Sponsors Link

6 Manfaat Bermain Bersama Anak yang Perlu Dipahami Orang Tua

Sponsors Link

Tidak banyak orang tua yang sadar dan paham, bahwa waktu luangnya bersama anak begitu berharga dan selalu ditunggu-tunggu oleh anak. Bisa dibilang, peran orang tua dalam pembentukan karakter anak sangatlah penting bahkan menjadi yang utama. Salah satu hal yang dapat orang tua lakukan adalah dengan menemani anak bermain. Manfaat bermain bersama anak tidak hanya dirasakan oleh anak, bahkan orang tua pun akan merasakan manfaatnya jika dilakukan dengan tulus dan penuh kasih sayang. Pentingnya bermain untuk pertumbuhan anak perlu dipahami orang tua, meski anak dapat asik bermain sendiri tidak ada salahnya agar orang tua khususnya ibu untuk ikut bermain bersama anak. Adapun manfaat yang dapat diperoleh dari bermain bersama anak yaitu sebagai berikut.

1. Lebih Memahami Anak

Banyak orang tua yang tidak mampu mengenali anaknya sehingga tidak paham bagaimana karakter anak sendiri. Hal ini terutama terjadi pada orang tua yang sibuk bekerja sampai waktu luang dengan anak pun sangat sedikit.  Dengan bermain bersama, orang tua dapat menemukan cara membuat anak lebih terbuka kepada orang tua sehingga mampu mengenali karakter anak lebih dalam. Hal ini memudahkan dalam menentukan cara jitu mengenali bakat anak dan cara mengasah bakat anak sejak usia dini, karena orang tua sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan anak dengan meluangkan waktu bermain bersamanya.

2. Menemani Sambil Menjaga

Anak yang asik bermain sendiri belum tentu terbebas dari bahaya. Jika tidak ada yang mengawasi dan anak bermain sendiri kemungkinan anak dapat mengalami sesuatu yang membahayakan kesehatannya. Seperti mainan yang berukuran kecil bisa saja masuk ke mulut dan tersangkut di tenggorokannya. Jadi, manfaat bermain bersama anak juga bisa memberi keuntungan yaitu mengawasi anak agar tidak mengalami hal yang tidak diinginkan akibat mainannya sendiri. Orang tua juga bisa memberikan jenis mainan yang merangsang otak anak agar anak menjadi lebih cerdas.

3. Membantu Mengembangkan Bakat Anak

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penting sekali bagi orang tua untuk menemani anak bermain agar orang tua dapat lebih mengenali potensi yang ada dalam diri anak. Meski hanya lewat permainan, karakter anak akan jelas terlihat sehingga orang tua dapat mengarahkan anak untuk mengasah bakat miliknya. Dengan begitu, anak akan tumbuh menjadi orang yang terampil dan cerdas serta bakatnya dapat tersalurkan dengan baik. Bahkan hal ini juga membantu anak membentuk karakter yang baik seperti anak belajar disiplin saat membereskan mainannya yang berserakan.

4. Membantu Anak untuk Mudah berinteraksi

Saat anak bermain sendirian, tentu ia tidak melakukan interaksi apapun pada orang lain sehingga ia cenderung lebih egois dan penyendiri. Berbeda jika orang tua menemaninya bermain, anak akan belajar bahwa dalam permainan pun kita memiliki aturan yang ditetapkan bersama agar suasana menjadi menyenangkan. Misalnya, saat bermain masak-masakan, akan terasa membosankan bila anak bermain sendiri sebab ia yang memasak kue, menjual dan membelinya sekaligus. Jika ada ibu atau ayah yang bersedia membeli kue buatannya tentu anak akan lebih senang dan ia akan tahu bagaiman harus bersikap dengan orang lain yang ingin membeli kuenya.

5. Mengetahui Kesukaan Anak

Dengan bermain bersama anak, orang tua juga secara tidak langsung akan tahu apa yang disukai dan tidak disukai anak. Sifat dan ketertarikan anak akan jelas terlihat saat bermain, dan hal ini dapat menjadi acuan bagi orang tua yang ingin membelikan sesuatu untuknya terkhusus tentang mainan. Bayangkan saja, jika Anda tidak pernah menemani anak bermain, Anda tidak tahu mainan apa yang paling ia sukai. Akibatnya, mainan yang Anda belikan bisa jadi tidak sesuai dengan dirinya dan ia pun enggan memainkannya.

6. Menghasilkan Hormon Bahagia

Manusia memiliki hormon kebahagiaan yang disebut hormon oksitosin. Hormon tersebut bisa keluar jika kita tertawa bersama anak saat bermain. Semakin dekat hubungan orang tua dan anak, maka hormon tersebut pun akan semakin meningkat. Hormon oksitosin dapat membantu mencegah banyak penyakit, membuat perasaan nyaman dan pikiran lebih tenang. Jadi, mengapa tidak luangkan waktu sejenak untuk menghabiskan waktu menemani anak bermain?

Tahapan perkembangan bermain anak memang berbeda sesuai dengan usianya. Dengan kehadiran orang tua, anak akan memainkan permainan yang sesuai dan jauh lebih menyenangkan saat bermain bersama-sama. Bila perlu, cobalah untuk mendapatkan manfaat liburan untuk anak agar hubungan keluarga semakin hangat.

Sponsors Link
, , , , , , , ,
Post Date: Friday 04th, May 2018 / 04:23 Oleh :
Kategori : Tumbuh Kembang