan banyak kandungan vitamin E yang baik untuk mengatasi ruam akibat bahaya popok sekali pakai terhadap kesehatan bayi.

  1. Merupakan penyembuh alami

Zat B-sitosterol yang terdapat dalam lidah buaya merupakan zat anti inflamasi atau anti peradangan yang membantu melawan infeksi. Selain itu, manfaat lidah buaya untuk bayi adalah efek pelembabnya. Sehingga dapat mencegah udara mengeringkan luka dan membantu melancarkan sirkulasi dara pada area yang sakit. Berikut ini adalah beberapa aplikasi lidah buaya sebagai penyembuh alami.

  • Sengatan matahari – ada banyak manfaat sinar matahari untuk bayi dan anak. namun bila kulit bayi menjadi kemerahan dan terbakar matahari, gunakan lidah buaya untuk mengatasi masalah tersebut
  • Luka gores – pengunaan gel lidah buaya dapat mencegah luka gores pada bayi meninggalkan bekas ketika sudah mengering.
  • Gigitan serangga – terkadang jenis alergi pada anak dapat disebabkan oleh gigitan serangga. Untuk meringankan gejala akibat gigitan serangga dan menyejukkan kulit bayi orang tua dapat mengusapkan gel lidah buaya.
  1. Membantu memelihara dan meningkatkan pertumbuhan rambut

Olahan lidah buaya dapat digunakan sebagai cara melebatkan rambut bayi. Orang tua dapat mengunakan jus lidah buaya sebagai kondisioner rambut bayi, berikan pada bilasan terakhir untuk menjaga keseimbangan pH kulit kepala bayi. Sehingga rambut bayi dapat tumbuh lebih banyak, halus dan lembut.

Demikianlah beberapa manfaat lidah buaya untuk bayi saat masa pertumbuhannya mudah diterapkan di rumah. Gunakan selalu lidah buaya yang masih segar, agar memperoleh hasil lebih optimal. Dan jangan mengunakan bahan alami ini secara berlebihan.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , , , ,
Post Date: Friday 11th, May 2018 / 09:14 Oleh :