Sponsors Link

10 Gejala Skorbut pada Anak yang Wajib Diwaspadai

Sponsors Link

Penyakit skorbut umumnya tidak langsung terjadi, namun didahului oleh gejala skorbut pada anak. namun banyak yang belum paham benar apa sebenarnya skorbut dan apa saja gejalanya. Sebagai penjelasan singkat, skorbut adalah penyakit pada anak akibat defisit atau kekurangan vitamin C yang cukup tinggi. Akibatnya timbul beberapa gejala dari kondisi kekurangan vitamin C tersebut. Untuk lebih jelasnya, simak berikut ini beberapa gejala skorbut pada anak yang seharusnya diwaspadai.

1. Bibir Kering Dan Pecah-Pecah

Anak yang kurang manfaat vitamin C untuk tumbuh kembang anak umumnya dapat dilihat dari ciri bibirnya yang sangat kering. Selain itu juga mudah pecah-pecah. Jika hal ini terjadi, maka segera penuhi asupan vitamin C anak melalui multivitamin maupun gizi dari menu makanan yang memadai.

2. Mudah Sariawan

Jika anak kekurangan vitamin C pasti anak akan lebih mudah dan sering terkena sariawan. Karena itu perhatikan apakah penyakit penyebab sariawan pada bayi maupun anak mudah menyerang anak. Hal ini dapat menjadi tanda bahwa anak sedang kekurangan vitamin C pada tubuhnya.

3. Daya Tahan Tubuh Menurun

Penyakit skorbut juga memberikan gejala berupa daya tahan atau imunitas tubuh yang mudah menurun. Oleh sebab itu waspadai jika anak gampang sakit dan sering kali terkena infeksi penyakit baik dari bakteri maupun virus. Atasi hal tersebut dengan memberi manfaat buah untuk anak yang kaya vitamin C.

4. Mudah Terserang Penyakit

Anak yang menderita skorbut akan lebih mudah terserang penyakit. Sehingga cenderung akan menderita penyakit seperti influenza maupun penyebab demam pada anak yang lebih sering daripada anak lainnya. Karena itu sebaiknya berikan multivitamin pada anak supaya imunnya lebih kuat.

5. Cepat Merasa Letih

Gejala skorbut pada anak berikutnya yaitu cepat merasa lelah dan letih setelah melakukan aktivitas fisik. Umumnya anak yang menderita skorbut tidak kuat jika harus melakukan aktivitas berat termasuk jenis olahraga untuk anak usia dini yang menyita energi.

6. Mudah Memar

Ciri skorbut yang mudah terlihat yaitu memar kebiruan yang mudah timbul pada permukaan kulit anak. Jika dibiarkan biasanya memar akan bertambah parah dan jelas terlihat. Ditambah memar bisa saja terjadi tanpa sebab yang jelas, atau hanya karena kelelahan.

7. Nyeri Tubuh

Anak dengan keluhan skorbut akan sering merasa nyeri di sekujur tubuhnya. Hal ini akan membuat otot dan badan anak mudah terasa sakit. Sehingga susah melakukan aktivitas fisik dengan normal. Sebaiknya segera cari cara mengatasi nyeri otot kaki pada anak.

8. Sesak Nafas

Gejala skorbut berikutnya yaitu berupa penyebab sesak nafas pada bayi maupun anak-anak. Hal ini membuat anak susah bernafas dan terhambat peredaran oksigen ke tubuhnya. Jika dibiarkan maka suplai oksigen ke otak menjadi tidak maksimal dan berkurang drastis.

9. Gusi Berdarah

Kekurangan vitamin C atau skorbut pada anak juga mengakibatkan gusi anak mudah terluka atau berdarah. Umumnya diawali dengan pembengkakan pada gusi. Kemudian gusi yang bengkak akan menjadi penyebab gusi berdarah pada anak.

10. Bintik Biru Kemerahan

Gejala lainnya berupa timbul bintik biru kemerahan pada kulit. Jika tidak segera diobati maka bintik akan menyebar makin parah seperti ruam di sekujur permukaan kulit.

Demikian beberapa gejala skorbut pada anak yang sebaiknya diawasi dan segera ditangani. Sehingga efek skorbut ini tidak meluas dan menimbulkan komplikasi berupa penyakit lainnya. Dengan penanganan yang tepat, maka penyakit dapat segera sembuh dan penderita akan cepat pulih secara alami.

Sponsors Link
, , , , , , , , , ,
Post Date: Saturday 10th, March 2018 / 15:24 Oleh :
Kategori : Skorbut