Sponsors Link

6 Karakteristik Anak Tunggal yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Sponsors Link

Menjadi anak yang terlahir sendirian tanpa saudara mungkin kurang menyenangkan, karena ia tidak dapat berbagi apapun baik kepada kakak maupun adik. Namun ada sisi lain yang mungkin belum kita ketahui, terutama bagaimana karakteristik anak tunggal yang mendapatkan hak mutlak dari kasih sayang orang tuanya. Anak tunggal memang istimewa, dan karakternya sangat bergantung dari bagaimana cara orang tua mendidiknya. Jika Anda memiliki anak tunggal, sebaiknya kenali lebih dalam mengenai karakteristik anak tunggal berikut agar dapat menentukan pola pengasuhan yang tepat.

1. Cenderung Egois

Anak tunggal memang identik dengan sikapnya yang lebih egois, karena ia selalu mendapatkan apa yang diinginkannya. Apalagi jika orang tua terlalu memanjakan tentu anak akan bertindak semaunya. Namun anggapan anak tunggal selalu egois juga tidaklah benar, karena terkadang mereka juga bisa melimpahkan kasih sayang pada orang terdekatnya. Jika anak tunggal terlalu manja, bisa juga diterapkan cara mendidik anak bungsu agar tidak manja dan hindari kata-kata yang tidak boleh diucapkan orang tua kepada anak.

2.Cerdas dan Kreatif

Menjadi anak satu-satunya membuat anak tunggal menjadi lebih cerdas dan kreatif, karena ia terbiasa memikirkan sesuatu dan mencari jalan keluar persoalan seorang diri. Karena tidak memiliki saudara sebagai tempat berbagi, anak tunggal perlu berpikir ekstra sehingga kebiasaan ini akan mengasah daya pikir dan kreativitasnya untuk lebih berkembang. Pentingnya hobi untuk anak akan lebih memacu anak tunggal untuk lebih cerdas dan kreatif dalam hidupnya.

3. Lebih Mandiri

Terbiasa sendiri membuat si anak tunggal kerap melakukan apapun di rumah sendirian sehingga membuatnya lebih mandiri dalam segala hal. Hal ini terlihat saat ia harus menyelesaikan pekerjaan di rumah, karena tidak memiliki saudara tentu hanya dirinya saja yang bisa menyelesaikan pekerjaan tersebut.

4. Suka Bersaing

Kemampuan dan keinginan bersaing seperti insting alamiah dalam diri anak tunggal. Karena ia selalu mendapatkan apa yang diinginkan dari orang tuanya, anak tunggal selalu merasa dirinya segalanya. Alhasil, anak tunggal selalu memiliki strategi tersendiri agar keinginannya dapat terwujud. Baiknya, ia dapat terus berubah menjadi anak yang hebat, namun jika tidak terkontrol sikap tidak ingin kalahnya justru dapat membuatnya menghalalkan segala cara yang terkadang tidak baik untuk dilakukan.

5. Lebih Dekat dengan Orang Tua

Tidak memiliki satu pun saudara tentu membuat si anak tunggal sering merasa kesepian. Karena itu, anak tunggal cenderung lebih dekat dengan orang tuanya terkhusus ibu agar dapat berbagi cerita maupun hal lainnya. Hal ini membuat anak tunggal terlihat lebih sayang kepada orang tuanya dibandingkan anak lainnya yang memiliki saudara.

6. Terlihat Lebih Dewasa

Anak tunggal juga lebih dewasa dibandingkan dengan karakteristik anak sulung dan karakteristik anak bungsu. Karena ia selalu sendiri maka saat menghadapi suatu masalah ia akan berusaha sendiri untuk mengatasinya. Hal inilah yang menjadi salah satu sisi positif dari anak tunggal, karena sikap dewasa yang dimilikinya akan sangat berguna hingga kapan pun selama hidupnya.

Nah, itulah karakteristik anak tunggal yang perlu kita ketahui. Untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya, orang tua perlu selalu memberikan makanan sehat untuk tumbuh kembang anak. Selain itu, sebisa mungkin untuk tidak terlalu memanjakan anak agar ia tidak terlalu egois. Karena ego yang terlalu tinggi justru dapat memberikan dampak buruk bagi dirinya sendiri terutama saat bergaul di lingkungan rumah dan sekolah hingga ia bekerja nanti.

Sponsors Link
, , , , , ,
Post Date: Sunday 01st, July 2018 / 01:10 Oleh :
Kategori : Karakter