Sponsors Link

Keriput pada Remaja – Gejala, Penyebab, Pengobatan dan Pencegahannya

Sponsors Link

Keriput pada remaja bisa timbul karena beberapa faktor resiko. Keriput sendiri pada dasarnya merupakan suatu lipatan atau garis atau kerutan yang muncul pada kulit. Keriput sebenarnya merupakan indikasi utama dari proses penuaan yang akan dialami oleh setiap orang. Namun saat ini banyak pula remaja yang mulai mengalami keriput di usianya yang masih belia. Keriput pun muncul karena kekenyalan dan elastisitas kulit mulai berkurang. Hal inilah yang pada akhirnya menyebabkan remaja mengalami keriput di usianya yang masih muda. Berikut ini beberapa informasi lebih jelas tentang keriput pada remaja.

Gejala

Pada dasarnya keriput yang timbul pada seorang remaja tidaklah berbeda dengan keriput yang timbul pada orang tua. Keriput tersebut tampak seperti kumpulan dari garis atau lipatan yang terbentuk pada kulit. Beberapa keriput yang terdapat pada wajah atau tubuh remaja bisa saja menjadi macam-macam alergi kulit pada anak. Umumnya keriput ini muncul pada beberapa bagian dari wajah seperti misalnya pada mata dan mulut atau bisa juga pada leher. Keriput bisa terlihat jelas oleh orang lain. Namun biasanya keriput yang ada pada remaja belum begitu terlihat jelas dan juga bisa disamarkan.

Penyebab

Beberapa hal bisa menjadi penyebab utama dari timbulnya keriput. Misalnya saja sebagai berikut:

  • Paparan sinar matahari yang mengandung ultraviolet dapat berpengaruh pada remaja. Lama-kelamaan kulit yang selalu terpapar sinar matahari akan menjadi berkeriput karena jaringan ikat yang berada di bawah kulit mengalami kerusakan.
  • Keriput juga bisa saja dialami oleh remaja karena faktor keturunan. Seorang remaja yang keluarganya memiliki garis keriput sejak remaja tentu akan lebih mudah berkeriput bila dibandingkan dengan remaja yang tidak memiliki riwayat keluarga berkeriput.

Pengobatan

Untuk mengatasi keriput di wajah tentunya Anda bisa memeriksakan diri ke dokter. Untuk menangani hal ini maka dokter akan memberikan penanganan medis dan perawatan kulit yang cocok bagi Anda. Biasanya dokter akan memberikan penanganan medis dengan cara melakukan pemberian obat baik dalam bentuk krim maupun gel. Obat yang diberikan pada remaja penderita keriput antara lain berupa retinoid yang merupakan turunan dari pentingnya vitamin A untuk pertumbuhan anak dan dikenal dapat menangani penuaan kulit.

Selain itu ada pula obat berjenis antioksidan yang mengandung vitamin A, vitamin E, dan manfaat vitamin C untuk tumbuh kembang anak. Dokter juga kemungkinan memberikan obat pelembap biasa yang dirasa efektif dalam menyamarkan kerutan Anda secara efektif. Sedangkan untuk prosedur medis tentunya Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan sinar laser pada bagian kulit yang mengalami keriput. Bisa juga Anda mendapatkan suntikan botoks atau suntikan pengisi jaringan agar kulit menjadi lebih halus dan keriput tidak muncul lagi.

Pencegahan

Anda bisa melakukan beberapa upaya untuk mencegah timbulnya keriput di usia remaja. Misalnya saja dengan menggunakan tips memilih sunblock untuk anak yang mengandung SPF 50. Selain itu Anda juga bisa melindungi kulit tubuh agar tidak mudah terbakar matahari dengan mengenakan pakaian tertutup.

Keriput pada remaja sebenarnya tidak membahayakan selama keriput tersebut bukanlah merupakan gejala awal dari infeksi kulit pada anak. Untuk mengurangi keriput maka Anda bisa melakukan pencegahan dan pengobatan dengan langkah yang tepat. Selain itu sebaiknya Anda selalu memiliki pola hidup sehat agar terhindar dari keriput di usia remaja.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , ,
Post Date: Wednesday 21st, November 2018 / 11:54 Oleh :