Sponsors Link

8 Makanan untuk Kecerdasan Otak Anak Paling Direkomendasikan

Sponsors Link

Anak-anak membutuhkan nutrisi lebih banyak karena pada usia tersebut proses pertumbuhan dan perkembangannya sedang melesat. Jika terlihat tanda-tanda anak kurang gizi maka pertumbuhannya akan terhambat sehingga anak tidak akan tumbuh dan berkembang seperti anak lainnya. Salah satu organ penting yang harus dipenuhi kebutuhan nutrisinya adalah otak, karena otak menjadi pusat dari seluruh sistem saraf dalam tubuh. Pada anak, pembentukan dan perkembangan otak sangat krusial sehingga diperlukan makanan untuk kecerdasan otak anak seperti berikut ini.

1. Ikan Salmon

Sebenarnya bukan hanya ikan salmon saja yang direkomendasikan untuk dikonsumsi anak secara rutin. Hampir semua jenis ikan bagus untuk anak, karena kandungan omega-3nya dapat menutrisi otak dan menajamkan daya ingat. Namun kandungan nutrisi tersebut memang paling tinggi ditemukan pada ikan salmon sehingga anak sebaiknya diberikan variasi menu yang terbuat dari ikan tersebut.

2. Sayuran Aneka Warna

Sangat penting untuk memberikan manfaat sayuran pada anak, terutama jika menu sayuran divariasikan dari beberapa jenis dalam satu masakan. Sayuran aneka warna seperti bayam, brokoli, wortel, tomat, ubi dan kubis merah sangat bagus dikonsumsi anak untuk mencegah terjadinya alzheimer, stroke dan penurunan daya ingat di masa mendatang.

3. Telur

Siapapun pasti suka telur, dan ternyata kandungan kolin pada telur dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan menajamkan memori anak hingga di masa depan. Namun perhatikan jangan sampai berlebihan dalam memberikan telur, karena efek buruk telur bagi anak-anak tetap ada jika terlalu banyak dikonsumsi dalam satu waktu. Manfaat telur untuk kesehatan anak balita dapat diperoleh jika telur dikonsumsi sesuai kebutuhan tubuh.

4. Susu dan Produk Turunannya

Anak-anak sangat disarankan untuk mengkonsumsi susu secara rutin, terutama susu yang rendah lemak. Banyak sekali nutrisi dalam susu yang dapat mendukung perkembangan otak salah satunya vitamin B dan magnesium. Nutrisi tersebut akan meningkatkan konsentrasi dan mencegah kehilangan memori pada anak. Tidak hanya susu murni saja, produk turunannya seperti yoghurt dan keju pun sangat bagus untuk dikonsumsi anak.

5. Oatmeal dan Biji-bijian

Oatmeal termasuk salah satu makanan sehat untuk tumbuh kembang anak, dan manfaatnya yaitu dapat mempertajam daya ingat anak. Manfaat oatmeal untuk bayi dan anak ini penting untuk diperhatikan orang tua, dimana manfaat tersebut juga bisa ditemukan pada biji-bijian seperti gandum utuh dan yang lainnya. Berbagai nutrisi dari oatmeal dan gandum akan menutrisi otak sehingga tetap berfungsi secara optimal.

6. Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan juga dapat membantu menutrisi otak, terutama dikarenakan terdapat kandungan asam lemak omega-3nya. Kacang yang sangat direkomendasikan adalah kacang merah, disusul kacang kedelai dan kacang hijau. Tidak hanya itu, selai kacang pun juga bisa diberikan pada anak untuk mencukupi kebutuhan nutrisi otaknya.

7. Daging Segar

Salah satu jenis makanan terbaik untuk otak anak yaitu daging, yang diperoleh dalam bentuk segar dan segera diolah dalam masakan kesukaan anak. Hindari memberikan daging yang mengandung pengawet, pewarna dan sudah tidak segar karena kandungan nutrisinya sudah banyak yang hilang.

8. Coklat

Jika orang tua sering melarang anak makan coklat, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut. Coklat ternyata dapat membantu otak untuk lebih fokus dan mencegah kerusakan pada sel otak, sehingga coklat pun sangat bagus dikonsumsi anak. Namun perlu diingat, coklat yang dimaksud adalah coklat hitam yang rasanya sedikit pahit dan sedikit mengandung gula dan lemak.

Cara meningkatkan daya ingat anak selain dengan memberikan makanan di atas, juga dapat dilakukan dengan memberikan jenis mainan yang merangsang otak anak. Dengan begitu otak anak akan terus terasah dan nantinya anak dapat tumbuh menjadi anak yang cerdas dan berbakat.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , , ,
Post Date: Wednesday 07th, March 2018 / 15:13 Oleh :
Kategori : Gizi dan Nutrisi