Sponsors Link

Fobia pada Anak – Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Fobia merupakan suatu ketakutan yang berlebihan, yang dapat dialami oleh siapa saja. Ketakutan tersebut bisa saja terhadap benda, hewan, tempat, atau situasi tertentu sehingga seseorang yang mengalaminya dapat merasa depresi, takut hingga terbatas dalam melakukan kegiatannya sehari-hari. Baik anak-anak atau orang dewasa bisa saja mengalami fobia, namun khusus pada anak-anak biasanya jenis fobia yang dialami adalah fobia spesifik. Contohnya seperti takut pada darah, jarum suntik, ketinggian, lubang kecil yang banyak hingga kedalaman air yang dapat menyebabkan trauma pada anak atau stres pada anak. Tentu saja fobia pada anak dapat membatasi anak dalam mengeksplorasi dunianya, karena itu sebisa mungkin orang tua memahami lebih dalam mengenai fobia, termasuk cara mengatasinya.

ads

Penyebab Fobia pada Anak

Hingga saat ini belum dapat dipastikan apa yang menjadi penyebab fobia pada anak, namun beberapa faktor pemicu berikut diduga dapat menyebabkan anak mengalami fobia.

  1. Riwayat keluarga atau lingkungan sekitar, misalnya jika orang tua memiliki kecemasan yang cukup tinggi maka anaknya dapat beresiko mengalami fobia.
  2. Pengalaman buruk yang membuat trauma, karena anak yang pernah mengalami peristiwa traumatis akan menjadi takut untuk dekat atau mengalami pengalaman tersebut kembali.
  3. Terjadi perubahan fungsi otak, sehingga berpengaruh pada sisi emosional dan tingkah laku anak.

Gejala Fobia pada Anak

Gejala dan penyebab fobia pada anak yang termasuk jenis gangguan emosi pada anak sangat mudah terlihat seperti:

  • kebingungan secara mendadak
  • merasa pusing
  • mual hingga muntah
  • wajah pucat dan tiba-tiba merasa lemas
  • mengalami sesak napas hingga dada terasa nyeri
  • menjadi lebih rewel
  • takut ditinggal sendirian dan tidak ingin berpisah dari orang tua, sehingga diperlukan cara mengatasi takut pada anak
  • banyak berkeringat dan tubuh gemetar
  • detak jantung menjadi sangat cepat
  • mulut terasa kering dan telinga seperti berdengung
  • terasa sensasi seperti ingin buang air kecil di tengah malam.

Cara Mengatasi Fobia pada Anak

Fobia yang muncul sejak kecil atau usia anak-anak masih dapat disembuhkan dengan beberapa cara, baik dengan perawatan di rumah maupun bantuan tenaga psikolog dan dokter. Cara mengatasi gangguan emosi pada anak memang lebih sulit dilakukan, namun jika sabar dan konsisten anak bisa terlepas dari fobia yang mengganggu kehidupannya. Nah, berikut ini ada cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi atau menghilangkan fobia pada anak.

  1. Terapi perilaku kognitif. Dengan menjalani terapi ini anak akan belajar untuk dapat menentukan sikap dalam menghadapi sesuatu serta cara pandang terhadap sesuatu yang selama ini membuatnya takut. Terapi ini dilakukan secara bertahap dengan harapan pada akhir sesi terapi ketakutan akan berkurang atau hilang sehingga ia bisa terbebas dari fobianya.
  2. Teknik pengendalian diri. Anak juga akan diajarkan untuk melatih teknik pengendalian diri, termasuk pengaturan napas dan mencoba untuk tetap tenang dalam setiap keadaan. Teknik visualisasi juga dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan, yang juga bermanfaat untuk tips agar anak tangguh dan mandiri.
  3. Penerapan gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat ternyata sangat mempengaruhi kondisi psikis dan mental anak. Karena itu selalu terapkan gaya hidup sehat seperti rutin berolahraga, makan makanan yang bergizi dan selalu cukup tidur.
  4. Penggunaan obat-obatan. Terkadang anak bisa diresepkan beberapa jenis obat oleh dokter, yang biasanya berupa penghambat pelepasan serotonin (SSRIs), penghambat beta (beta blocker) dan benzodiazepine.

Fobia pada anak memang tidak membahayakan kesehatannya, namun akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan mentalnya. Karena itu cara mencegah fobia pada anak perlu dilakukan sebelum terjadi, termasuk cara meningkatkan rasa percaya diri anak sehingga anak selalu berani dan bisa bersikap tenang dalam menghadapi apapun.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , ,
Post Date: Sunday 19th, August 2018 / 05:25 Oleh :