Sponsors Link

8 Jenis-Jenis Vitamin B untuk Pertumbuhan Anak supaya Maksimal

Sponsors Link

Ada beberapa jenis-jenis vitamin B untuk pertumbuhan anak yang berguna untuk memaksimalkan melatih kecerdasan otak anak dan saraf anak-anak. Namun tidak banyak yang paham apa saja yang termasuk dalam vitamin B sebenarnya. Sebagian berpikir bahwa semua jenis vitamin B memiliki jenis maupun fungsi yang sama. Sehingga kebanyakan orang tua kurang memperhatikan hal ini dan tidak maksimal dalam memberikan menu makanan yang kaya akan berbagai macam vitamin B sesuai kebutuhan anak. Maka dari itu, simak berikut ini jenis-jenis vitamin B untuk pertumbuhan anak yang beraneka ragam supaya dapat memaksimalkan asupan vitamin B pada anak.

ads

1. Vitamin B1

Vitamin ini diperlukan untuk bekerja secara utama mengubah karbohidrat menjadi energi. Sehingga anak memiliki cukup cadangan energi untuk melakukan aktivitas belajar dan bermain sehari-hari. Umumnya vitamin B1 banyak ditemukan pada makanan laut yang tidak hanya kaya vitamin namun manfaat protein untuk tumbuh kembang anak.

2. Vitamin B2

Dimana vitamin ini berfungsi untuk menjaga kesehatan penglihatan anak dan kesehatan kulit anak supaya tidak mudah terkena infeksi. Vitamin B2 dapat diperoleh dengan selalu memberikan anak segelas susu setiap hari, yang tidak hanya penuh vitamin namun juga kaya akan manfaat kalsium untuk pertumbuhan anak.

3. Vitamin B3

Jenis-jenis vitamin B untuk pertumbuhan anak berikutnya yaitu vitamin B3. Vitamin ini dapat membantu meningkatkan nafsu makan anak. Terutama berguna bagi anak-anak yang susah untuk makan atau suka memilih-milih makanan. Untuk mendapatkan asupan vitamin B3 berikan jenis kacang-kacangan yang baik untuk bayi dan jamur pada menu makanan anak.

4. Vitamin B5

Vitamin ini juga berfungsi memecah lemak dan protein menjadi energi yang penting untuk anak sehari-hari. Vitamin B5 mudah didapat melalui ayam ataupun ikan sarden. Karena itu berikan menu makanan sumber energi untuk anak yang kaya akan vitamin B5 tersebut untuk perkembangan anak yang lebih maksimal.

5. Vitamin B6

Fungsi vitamin B6 adalah memaksimalkan proses asam amino dalam tubuh anak. Vitamin ini dapat diperoleh dalam menu buah pisang dan tomat. Dengan memberikan manfaat buah untuk anak maka dapat membantu asupan vitamin C pada anak pula supaya tidak mudah sakit dan selalu sehat.

6. Vitamin B7

Vitamin B7 berguna untuk memecah lemak menjadi energi, sehingga bermanfaat untuk menghindari bahaya obesitas pada anak. Vitamin B7 dapat diberikan pada anak-anak melalui pemberian makanan berupa ikan salmon atau telur, yang tidak hanya dapat memecah lemak namun juga merupakan sumber makanan untuk kecerdasan otak anak juga.

7. Vitamin B9

Vitamin ini berguna dalam meningkatkan sel darah merah dan memaksimalkan fungsi saraf. Vitamin B9 dapat diperoleh dalam menu makanan berupa buah bit dan hati sapi maupun hati ayam. Dengan konsumsi makanan tersebut, maka dapat membantu mencegah gejala anemia pada anak pula.

8. Vitamin B12

Vitamin B12 berfungsi untuk melindungi sel saraf anak. Vitamin ini mudah didapat dengan mengkonsumsi olahan kacang kedelai seperti tahu dan tempe. Sebaiknya selalu berikan pentingnya vitamin b kompleks untuk kesehatan anak yang kaya akan vitamin B12 bagi pertumbuhan anak.

Demikian beberapa penjelasan singkat mengenai jenis-jenis vitamin B untuk pertumbuhan anak yang dapat ditemukan pada menu makanan sehari-hari. Dengan memahami apa saja jenis vitamin B ini maka orang tua dapat memutuskan mana yang penting diberikan pada anak setiap harinya. Sehingga tumbuh kembang anak tetap maksimal dan tidak mengalami gangguan atau perlambatan.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , ,
Post Date: Monday 12th, March 2018 / 23:56 Oleh :
Kategori : Gizi dan Nutrisi