Sponsors Link

6 Jenis Makanan yang Mengandung Fosfor Terbaik untuk Anak

Sponsors Link

Pada usia anak-anak, asupan nutrisi hariannya harus mendapat perhatian khusus dari orang tua. Berbagai nutrisi makro dan mikro seperti vitamin dan mineral sangat dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak, karena itu menu makan anak setiap harinya perlu bervariasi. Pentingnya vitamin dan mineral untuk bayi dan anak memang tidak boleh diabaikan, salah satunya yaitu kandungan fosfor yang wajib diperoleh anak.

Fosfor sangat dibutuhkan untuk pembentukan dan pertumbuhan tulang dan gigi, serta menjaga fungsi berbagai organ tubuh tetap stabil. Jika anak kekurangan asupan fosfor, maka akan muncul tanda-tanda anak kurang gizi yang sangat mengkhawatirkan orang tua. Karena itu, untuk memenuhi kebutuhan mineral tersebut, makanan berikut ini bisa ibu berikan pada si kecil.

1. Susu dan Produk Olahannya

Susu merupakan sumber fosfor yang cukup baik, dan kandungannya seimbang dengan kalsium yang juga sangat dibutuhkan anak. Namun susu di sini adalah susu yang diambil dari hewan seperti sapi, kambing dan yang lainnya. Susu yang berupa ASI justru rendah akan kandungan fosfor, sehingga manfaat ASI eksklusif untuk bayi tidak dapat mencukupinya. Selain susu, berbagai produk olahannya juga dapat memberikan asupan fosfor seperti keju dan yoghurt.

2. Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan yang baik untuk bayi dan anak sangat kaya akan fosfor sehingga baik dikonsumsi secara rutin. Manfaat kacang-kacangan untuk anak balita selain membantu pertumbuhan lebih optimal, juga membantu memelihara kesehatan karena berbagai kandungan nutrisinya akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Telur

Hampir semua anak-anak menyukai telur, dan kabar baiknya telur mengandung cukup banyak fosfor untuk memenuhi kebutuhan harian anak. Kandungan fosfor jauh lebih banyak terdapat pada kuning telur sehingga bagian tersebut perlu diberikan pada anak. Selain fosfor, anak juga akan mendapatkan protein dan lemak yang juga diperlukan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya.

4. Daging

Berbagai jenis daging juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi anak-anak karena kandungan fosfornya yang juga cukup tinggi. Baik daging merah maupun daging putih sama-sama bagus sehingga anak boleh mengkonsumsinya dalam batas wajar. Namun daging merah merupakan penyumbang fosfor tertinggi baik bagi anak maupun orang dewasa. Yang terpenting konsumsi daging sewajarnya saja karena jika berlebihan akan memicu bahaya kelebihan fosfor pada bayi dan beresiko merusak kesehatannya.

5. Biji Labu dan Biji Bunga Matahari

Bahaya kekurangan fosfor pada bayi dan anak dapat diatasi dengan memberikan anak labu yang enak rasanya. Selain buah labu, biji labu dan juga biji bunga matahari juga mengandung fosfor yang cukup banyak. Biji-bijian tersebut memang menjadi makanan sehat untuk tumbuh kembang anak, namun jika anak masih kecil pastikan anak makan di bawah pengawasan orang tua untuk menghindari anak tertelan biji-bijian tersebut.

6. Brokoli

Mungkin di atas lebih banyak membahas sumber fosfor dari sumber hewani, namun satu sayuran yang dipercaya mengandung fosfor adalah brokoli. Brokoli kaya akan antioksidan sehingga bagus dikonsumsi oleh anak setiap hari. Jika anak malas makan dan tidak suka sayur, lakukan cara mengatasi anak yang susah makan agar ia dapat segera melahap makanannya hingga habis.

Itulah makanan yang mengandung fosfor terbaik untuk anak yang sangat direkomendasikan untuk diberikan pada anak secara rutin. Fosfor memang termasuk jenis makanan untuk penguatan tulang dan gigi anak. Namun asupannya harus diberikan secara seimbang, jangan sampai fosfor menjadi kekurangan atau justru kelebihan karena dapat berdampak buruk terhadap kesehatannya.

Sponsors Link
, , , , , , , ,
Post Date: Tuesday 15th, May 2018 / 15:57 Oleh :
Kategori : Gizi dan Nutrisi