Sponsors Link

Gejala dan Penyebab Fobia pada Anak Paling Sering Dialami

Sponsors Link

Gejala dan penyebab fobia pada anak terdiri dari bermacam hal. Fobia sendiri adalah rasa takut yang muncul secara berlebihan terhadap sesuatu. Fobia pada diri seorang anak sebenarnya dapat dikenali dengan mudah. Hal ini bisa dilihat dari reaksi takut yang muncul secara berlebihan. Rasa takut ini akan dialami oleh anak saat ia melihat suatu objek tertentu atau kondisi dan situasi tertentu. Selain rasa trauma pada anak tentunya ada pula gejala lain yang dialami oleh seorang anak sehingga ia disebut mengidap fobia. Gejala dan penyebab fobia pada anak tersebut antara lain sebagai berikut.

  1. Anak yang mengalami fobia akan merasa disorientasi atau bingung saat ia sedang menghadapi objek dan situasi yang menakutkan bagi dirinya. Kebingungan ini terkadang membuat dirinya menjadi sangat panik sehingga tidak tahu harus berbuat apa.
  2. Timbul sakit kepala pada anak atau pusing secara tiba-tiba. Terkadang kondisi ini juga disertai dengan adanya rasa mual pada pengidap fobia. Maka tak jarang anak mengalami peningkatan suhu tubuh secara mendadak saat mengalami fobia. Terkadang ia juga bisa muntah serta merasa tak enak badan.
  3. Ketakutan yang berlebih seringkali membuat anak mengalami penyebab asma pada anak. Sesak napas ini bisa saja muncul karena rasa sesak pada dada muncul secara tiba-tiba. Selain itu pengidap fobia akan mengalami nyeri pada bagian dadanya. Saat mengalami ketakutan sesorang juga akan mengalami detak jantung yang akan meningkat sehingga debaran jantung akan terasa sangat kuat.
  4. Anak yang menderita fobia akan mengalami gemetar secara berlebihan saat ia sedang menghadapi sumber ketakutannya. Tidak hanya itu tetapi tubuh anak juga akan berkeringat banyak saat sedang mengalami ketakutan secara berlebihan.
  5. Selain tanda-tanda utama di atas tentunya anak akan menangis secara terus-menerus saat merasa takut. Terkadang ia juga akan buang air kecil secara tanpa sadar. Anak juga tidak mau ditinggal sendirian saat sedang mengalami fobia.

Hingga kini memang penyebab fobia secara pasti belum dapat diketahui dengan jelas. Namun beberapa hal diduga dapat dilakukan untuk cara mengatasi rasa takut pada anak. Beberapa hal yang diduga dapat menyebabkan timbulnya fobia antara lain sebagai berikut.

  • Peristiwa traumatis atau pengalaman buruk bisa saja menyebabkan seseorang mengalami fobia. Misalnya peristiwa buruk di masa kecil. Seseorang yang pernah memiliki pengalaman buruk terhadap suatu benda akan merasa takut dengan benda tersebut. Selain itu suatu tempat atau kondisi yang pernah memberikan pengalaman buruk pada masa lalu seseorang juga akan membuatnya menjadi fobia.
  • Beberapa fobia dapat disebabkan oleh adanya penyebab infeksi otak pada anak. Kasus seperti ini memang tidak banyak dijumpai pada masyarakat namun ada saja beberapa orang yang mengalami fobia karena faktor tersebut.
  • Seorang anak juga dapat mengalami fobia jika setiap orang yang berada di sekitarnya memiliki fobia terhadap benda atau situasi yang sama. Dengan kata lain lingkungan juga turut memiliki pengaruh dalam membentuk karakter seseorang. Lingkungan yang paling berpengaruh terhadap perkembangan karakter seorang anak sebenarnya adalah keluarga. Maka jika salah satu anggota keluarga mengalami fobia terhadap sesuatu maka bukan tidak mungkin anggota keluarga yang lain akan menjadi terpengaruh sehingga ikut mengalami fobia yang sama.

Gejala dan penyebab fobia pada anak sebaiknya selalu menjadi perhatian bagi orang tua. Sebisa mungkin fobia pada anak dapat diatasi. Sehingga anak lebih berani dan menjadi cara meningkatkan rasa percaya diri anak.

Sponsors Link
, , , , , , , , ,
Post Date: Monday 09th, July 2018 / 11:00 Oleh :
Kategori : Fobia