Sponsors Link

6 Keistimewaan Anak Kidal Menulis Penuh Bakat

Sponsors Link

Anak normal umumnya menulis dengan tangan kanan. Berbeda halnya dengan anak yang kidal. Anak kidal terbiasa menulis dan melakukan aktivitas dengan tangan kiri. Sekalipun demikian terdapat beberapa keistimewaan anak kidal menulis. Jadi walaupun berbeda dengan anak normal pada umumnya, hal tersebut belum tentu tidak baik. Yang terpenting sebagai orang tua sebaiknya tetap dukung anak sepenuhnya dengan cara meningkatkan rasa percaya diri anak, sehingga anak tidak minder dan malu. Berikut ini beberapa keistimewaan anak kidal menulis yang dapat dibanggakan:

ads

1. Lebih cerdas

Umumnya anak yang kidal lebih cerdas dari anak biasa. Karena itu hindari dampak buruk sering membandingkan anak dengan anak lain, termasuk membandingkan anak kidal dengan anak normal. Karena bisa jadi anak kidal ternyata malah lebih pintar dan lebih berbakat.

2. Lebih baik dalam mengontrol emosi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak yang kidal lebih dapat mengontrol emosi dibandingkan dengan anak yang normal. Hal tersebut karena otak kanan anak kidal yang lebih dominan, sehingga unsur emosi dari sisi otak kanan juga lebih baik. Karena itu perhatikan tanda-tanda anak kidal karena bisa jadi salah satunya berupa tingkat emosi anak yang lebih stabil.

3. Memiliki kreativitas tinggi

Otak kanan merupakan sisi otak yang penuh dengan imajinasi dan kreativitas tinggi. Lain halnya dengan otak kiri yang lebih mengutamakan ilmu pasti. Oleh sebab itu umumnya anak kidal kreativitasnya tinggi. Dengan cara jitu mengenali bakat anak maka potensi anak dapat dikembangkan. Sehingga anak kidal memiliki banyak prestasi lain sesuai kemampuannya. Arahkan bakat anak dengan cara mengenali karakter anak. Sehingga orang tua dapat mengarahkan kemampuan dan karakter anak yang kidal dengan baik.

4. Penuh ide menarik

Anak kidal umumnya lebih imajinatif sehingga otaknya penuh dengan ide-ide kreatif. Karena itu arahkan anak untuk berimajinasi positif. Dengan cara menumbuhkan kreativitas anak sejak dini maka anak yang kidal bisa jadi memiliki prestasi lebih dibandingkan dengan anak normal lainnya. Yang paling penting yaitu kesabaran orang tua dalam membimbing anak. Sehingga dapat menjadi cara membuat anak lebih terbuka kepada orang tua.

5. Otak kiri dan kanan seimbang

Ini adalah berita baik bagi orang tua, yaitu bahwa otak kiri dan kanan anak kidal umumnya lebih seimbang. Karena anak kidal dominan menggunakan otak kanan, sehingga otak kanan yang umumnya lebih pasif terdorong untuk lebih aktif. Yang terutama di sini yaitu dorongan dari orang tua serta kesabaran orang tua dalam membimbing anak. Jangan sampai orang tua menyepelekan anak yang kidal sehingga menjadi penyebab anak melawan orang tua.

6. Berbakat seni

Otak kanan yang dominan umumnya pertanda bahwa anak lebih imajinatif, berbakat seni dan daya kreativitasnya tinggi. Oleh sebab itu cobalah untuk menggali potensi seni anak seperti musik atau melukis. Dengan mengajarkan anak kidal untuk berlatih musik sejak dini, maka bakat seni anak dapat dioptimalkan. Biasanya anak kidal yang bermain musik dapat lebih berbakat daripada anak normal lainnya. Ketekunan dan minat anak yang menulis dengan tangan kiri ini umumnya lebih besar.

Demikian beberapa keistimewaan anak kidal menulis. Pergunakan salah satu cara mengasah bakat anak supaya maksimal. Sehingga dengan demikian walaupun memiliki kelemahan namun anak juga tetap memiliki kelebihan yang lain. Dengan demikian anak tetap memiliki prestasi di bidang yang lain.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , ,
Post Date: Sunday 10th, December 2017 / 09:06 Oleh :
Doctors Talk

Bolehkah susu kental manis dikonsumsi anak anak ? Simak penjelasan dr. Retno Kuntarti, Sp.GK, spesialis gizi berikut ini.