Sponsors Link

Macam-Macam Karakter Anak yang Tampak Sejak Lahir

Sponsors Link

Setiap manusia adalah karakter yang unik dan memiliki cara berbeda dalam memandang serta berinteraksi dengan dunia. Anak-anak memiliki bakat berbeda yang berkembang seiring dengan latihan serta pertumbuhan mereka, begitu juga macam-macam karakter anak. Jika bakat alami dan cara berpikir anak ditekan atau dikoreksi berkali-kali oleh seorang dewasa yang mempunyai pengaruh besar kepada mereka, anak tersebut kemungkinan akan berkembang menjadi seorang yang mudah merasa ragu dan mungkin saja akan menjalani jalan yang panjang dan sulit untuk menjadi orang dewasa yang percaya diri. Sebagai orang dewasa, seharusnya kita sudah menyadari bahwa tidak semua orang adalah sama, dan bahwa kekuatan anak kita mungkin saja berbeda dari diri kita sendiri. Kita dapat dan harus mengenali gaya berbeda tiap anak untuk belajar dan berinteraksi, dan mencari kemungkinan paling baik untuk mengembangkan kekuatan serta kelemahan anak-anak.

Beragam Kepribadian Anak

Mengetahui tipe kepribadian anak akan membantu Anda untuk memahami mereka lebih baik dan juga untuk menciptakan lingkungan yang dapat meningkatkan potensi alami mereka. Orangtua perlu mengetahui cara mengenali karakter anak dan Macam-macam karakter anak antara lain:

1. Anak yang ceria

Macam-macam karakter anak dapat dilihat dari perilaku anak pada kesehariannya. Anak yang ceria mudah bergaul, tampak cemerlang dan bahagia. Terkadang energi mereka dapat dilihat sebagai suatu kekurangan, karena mereka tidak dapat duduk diam atau ketika mereka mengganggu Anda untuk menyampaikan ide-idenya. Orang tua yang dapat menghargai karakteristik mereka sebagai suatu anugerah dan mengenali ciri-ciri anak cerdas sejak bayi dan bukanlah menganggapnya suatu masalah akan dapat membantu anak untuk berkembang lebih kreatif dan menjadi orang dewasa yang bahagia. Beberapa ciri-ciri anak ceria dan ciri-ciri anak aktif,  yaitu:

  • Mereka selalu tampak ingin tahu dan bersemangat untuk mengeksplorasi sekelilingnya.
  • Senang membuat keramaian, tertawa dan bermain
  • Memiliki pikiran yang kreatif dan imajinatif.
  • Suka menyenangkan orang lain, senang jika orang lain bahagia dan khususnya anak membutuhkan Anda untuk selalu bahagia.
  • Anak memiliki banyak teman dan sering berganti teman main.

2. Anak sensitif

Anak yang sensitif memiliki tingkah laku yang tenang dan easy going secara alami. Mereka sering dipanggil sebagai penengah oleh keluarga karena mereka tidak menyukai konflik. Anak tipe ini memiliki emosi yang lembut dan pada umumnya bersifat pendiam, sehingga kerap disuruh untuk bicara lebih keras atau bergerak lebih cepat. Anak sensitif akan melakukan berbagai hal pada waktu yang mereka tentukan sendiri. Orang tua kerap harus mencari cara mengatasi anak yang pemalu dan minder karena ia sensitif, dan menjadi penyebab anak kurang percaya diri. Ciri-ciri anak sensitif yaitu:

  • Mereka menunjukkan perilaku kalem sejak awal.
  • Mereka suka merencanakan yang terkadang membutuhkan waktu lama
  • Mereka mudah khawatir, senang untuk mengetahui apa yang harus diharapkan pada setiap situasi sehingga dapat mempersiapkan diri untuk situasi tersebut.
  • Adanya silang pendapat di rumah kerap mengganggu mereka.

3. Anak berkemauan keras

Anda akan langsung tahu apabila memiliki anak yang berkepribadian seperti ini karena mereka sangat mudah dikenali. Anak yang berkemauan keras adalah yang paling keras kepala secara alami, lebih aktif secara fisik dan mental. Mereka lahir dengan kemauan untuk menjalankan semua hal sesuai dengan kemauannya sendiri dan dengan caranya sendiri sehingga kerap disuruh untuk tenang dan berhenti menuntut. Orang tua mungkin kerap bertanya-tanya mengenai penyebab anak menjadi keras kepala. Ciri-ciri anak yang berkemauan keras adalah:

  • Mereka mempunyai kemauan kuat
  • Mereka akan mengejar beberapa tujuan dalam satu waktu sekaligus
  • Aktif secara alami dan berjiwa petualang
  • Ingin mencoba posisi pemimpin di sekolah atau rumah dan kelak di tempat kerja
  • Termotivasi oleh diri sendiri daripada oleh orang lain
  • Bisa jadi mereka berisik, suka memaksa, atau bicara tanpa basa basi.

4. Anak serius

Anak yang bertipe lebih serius akan berpikir logis, mandiri dan mudah fokus. Orang-orang kerap menyatakan bahwa mereka lebih matang daripada usianya. Mereka bertanggung jawab akan banyak hal dan menyukai kesempurnaan. Ciri-ciri anak yang serius adalah:

  • Mereka tidak begitu ceria dan senang bermain seperti anak lain
  • Mereka dapat terlihat kaku dan tidak fleksibel dalam melakukan berbagai hal
  • Anak adalah perfeksionis yang ketat
  • Saran mereka untuk memperbaiki sesuatu seringkali dianggap sebagai kritik oleh orang lain
  • Mereka suka menyusun benda-benda dalam urutan yang spesifik.

Macam-macam karakter anak akan berubah dan berkembang menjadi lebih kompleks karena terbentuk oleh pengalaman dan perlahan akan mempengaruhi perilaku dan tingkah laku mereka. Pada usia 13 tahun, karakter dasar anak dapat disebutkan telah menetap, dan Anda dapat melihat mereka sebagai remaja. Sangat penting untuk tidak mengkotak-kotakkan anak menjadi kategori yang dapat membatasi perkembangan mereka. Mengetahui karakter dasar anak dan mengenali kepribadian anak sejak dini dapat membantu Anda untuk memahami mereka, mencari cara menanamkan nilai moral pada anak dan menciptakan lingkungan yang akan memperkuat potensi alami anak.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , , , ,
Post Date: Tuesday 17th, July 2018 / 13:15 Oleh :
Kategori : Karakter