Sponsors Link

Pentingnya Imajinasi dan Tumbuh Kembang Anak

Sponsors Link

Imajinasi dan tumbuh kembang anak yang sehat dapat membantu anak mencapai kapasitas optimalnya saat masa pertumbuhannya. Imajinasi anak adalah kemampuan berpikir anak untuk membayangkan atau menciptakan sesuatu karya atau pemikiran yang lebih luas dari yang pernah anak lihat, dengar atau rasakan sebelumnya. Sedangkan tumbuh kembang adalah perkembangan yang terjadi pada diri anak. Sedangkan, kata tumbuh, merujuk pada perkembangan fisik anak, dan kata kembang, merujuk pada pertambahan kepandaian anak. Dan ternyata terdapat korelasi positif antara keduanya. Imajinasi yang sehat berdampak positif bagi tumbuh kembang anak. Seiring bertambahnya usia anak, anak akan mengalami beberapa jenis perkembangan. Cara mengembangkan imajinasi anak yang tepat dapat membantu anak memperoleh manfaat dalam setiap jenis perkembangan berikut ini:

ads
  • Perkembangan kognitif – perkembangan ini berkaitan dengan kemampuan anak dalam berpikir, memahami dan mengetahui sesuatu.
  • Perkembangan motorik – merupakan proses bertumbuh dan berkembangnya kemampuan gerak anak. nutrisi untuk anak tumbuh lebih tinggi baik diberikan untuk membantu perkembangan motorik anak.
  • Perkembangan komunikasi anak – merupakan kemampuan untuk berbahasa, berbicara dan mendengar anak. Beberapa anak dapat mengalami penyebab anak terlambat bicara, sehingga butuh terapi untuk anak terlambat bicara.
  • Perkembangan sosial – merupakan kemampuan anak dalam hubungan sosial dengan lingkungan dan orang lain.

Imajinasi dan Tumbuh Kembang Anak

Seiring dengan progres tumbuh kembangnya, imajinasi anak mulai berkembang dengan pesat ketika perkembangan komunikasi anak mulai berkembang. Anak usia 3 tahun misalnya, mulai mampu memahami pembicaraan dan meniru hal yang dia lihat. Mereka suka bereksperimen dengan banyak hal. Terkadang orang tua bertanya-tanya, anak sering bicara sendiri, bahayakah? Saat melihat si kecil asik bermain dengan mulut yang terus berceloteh. Sebaiknya orang tua memberikan dorongan dan makanan sehat untuk tumbuh kembang anak pada fase perkembangan ini. agar anak tidak kehilangan kesempatan memperoleh pentingnya imajinasi dan tumbuh kembang anak yang sehat berikut ini:

  1. Penting bagi kreativitas anak

Imajinasi sangat berperan dalam perkembangan kreativitas anak. Sebab, imajinasi merupakan dasar bagi semua kreativitas dalam aspek budaya, artistik, sains, dan perakitan teknis. Mengembangkan imajinasi anak beragam cara mengembangkan kreativitas anak dapat melatih kemampuan otak anak mengkombinasikan pengetahuannya menjadi sebuah karya. Latihlah imajinasi anak sejak dini, karena semakin cepat anak melatih imajinasinya merupakan salah satu cara menumbuhkan kreativitas anak sejak dini.

  1. Penting bagi kemampuan berpikir dan kecerdasan

Manfaat bermain untuk anak usia dini merupakan salah satu waktu bagi anak mengembangkan imajinasinya. Ketika bermain, anak akan menemui berbagai masalah yang harus diselesaikannya. Imajinasi mendorong kemampuan anak untuk menemukan solusi dari permasalahan. Sehingga, memicu perkembangan kemampuan berpikir anak naik ke level berikutnya. semakin banyak pengalaman memecahkan masalah yang didapatkan, maka semakin banyak proses pembelajaran mental yang didapatkan. Oleh karena itu, biarkan anak bermain sendiri, melakukan atau merasakan sendiri sebuah aktivitas. Dengan demikian, anak memperoleh semakin banyak informasi yang bermanfaat bagi tumbuh kembangnya nanti.

  1. Penting bagi kemampuan komunikasi

Kosakata anak terus berkembang saat masa pertumbuhannya. Awalnya hanya merupakan kata-kata pendek namun kemudian anak mampu mengabungkan kata-kata tersebut menjadi sebuah kalimat yang bermakna. Imajinasi anak berperan dalam peningkatan kemampuan berbahasa anak dan kemampuan anak mengunakan kata yang cocok untuk situasi yang tepat. Kombinasi imajinasi dan tumbuh kembang anak yang sehat sangat berperan dalam kemampuan komunikasi anak. Sebab, jika ada gangguan dalam tumbuh kembang anak, dapat menyebabkan macam-macam gangguan komunikasi pada anak, karena penyebab gangguan komunikasi pada anak. Saat itu terjadi, anak juga mengalami penurunan kemampuan berimajinasi.

  1. Penting bagi kemampuan sosial dan emosional

Imajinasi anak mendorong anak menikmati aneka permainan. orang tua dapat mengarahkan anak untuk bermain sekaligus mengasah imajinasi anak lebih lanjut. Bermain peran misalnya, saat anak berperan menjadi karakter lain, dia dapat berimajinasi seakan-akan sedang berada pada posisi peran tersebut. Hal ini dapat membantu mengajarkannya berempati. Normal untuk anak melihat dunia dari sudut pandang egosentris dia pribadi, tapi ketika bermain drama bersama orang lain, anak  Anda akan mulai mengerti perasaan orang lain.

Demikianlah hal-hal mengenai pentingnya imajinasi dan tumbuh kembang anak yang sehat. Keduanya perlu dikembangkan bersama-sama, sehingga saling memberikan manfaat bagi anak dalam masa pertumbuhannya. Cara mengembangkan imajinasi anak yang tepat dapat membantu meraih manfaat dari imajinasi bagi tumbuh kembang anak.

Sponsors Link
, , , , , , , , ,
Post Date: Saturday 10th, February 2018 / 08:53 Oleh :