Sponsors Link

8 Makanan Sumber Vitamin B1 untuk Anak pada Menu Sehari-hari

Sponsors Link

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin B1 pada anak, sebaiknya berikan sejumlah makanan sumber vitamin B1 untuk anak. Pastikan bahwa menu makanan anak komplit berisi kandungan berbagai macam vitamin, supaya imajinasi dan tumbuh kembang anak tidak terganggu dan tetap maksimal. Hanya saja masih banyak orang tua tidak paham mana makanan yang kaya akan vitamin B1. Bahkan sering asal saja saat memberikan jenis makanan pada anak. Padahal hal ini sangat penting dan wajib diperhatikan. Oleh sebab itu supaya memperoleh informasi yang tepat, simak berikut ini beberapa jenis makanan sumber vitamin B1 untuk anak yang sebaiknya diberikan setiap hari.

1. Kacang-kacangan

Jenis makanan dengan sumber vitamin B1 yang tinggi yaitu jenis kacang-kacangan yang baik untuk bayi maupun anak-anak. Karena itu selingi menu makanan anak dengan berbagai macam makanan seperti kacang hijau, kacang merah maupun kacang kedelai. Buat berbagai macam olahan dari bahan kacang seperti tahu dan tempe. Supaya anak tidak bosan dan sehat selalu.

2. Tomat

Buah tomat juga kaya akan kandungan vitamin B1, sehingga cocok untuk diberikan sebagai selingan makan anak-anak. Jika anak tidak suka menyantap tomat sebagai sayuran, cari cara lain dengan membikin jus tomat. Biasanya anak akan lebih suka. Selain itu tomat juga baik untuk mengatasi berbagai jenis-jenis cacat mata pada anak.

3. Brokoli

Sayur brokoli merupakan salah satu makanan sumber vitamin B1 untuk anak yang kaya akan kalsium juga. Sehingga dengan memberikan sayur ini pada anak, maka akan didapat manfaat ganda. Baik berupa manfaat vitamin B1 untuk otak dan pertumbuhan, serta manfaat kalsium untuk pertumbuhan anak.

4. Daging Ayam

Daging juga mengandung manfaat vitamin B1. Salah satunya yaitu daging ayam. Kebanyakan anak akan menyukai segala makanan yang mengandung daging ayam. Karena itu menu ini sangat cocok diberikan pada anak untuk membantu asupan vitamin B1 bagi tumbuh kembang anak.

5. Daging Sapi

Selain ayam, daging sapi juga banyak mengandung vitamin B1. Pastikan untuk memberikan daging yang rendah lemak supaya anak dapat terhindar dari resiko bahaya obesitas pada anak.

6. Telur

Sumber vitamin B1 berikutnya yaitu telur ayam. Ada berbagai macam jenis makanan yang dihasilkan dari sebutir telur ayam. Selain kaya vitamin B1, telur juga mengandung manfaat protein untuk tumbuh kembang anak. Sehingga bermanfaat meningkatkan kecerdasan anak.

7. Buah Semangka

Salah satu manfaat buah untuk anak yang kaya akan vitamin B1 yaitu buah semangka. Selain itu buah semangka sangat segar dan dapat membantu mencegah dehidrasi pada anak. Karena itu sediakan buah semangka sebagai penutup setelah anak selesai makan. Sebagai salah satu cara dapat juga dengan membuat jus semangka yang segar dan bergizi.

8. Ikan Tuna

Selain dari beberapa jenis makanan di atas, ikan juga baik sebagai sumber vitamin B1. Yang paling tinggi umumnya didapat dari ikan tuna. Oleh sebab itu berikan sesekali menu ikan tuna pada anak. Namun pastikan bahwa menu tersebut tidak menimbulkan reaksi alergi pada anak.

Demikian beberapa jenis makanan sumber vitamin B1 untuk anak yang harus diberikan sebagai menu harian. Selalu selingi aneka jenis makanan anak untuk menghindari rasa bosan. Selain itu berikan sejumlah manfaat dari multivitamin yang banyak beredar di pasaran juga. Dengan demikian kebutuhan vitamin B1 anak akan lebih maksimal, serta pertumbuhan baik otak maupun saraf anak juga dapat lebih optimal.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , ,
Post Date: Monday 12th, March 2018 / 05:43 Oleh :