Sponsors Link

7 Karakteristik Anak Sulung yang Jarang Disadari

Sponsors Link

Karakteristik seorang anak memang selalu berbeda-beda, dan hal inilah yang membuat mereka terlihat unik. Ternyata salah satu faktor yang menyebabkan keunikan tersebut adalah urutan kelahiran. Ya, karakteristik anak sulung akan berbeda dengan karakteristik anak bungsu sehingga mereka akan saling melengkapi dalam sebuah keluarga. Anak sulung yang merupakan anak pertama dianggap memiliki keistimewaan tersendiri karena dilahirkan terlebih dahulu dibanding saudaranya yang lain. Lalu apa saja yang menjadi karakteristik anak sulung tersebut? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

ads

1. Kompetitif dan Pantang Menyerah

Satu hal yang sering melekat pada diri anak sulung adalah tekadnya yang kuat dalam mendapatkan sesuatu yang diinginkannya dengan kerja keras. Ia lebih berjiwa kompetitif dan siap melakukan apapun demi mencapai keinginannya. Karena itu si sulung cukup ulet dan pantang menyerah hingga ia mendapatkan apa yang ia mau. Namun ini berbeda dengan anak tunggal selalu egois karena selalu menginginkan sesuatu tanpa kerja keras.

2. Terkesan Bossy dan Suka Mengatur

Salah satu penyebab anak bossy yaitu karena ia lahir pertama sehingga merasa memiliki kuasa untuk memerintah adik-adiknya. Hal ini memang terkesan tidak baik, namun sikap tersebut tidak selalu muncul dan jika orang tua dapat mendidiknya dengan baik hal tersebut tidak akan berdampak buruk bagi si sulung. Justru dapat meningkatkan potensinya saat dewasa jika ia bekerja dan menjadi pemimpin dalam sebuah perusahaan.

3. Akurat dan Perfeksionis

Seorang anak sulung biasanya akan sangat akurat dalam mengerjakan sesuatu. Ia akan selalu mengikuti setiap peraturan dan sebisa mungkin mengerjakan sesuatu dengan sempurna. Karena itu tak heran bila anak pertama sering dianggap perfeksionis karena selalu memperhatikan hal sedetail mungkin meski terkadang pada pada hal atau pekerjaan yang sepele.

4. Selalu Bertanggung Jawab

Si sulung sangat bertanggung jawab terhadap segala sesuatu, baik itu mengenai tanggung jawab keluarga, pekerjaan maupun segala aspek dalam kehidupannya. Mereka juga kerap menjaga peraturan dan sebisa mungkin tidak keluar jalur, namun jika mereka ditolak mereka justru akan melanggar peraturan sebagai bentuk protes. Dalam menyikapi hal ini, sebaiknya hindari kata-kata yang tidak boleh diucapkan orang tua kepada anak agar tidak menimbulkan trauma pada anak dan  efek pada mental anak yang sering dibentak.

5. Kemampuan Memanajemen

Keunggulan dari anak sulung adalah ia mampu mengatur segala sesuatu dengan baik sehingga dapat menjadi organisator yang cukup hebat. Kemampuannya dalam memanajemen suatu kelompok, organisasi atau pekerjaan membuat si sulung lebih mudah dalam mencapai target dan tujuan hidupnya. Pentingnya hobi untuk anak juga bisa mengasah kemampuan tersebut hingga ia dewasa nanti.

6. Suka Mendominasi namun Mampu Melindungi

Anak sulung terkadang juga suka mendominasi terutama dalam bersikap pada saudaranya. Karena merasa dilahirkan terlebih dahulu ia merasa memiliki lebih banyak pengalaman dan hal ini terkadang membuatnya berbuat sesuka hati terhadap adik-adiknya. Namun di balik sikap tersebut, anak sulung justru memiliki sikap yang cenderung melindungi. Ia akan melakukan apapun agar saudara dan keluarganya tetap berada dalam kondisi nyaman meski ia harus berjuang keras sendirian.

7. Punya Target dan Cita-cita Tinggi

Mereka yang dilahirkan sebagai anak pertama juga selalu memiliki cita-cita yang tinggi, sehingga selalu menyusun target dalam hidup secara berkala. Hal ini dapat membuat anak sulung selalu bersemangat dan berusaha dalam mencapai targetnya, namun jika tidak terkontrol sikap ini dapat membuatnya menjadi sosok yang ambisius. Hal ini jauh berbeda dengan anak bungsu yang seringkali membutuhkan cara mendidik anak bungsu agar tidak manja.

Nah, sudah tahu kan apa saja karakteristik anak sulung yang terkadang jarang disadari banyak orang bahkan orang tuanya sendiri. Meski berbeda-beda, setiap anak hendaknya diperlakukan dengan sama dan selalu diberikan makanan sehat untuk tumbuh kembang anak agar ia tumbuh secara optimal.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Sunday 01st, July 2018 / 00:17 Oleh :
Kategori : Karakter
Doctors Talk

Kecanduan game & gadget bisa jadi momok bagi ibu, bahkan bisa membuat anak depresi dan bunuh diri, yuk kenali dan jangan lupa subscribe ya.