Sponsors Link

4 Akibat Fibroadenoma pada Remaja yang Berbahaya

Sponsors Link

Fibroadenoma pada remaja mengacu pada adanya benjolan pada payudara. Biasanya fibroadenoma mengacu pada jenis tumor jinak yang paling sering terjadi pada remaja perempuan. Kondisi ini bisa menimbulkan beberapa resiko bagi penderitanya yaitu sebagai berikut.

1. Timbulnya Benjolan

Benjolan bisa saja muncul pada payudara dan tentunya kondisi ini sangat mengganggu bagi remaja. Benjolan pada umumnya berbentuk bundar dengan tepi benjolan yang jelas sehingga mudah untuk diraba. Benjolan pada payudara sebenarnya ada dua jenis. Ada benjolan di payudara yang terasa tidak sakit namun ada pula benjolan yang terasa sakit. Benjolan yang tidak terasa sakit justru biasanya berbahaya karena bisa jadi benjolan tersebut merupakan sel kanker yang bisa berkembang menjadi kanker. Sedangkan benjolan yang terasa sakit dan nyeri seringkali dialami oleh remaja perempuan. Hal tersebut mirip dengan penyebab anak mengalami menstruasi dini.

2. Perubahan Payudara

Payudara yang mengalami fibroadenoma pada remaja tentunya akan mengalami perubahan. Fibroadonema menyebabkan tanda-tanda anak mulai memasuki usia puber dan mengalami perubahan bentuk dengan kondisi sebelumnya. Pada kasus fibroadonema umumnya di dalam payudara tersebut terdapat sebuah benjolan yang terkadang menonjol atau terkadang hanya bisa dirasakan saat diraba saja. Benjolan tersebut terkadang terasa cukup kenyal dan padat sekaligus mudah digerakkan sehingga penderitanya akan merasa ada sesuatu yang aneh pada payudaranya. Payudara pun akhirnya seolah mengalami perubahan karena semakin tampak ada sebuah benjolan di dalamnya. Seorang remaja perempuan mungkin saja hanya memiliki satu benjolan pada payudaranya. Namun ada pula remaja yang memiliki lebih dari satu benjolan pada payudaranya. Terkadang juga keluar air dari puting payudara yang di dalamnya terdapat benjolan sehingga remaja mengalami stres pada anak.

3. Kanker Payudara

Kanker payudara pada dasarnya merupakan suatu tumor ganas yang terbentuk di jaringan payudara. Tumor ganas sendiri sebenarnya merupakan suatu kumpulan dari sel kanker yang berkembang dengan cepat ke jaringan yang ada di sekitarnya. Perkembangan ini bahkan bisa menyebar ke bagian tubuh yang letaknya lebih jauh dari sel kanker. Ciri kanker payudara adalah munculnya benjolan ditandai oleh ciri-ciri payudara anak mulai tumbuh. Benjolan tersebut memiliki tekstur yang keras dan memiliki batas yang tidak jelas. Selain itu permukaan benjolan umumnya tidaklah rata. Umumnya kanker payudara mengakibatkan tampilan payudara menjadi berubah. Puting payudara pun juga mengalami beberapa gejala seperti misalnya mengeluarkan cairan berwarna coklat atau kuning serta tiba-tiba memerah dan bengkak tanpa sebab yang jelas.

4. Metastasis

Yang dimaksud dengan metastasis adalah suatu gerakan atau penyebaran sel kanker dari satu bagian organ tubuh ke jaringan pada organ tubuh yang lain. Sel kanker pada dasarnya menyebar melalui darah ataupun kelenjar getah bening. Penyebaran ini bisa saja terjadi di bagian tubuh mana saja baik yang dekat maupun jauh dari sumber kanker. Jadi bila seseorang mengalami metastasis maka hal ini berarti bahwa kanker yang ada di dalam tubuhnya telah menyebar karena virus infection pada anak hingga keluar dari tempat awalnya. Jika seseorang menderita kanker maka hal yang harus diperhatikan adalah stadium kanker tersebut sehingga dokter dapat melakukan penanganan yang tepat terhadap kanker tersebut berdasarkan tingkat stadiumnya.

Fibroadenoma pada remaja sebaiknya selalu diwaspadai agar tidak berlanjut menjadi penyakit yang lebih berbahaya. Dengan begitu maka penanganan dapat segera dilakukan. Sehingga pasien remaja yang mengalaminya dapat menjadi pulih kembali.

Sponsors Link
, , , , , , , ,
Post Date: Tuesday 09th, October 2018 / 11:30 Oleh :