Sponsors Link

Gangguan Kepribadian Pada Anak – Gejala, Penyebab, Diagnosis dan Pengobatannya

Sponsors Link

Gangguan kepribadian pada anak bisa saja terjadi jika seseorang memiliki pola pikir dan perilaku yang tidak sehat serta berbeda dari orang normal kebanyakan. Ada beberapa hal yang perlu diketahui secara lebih lagi mengenai gangguan kepribadian pada anak, yaitu sebagai berikut.

Gejala

Gangguan kepribadian terbagi menjadi tiga kelompok. Yang pertama adalah gangguan kepribadian skizotipal dengan gejala berupa munculnya tingkah laku yang aneh serta anak suka bicara sendiri yang tidak wajar. Penderita juga seringkali merasa tidak nyaman jika berada dalam suatu situasi sosial serta seringkali tampak cemas.

Jenis lainnya adalah gangguan kepribadian skizoid. Ganguan kepribadian jenis ini umumnya ditandai dengan gejala berupa munculnya sifat yang dingin pada seseorang. Penderita seolah tampak sukar untuk menikmati momen apapun dan tidak memiliki ekspresi baik saat dikritik maupun saat dipuji. Bahkan penderita cenderung mengalami penyebab anak introvert sekaligus lebih suka menghindari interaksi sosial.

Yang terakhir adalah gangguan kepribadian paranoid dengan gejala yang berupa munculnya rasa curiga dan rasa tidak percaya secara berlebihan kepada orang lain. Selain itu masih ada pula jenis gangguan kepribadian yang lain dengan gejalanya masing-masing.

Penyebab

Sebagian besar gangguan kepribadian diduga terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor penyebab diantaranya adalah:

  • Faktor keturunan yang menyebabkan adanya riwayat penyebab gangguan mental pada anak dalam keluarga.
  • Selain itu gangguan kepribadian juga diduga terjadi karena adanya kelainan pada struktur atau komposisi kimia yang terjadi di dalam otak.
  • Gangguan kepribadian juga rentan terjadi pada seseorang yang tinggal di lingkungan yang tidak mendukung. Misalnya saja seseorang yang menghabiskan masa kecilnya dalam lingkungan keluarga yang kacau maka saat beranjak dewasa ia cenderung mengalami gangguan kepribadian.
  • Seseorang yang pernah menerima hal buruk di masa lalunya juga bisa saja mengalami gangguan kepribadian. Sebab gangguan kepribadian bisa dialami oleh orang yang mengalami gejala dan penyebab depresi pada anak ataupun perasaan tertekan.

Diagnosis

Untuk melakukan diagnosis terhadap gangguan kepribadian maka dokter akan menyarankan pasien menjalani evaluasi psikologis. Hal ini berkaitan dengan cara berpikir dan bertindak serta perasaan yang dirasakan oleh pasien. Selain evaluasi psikologis tentunya dokter juga akan melakukan pemeriksaan fisik pada pasien untuk mengetahui dengan jelas apakah gangguan kepribadian yang dialami oleh pasien disebabkan oleh terganggunya kondisi fisik. Jadi untuk mendukung pemeriksaan fisik ini maka dokter akan melakukan tes darah. Ada pula metode diagnosis lainnya yang juga perlu untuk dilakukan dalam memastikan terjadinya jenis-jenis gangguan mental pada anak. Metode ini dilakukan dengan melakukan pemeriksaan terhadap kadar alkohol atau obat-obatan terlarang di dalam tubuh pasien. Sebab alkohol dan obat-obatan terlarang juga beresiko menyebabkan seseorang mengalami gangguan kepribadian.

Pengobatan

Dalam mengatasi gangguan kepribadian pada anak maka cara yang tepat untuk dilakukan adalah dengan melalui terapi psikologis atau kejiwaan. Hal ini sudah seharusnya dilakukan di bawah bimbingan seorang psikiater. Terapi psikologis pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pasien dalam mengendalikan jenis gangguan emosi pada anak dan juga mengendalikan pikirannya dengan baik. Selain terapi psikologis umumnya pasien yang mengalami gangguan kepribadian juga akan diberikan resep obat. Obat biasanya hanya dikonsumsi saat gejala yang dialami oleh pasien sudah semakin parah. Obat yang diberikan pada pasien umumnya berupa antidepresan.

Gangguan kepribadian pada anak sebaiknya segera diatasi. Hal ini agar anak tidak sampai mengalaminya dalam jangka panjang. Penanganan yang tepat akan membuat kondisi mental dan perkembangan sosial emosional anak usia dini menjadi normal kembali.

Sponsors Link
, , , , , , , , ,
Post Date: Thursday 25th, October 2018 / 00:19 Oleh :
Kategori : Tumbuh Kembang