Sponsors Link

5 Faktor Penyebab Kenakalan Anak yang Penting Diketahui

Sponsors Link

Memiliki anak memang menjadi impian setiap orang tua, namun apa jadinya jika anak yang telah kita lahirkan, dirawat dengan penuh kasih sayang dan diberikan pendidikan yang layak justru menjadi nakal dan melakukan perbuatan yang tidak baik. Sebagai orang tua, tentu akan sangat miris jika anak sampai terlibat kenakalan yang dapat berdampak buruk baik bagi dirinya maupun orang lain. Kenakalan anak dapat menjadi penyebab anak dikucilkan, karena itu orang tua perlu segera bertindak jika anak menunjukkan sikap melanggar aturan. Sebelum menentukan cara mengatasinya, alangkah baiknya jika memahami apa saja faktor penyebab kenakalan remaja seperti berikut ini.

ads

1. Kurang Kasih Sayang

Jika anak sudah terlihat nakal sejak kecil, coba perhatikan apakah ia mendapat kasih sayang yang cukup dari orang tuanya atau tidak. Sebagian besar anak yang nakal dikarenakan mereka tidak mendapat kasih sayang yang semestinya mereka dapatkan dari orang tuanya. Karena itu, mereka melakukan perbuatan-perbuatan yang menyalahi aturan dengan harapan orang tua mereka dapat memberikan perhatian lebih. Hal ini banyak terjadi pada anak yang kedua orang tuanya sibuk bekerja dan tidak punya waktu untuk bermain bersama anak. Cobalah untuk meluangkan waktu untuk bersama anak lebih banyak, yang juga menjadi cara membuat anak lebih terbuka kepada orang tua.

2. Ketidakharmonisan Keluarga

Keluarga yang tidak harmonis dan selalu bermasalah juga turut menyebabkan anak menjadi nakal. Kenakalan yang muncul dalam diri anak dikarenakan kondisi lingkungan rumah yang selalu bertengkar terlebih dampak negatif mengancam anak, terjadi kekerasan bahkan perceraian orang tua sehingga anak menjadi sedih. Karena tidak tahu bagaimana cara melampiaskan kesedihannya, anak-anak cenderung melakukan kenakalan agar sakit hatinya tidak diketahui orang lain.

3. Terlalu Dimanjakan

Kurang perhatian memang dapat membuat anak menjadi nakal, namun perhatian yang berlebihan hingga memanjakan anak juga berdampak buruk bagi pembentukan karakternya. Anak menjadi sangat egois sehingga jika keinginannya tidak dituruti maka ia akan melakukan tindakan yang menyalahi aturan. Apalagi jika anak selalu dibenarkan meski telah melakukan hal yang salah, maka anak menjadi bertindak semena-mena dan semakin menjadi-jadi. Sebaiknya terapkan disiplin pada anak, juga terapkan pentingnya pendidikan karakter untuk anak dan pentingnya pendidikan agama untuk anak.

4. Lingkungan Sekitar dan Pertemanan yang Salah

Tidak sedikit pula anak yang di rumah selalu diajarkan budi pekerti yang baik dan dididik dengan baik oleh tuanya berpotensi menjadi nakal karena mendapat teman yang salah. Teman dan lingkungan bermain anak yang tidak sehat seperti teman yang suka berbicara kasar, memukul dan saling memaki akan membuat anak terpengaruh hingga akhirnya mengikuti sikap tersebut. Karena itu, orang tua perlu memilihkan dan menseleksi lingkungan bermain dan teman yang tepat untuk anak agar tidak memberikan pengaruh yang buruk.

5. Efek Obat-obatan

Baik obat-obatan resmi maupun terlarang, ternyata dapat memberikan pengaruh terhadap perilaku anak, dari yang semulanya baik dapat berubah menjadi nakal. Hal ini bisa terjadi karena bahan kimia dalam obat-obatan tersebut mempengaruhi saraf dan bagian penting dari otak sehingga dapat berpengaruh terhadap pembentukan karakter, sikap dan perilaku. Jika obat yang dikonsumsi anak diresepkan dokter, cobalah meminta jenis obat yang paling ringan efeknya. Selain itu, awasi anak agar tidak terjerumus dengan pergaulan bebas sehingga terhindar dari penggunaan obat terlarang.

Anak yang nakal usianya bervariasi mulai 3-12 tahun, bahkan hal ini juga bisa terjadi pada anak remaja, namun faktor penyebab kenakalan remaja sedikit berbeda dengan faktor penyebab kenakalan anak. Sangat penting untuk menguasai cara berkomunikasi dengan anak remaja dan cara mengatasi anak yang agresif agar anak terhindar dari kenakalan yang merugikan.

Sponsors Link
, , , , , , ,
Post Date: Tuesday 03rd, July 2018 / 06:09 Oleh :
Kategori : Karakter
Doctors Talk

Kecanduan game & gadget bisa jadi momok bagi ibu, bahkan bisa membuat anak depresi dan bunuh diri, yuk kenali dan jangan lupa subscribe ya.