Sponsors Link

6 Manfaat Buah Pisang untuk Bayi dan Kesehatannya

Sponsors Link

Pisang adalah salah satu buah yang paling banyak tersedia di dunia dan memiliki banyak manfaat kesehatan untuk bayi dan anak. Pisang juga dianggap sebagai makanan yang murah dan selalu tersedia sepanjang tahun. Pisang diduga berasal dari Papua Nugini, dimana bukti – bukti akan penanaman pisang bisa dilacak sejak tahun 5000 SM. Pisang mencapai Asia pada tahun 3000 SM, terutama berada di pulau tropis seperti Indonesia, Malaysia, Filipina dan India. Karena pisang mengandung suplai nutrient yang mengandung nol persen lemak, tinggi kandungan potasium, kandungan sodium yang minimal, mengandung jumlah vitamin yang cukup, maka pisang menjadi ideal untuk diberikan kepada bayi berusia enam bulan yang baru saja memasuki masa MPASI dan sudah siap untuk mengonsumsi makanan semi padat dan makanan padat.

Manfaat Kesehatan Pisang bagi Bayi 

Berikut ini adalah beberapa alasan yang membuat pisang menjadi makanan yang pantas dan cocok untuk dijadikan sebagai makanan perkenalan kepada bayi – bayi yang sudah memasuki usia MPASI:

  1. Mudah dicerna

Pisang yang matang sempurna teksturnya begitu lembut hingga mudah dihancurkan dan mudah ditelan oleh bayi yang baru belajar makan.Rasa pisang yang manis khususnya disukai oleh bayi sehingga mereka bisa bersemangat ketika memakannya. Pisang yang dihancurkan juga mudah dicerna dan merupakan makanan terbaik untuk bayi, menyediakan manfaat pisang untuk bayi berupa banyak cadangan energi untuk bayi.

  1. Mengatasi konstipasi

Terkadang bayi-bayi mengalami konstipasi terutama pada masa ketika mereka mulai mencoba makanan padat. Karena bayi juga biasanya hanya bisa berbaring seharian, maka terkadang sulit bagi mereka untuk mendorong fesesnya keluar ketika sedang buang air besar sehingga menyebabkan konstipasi. Agar bayi terbebas dari konstipasi, beri makan bayi dengan beberapa sendok teh pisang matang yang sudah dihancurkan. Pisang mengandung jumlah serat yang cukup untuk menyerap air sehingga bisa memperbaiki tekstur feses bayi sehingga merupakan jenis makanan untuk mengatasi bab keras pada bayi.

  1. Mengatasi diare

Diare juga merupakan salah satu masalah besar yang sering dialami oleh para bayi. Manfaat pisang untuk bayi dapat mengatasi diare yang seringkali disebabkan oleh virus seperti rotavirus. Pada beberapa kasus perlu didahulukan untuk segera membawa anak yang diare ke dokter, dan memastikan bayi tetap tercukupi cairan tubuhnya. Pisang merupakan makanan yang mengandung zat besi untuk anak.

  1. Menyuplai nutrisi esensial

Pisang kaya akan nutrisi seperti potasium , kalsium, magnesium, fosfor, sulfur, besi dan tembaga. Semua ini adalah nutrisi yang dibutuhkan pada bulan – bulan penting selagi bayi menjalani fase tumbuh kembang. Potasium sangat penting untuk fungsi otot dan memelihara detak jantung. Zat besi dan tembaga dibutuhkan untuk menjaga tingkat hemoglobin dan kadar darah yang bagus. Kalsium sudah tentu penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

  1. Tidak beresiko alergi

Pada beberapa kasus, alergi makanan timbul dari asam amino tertentu yang tidak dapat ditoleransi dan dicerna oleh beberapa orang. Pisang berbeda halnya. Mengandung asam amino yang sederhana dan sebagian besar mudah dicerna, membuat pisang menjadi makanan ideal untuk bayi karena manfaatnya untuk saluran pencernaan. Pisang merupakan jenis makanan sumber vitamin C untuk anak.

  1. Mengatasi infeksi 

Bayi dan balita lebih rentan terkena infeksi saluran kencing. Gejalanya dapat berupa demam, sering atau tidak dapat buang air kecil, urine berbau kuat atau tajam, dan lainnya. Buah pisang diduga dapat membersihkan saluran kencing bayi, dimana racun dalam tubuh telah terakumulasi. Pisang juga merupakan jenis makanan yang berserat tinggi untuk anak balita dan makanan untuk pertumbuhan tulang anak yang bagus.

Waktu paling tepat untuk memulai memberikan pisang kepada bayi adalah pada masa musim panas. Pisang dapat menurunkan suhu di waktu musim panas. Anda dapat memperkenalkan pisang dalam menu makanan anak dalam tahap MPASI awalnya ketika anak berusia enam bulan. Kandungan vitamin lainnya dalam pisang adalah vitamin A, B6, dan vitamin C yang sangat diperlukan untuk tumbuh kembang bayi. Kandungan glukosa alami yang ada di dalam pisang juga dapat berfungsi sebagai cadangan energi bagi bayi.

Sponsors Link
, , , , , , , , , ,
Post Date: Thursday 14th, June 2018 / 06:03 Oleh :