Sponsors Link

Flek Hitam pada Anak – Penyebab dan Gejalanya

Sponsors Link

Flek hitam pada anak merupakan bintik-bintik datar yang timbul pada kulit wajah. Flek hitam terbentuk sebagai akibat dari peningkatan melanin. Flek hitam bisa muncul di beberapa bagian tubuh seperti misalnya lengan, dada, dan leher. Bintik-bintik flek hitam dapat dilihat dengan jelas terutama jika anak memiliki warna kulit putih. Berikut ini beberapa hal mengenai flek hitam pada anak.

Penyebab

Beberapa kondisi bisa saja menyebabkan terjadinya flek hitam. Umumnya flek hitam muncul karena adanya peningkatan pada produksi melanin terutama setelah kulit terpapar sinar matahari ataupun sinar UV dalam waktu yang cukup lama. Melanin sendiri merupakan suatu pigmen yang menentukan warna pada kulit, mata, dan pada rambut manusia termasuk pada anak. Bagian kulit yang mengandung melanin dalam jumlah yang lebih banyak akan berwarna lebih gelap bila dibandingkan dengan kulit yang ada di sekitarnya. Karena itu butuh cara mengatasi kulit anak yang terbakar matahari.

Gejala

Flek hitam yang muncul pada kulit akan tampak seperti bercak atau titik noda yang berwarna labih gelap bila dibandingkan dengan kulit di sekitarnya. Penampakannya datar dan tidak menonjol. Flek hitam tidak menimbulkan rasa sakit dan sebenarnya tidak berbahaya bagi anak sebab kondisi ini biasanya hanya timbul karena adanya paparan sinar matahari pada kulit. Sebagian besar flek hitam memang berwarna hitam sesuai dengan namanya. Namun ada pula flek yang muncul dengan warna lain seperti misalnya warna kemerahan, warna kekuningan, ataupun warna kecoklatan. Kondisi ini bergantung pada jenis-jenis penyakit kulit pada anak yang dirasakan. Namun satu hal yang pasti bahwa flek akan berwarna lebih gelap bila dibandingkan dengan kulit sekitar.

Pengobatan

Pada umumnya flek hitam akan memudar dengan sendirinya. Namun jika kondisi tersebut memburuk maka sebaiknya anak segera dibawa ke dokter untuk diperiksakan. Dengan pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter maka dokter akan mengambil tindakan penanganan untuk mengatasi kasus flek hitam yang dialami oleh pasien anak. Pengobatan yang dilakukan oleh dokter antara lain melalui pemberian krim pemutih yang mengandung hydroquinone. Krim ini dapat dibeli secara bebas di apotek namun sebaiknya penggunaannya berdasarkan resep atau aturan dari dokter. Ada pula krim retinoid yang bisa saja menjadi resep dokter bagi pasien anak penderita flek hitam. Krim ini mengandung pentingnya vitamin A untuk pertumbuhan anak dan berfungsi untuk memudarkan flek hitam hanya dalam hitungan bulan saja. Umumnya efek samping dari penggunaan krim adalah infeksi kulit pada anak, kulit mengalami iritasi, dan kulit terkelupas.

Pencegahan

Beberapa upaya pencegahan tentunya dapat dilakukan untuk menghindarkan anak dari flek hitam. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah perlukah sunblock untuk anak agar dapat digunakan saat ia beraktivitas di bawah panas terik matahari. Tabir surya yang digunakan sebaiknya mengandung SPF 30 sampai dengan 50. Tabir surya ini seharusnya digunakan khususnya bagi anak yang berkulit putih. Selain itu berikan pelindung bagi anak seperti misalnya topi, pakaian lengan panjang, serta penutup tubuh lainnya yang bisa digunakan saat anak berada di luar ruangan.

Flek hitam pada anak sebaiknya juga diwaspadai. Sebab bisa jadi flek hitam yang muncul pada anak merupakan gejala dari adanya penyakit serius pada anak. Karena itu sebaiknya hindari bermain di bawah terik matahari.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , , , ,
Post Date: Wednesday 10th, October 2018 / 11:59 Oleh :