Sponsors Link

Eritema Multiforma pada Anak – Gejala, Penyebab, Diagnosis dan Pengobatannya

Sponsors Link

Eritema multiforme pada anak merupakan suatu reaksi hipersensitivitas pada kulit. Kondisi ini seringkali dipicu oleh adanya infeksi seperti misalnya infeksi virus HSV atau bahaya herpes pada bayi. Penyakit eritema multiforme umumnya ditandai dengan munculnya lesi kulit yang kemerahan dan bersifat akut. Penyakit ini bisa saja terjadi pada kulit, bibir, serta mata. Berikut ini beberapa hal mengenai penyakit eritema multiforme pada anak.

1. Gejala

Anak yang sedang menderita eritema multiforme umumnya akan mengalami gejala berupa infeksi kulit pada anak. Namun sebelum muncul lesi kulit tersebut ternyata anak akan mengalami beberapa gejala seperti misalnya demam yang disertai dengan menggigil. Anak juga akan mengalami nyeri sendi sehingga badannya menjadi lemah dan ia selalu merasa tak enak badan. Matanya juga akan menjadi merah dan terasa pedih serta penglihatannya menjadi kabur. Tenggorokannya juga akan terasa nyeri dan hal ini menyebabkannya mengalami sulit makan dan minum. Setelah itu barulah muncul lesi pada lapisan mukosa yang ditandai dengan adanya pembengkakan dan kemerahan serta terbentuknya blister.

2. Penyebab

Pada dasarnya penyebab timbulnya eritema multiforme hingga saat ini masih belum diketahui dengan jelas. Namun beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa penyakit ini dipengaruhi oleh faktor internal yaitu pengaruh genetik yang cenderung menyebabkan seseorang mewariskan penyakitnya pada keturunannya. Sedangkan untuk faktor eksternal ternyata diduga bahwa penyakit ini juga bisa saja muncul karena adanya infeksi seperti virus Hepatitis A pada anak serta gejala HIV pada anak. Selain itu penyakit ini bisa juga muncul sebagai reaksi alergi terhadap suatu jenis obat tertentu misalnya terhadap obat antiinflamasi kortikosteroid, obat anti kejang atau antikonvulsan, penisilin, dan lain sebagainya.

3. Diagnosis

Untuk mengetahui apakah seorang anak menderita penyakit jenis ini atau tidak maka anak yang menderita beberapa gejala di atas harus segera diperiksakan ke dokter. Dengan begitu maka dokter akan melakukan pemeriksaan klinis terhadap berbagai gejala yang dialami oleh pasien. Setelah itu dokter juga akan melakukan pemeriksaan tambahan untuk mengetahui penyebab dari penyakit eritema multiforme pada anak. Dokter akan melakukan biopsi kulit untuk mengonfirmasi apakah pasiennya mengalami eritema multiforme ataukah penyakit yang lainnya. Selain itu dokter juga akan melakukan tes darah untuk mengidentifikasi keberadaan antigen dan antibodi pada anak.

4. Pengobatan

Dalam menangani kasus penyakit ini maka dokter akan memberikan pengobatan pada pasien anak setelah melakukan diagnosis dan mengetahui penyebab dari adanya penyakit tersebut. Jika penyakit muncul karena adanya virus infection pada anak maka pasien akan diberi antiviral. Namun jika penyakit disebabkan oleh infeksi bakteri maka pasien akan diberi antibiotik. Dan jika penyebab munculnya penyakit tersebut adalah obat-obatan yang dapat menimbulkan reaksi alergi maka dokter akan menganjurkan pasien untuk menghentikan penggunaan obat yang sedang dikonsumsinya. Pasien anak juga akan diberi beberapa obat lain seperti antihistamin dan kortikosteroid untuk mengatasi gatal-gatal yang dialaminya. Selain itu pasien juga akan diberi obat kumur yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit pada rongga mulutnya.

Eritema multiforme pada anak perlu diwaspadai dengan baik. Sebab penyakit ini dapat membuat anak menjadi menderita. Jika orang tua menemui beberapa gejala seperti di atas maka sebaiknya anak segera dibawa ke dokter untuk menjalani pemeriksaan. Dengan demikian anak akan ditangani dengan segera dan bisa terhindar dari resiko komplikasi.

Sponsors Link
, , , , , , , , , , , ,
Post Date: Monday 08th, October 2018 / 15:47 Oleh :